KOMPARASI CALON KIPER

Sudah menjadi label bagi wanita jika belanja selalu lama karena sering memilih-milih barang yang akan dibeli. Saya tidak anti feminisme, namun hal tersebut sudah menjadi rahasia umum. Rencana akan membeli 1 barang, namun waktu yang akan dihabiskan bisa berjam-jam. Keluar masuk toko atau menawar harga barang hingga mendapati harga minim sepertinya menjadi tradisi yang harus dilakukan. Tujuannya hanya satu: mendapatkan barang dengan kepuasan tertentu. 


Tapi pemikiran di paragraf diatas tidak berlaku mengikat terhadap perempuan saja. Terbukti sebuah klub akan menimbang dengan matang untuk bisa membeli pemain tertentu. Sama seperti perempuan, sebuah klub akan memiliki beberapa kandidat agar bisa diambil 1 pemain yang dirasa terbaik dan sesuai dengan permainan atau budget klub. 

Saya agak heran dengan FC Barcelona. Liga masih terhitung baru dimulai, namun rumor mengenai pembelian pemain santer dengar. Memang betul jika Barca membutuhkan beberapa pemain dengan posisi tertentu yang dianggap urgen, seperti isu pembelian center back atau striker. Namun yang membuat saya heran adalah isu mengenai pembelian kiper untuk menggantikan Victor Valdes dan Jose Pinto. Secara etis, hal tersebut dirasa kurang pantas karena pemain juga seorang manusia. Akan menjadi blunder dan citra buruk jika kemudian sang pemain sakit hati. 

Rumor mengenai kiper untuk musim depan dimulai kala presiden Sandro Rosell mengungkapkan pujiannya kepada Thibaut Courtois. Tapi saya melihat sikap Rosell tersebut hanya sebagai lip-service semata karena Rosell berkata "Semua tergantung kepada Zubi untuk mengontrak pemain". Jika Rosell memang berniat membeli Courtois, maka Rosell akan berhadapan langsung dengan pelatih Chelsea yang juga 'musuh bebuyutan' FCB, Jose Mourinho. Kecil kemungkinan Barca bisa membujuk Mou meski Courtois bersedia bergabung dengan blaugrana. 

Sebelum liga dimulai, ada selentingan jika Barca berminat kepada Marc Andre Ter Stegen. Namun yang terjadi adalah kesepakatan pra-kontrak dengan pihak Ter Stegen bahwa kiper Munchengladbach tersebut akan bergabung musim depan. Barca tidak mau nasib seperti Rustu Recber terulang lagi. Oleh karenanya Ter Stegen diminta belajar bahasa Spanyol agar bisa berkomunikasi dengan pemain belakang. 

Lalu ada alumnus La Masia, Pepe Reina yang katanya ingin dibawa pulang oleh Barca. Agak aneh jika melihat nasib Reina di Liverpool. Menjadi pilihan pertama di musim 2012/13 namun kemudian dipinjamkan ke Napoli di musim 2013/14. Dari yang saya baca kondisinya, Reina sebetulnya memang diminati oleh FCB musim panas lalu. Masalah yang timbul kemudian adalah Valdes masih ingin tinggal di Barca hingga sisa kontrak habis dan Liverpool kadung membeli Mignolet, maka mau tidak mau Reina harus dipinjamkan agar Liverpool tidak surplus pemain dan Barca tidak mau membeli Reina karena posisi kiper sudah penuh untuk musim 2013/14. 

#ValdesNoTeVaya #ForeverValdes
Selain nama-nama diatas, ada juga nama kiper Getafe, Miguel Angel Moya yang menurut MD akan menjadi kiper pengganti Pinto.Tapi karena kita sedang membahas kiper pengganti Valdes, maka kita bahas 3 nama diatas. Thibaut Courtois, Pepe Reina dan Marc-Andre Ter Stegen secara statistik jika dibandingkan dengan Victor Valdes. 

Sebelum kita bahas, ada satu hal yang harus diketahui mengenai kiper yang dibutuhkan Barca. Shot stopper, unggul aerial duel karena lemahnya defending set-piece Barca dan distribusi bola karena Barca membangun serangan dari posisi kiper atau yang biasa disebut play out dengan tugas kiper sebagai sweeper keeper. 3 poin ini yang akan dibandingkan. Harap diingat, statistik hanyalah angka semata. 

Shot Stopper 

Sepanjang musim 2013/14, Valdes telah memiliki rasio penyelamatan per-gol sebanyak 3,67 atau mensave 3,67 kali dari setiap gol tercipta ke gawang Valdes atau melakukan penyelamatan sebanyak 22 kali. Jumlah penyelamatan ini tidaklah terlalu besar untuk ukuran liga Spanyol. Penyelamatan tersering dilakukan oleh kiper Levante, Keylor Navas sebanyak 33 kali. Tapi 33 penyelamatan Navas dibagi 14 gol yang masuk ke gawang Navas, maka akan didapat angka rasio 2,36. 

Diantara Ter Stegen, Reina dan Courtois serta Valdes sebagai patokan, maka Reina adalah kiper dengan rasio penyelamatan tertinggi dibawah Valdes dengan angka 3,50. Patut menjadi catatan jika Reina hanya bermain sebanyak 7 pertandingan liga dengan 1 hasil imbang. Pemain lain sudah melakukan sebanyak 8 pertandingan liga. Patut manjadi perhatian dari Reina adalah Reina sukses menahan tendangan pinalti Balotelli. 

Di posisi selanjutnya kita akan dapati Courtois dengan rasio sebesar 2,50 dan Ter Stegen dengan rasio 1,83. Apiknya permainan Atletico Madrid di musim 2013/14 berpengaruh terhadap jumlah bola kemasukan ke gawang kiper asal Belgia ini. Pressing ketat dan permainan fisik yang diperlihatkan anak asuhan Diego Simeone membuat Courtois bisa sedikit santai. Hal ini bisa dilihat dari jumlah penyelamatan sebanyak 13 kali namun dengan jumlah kebobolan yang sama dengan Valdes, yaitu 6 gol. Artinya, barisan belakang ATM membuat Courtois tidak perlu bersusah payah melakukan penyelamatan. Hal serupa terjadi pula pada diri Reina yang hanya melakukan penyelamatan sebanyak 14 kali. 

Mungkin Ter Stegen hanya bisa mencapai rasio 1,83, tapi Ter Stegen melakukan penyelamatan sebanyak 22 kali. 'Hancurnya' nilai rasio Ter Stegen bisa terjadi karena kekalahan dari Bayern Munchen (3 gol), Leverkusen (4 gol) dan Hoffenheim (2 gol). 

Meski Ter Stegen memiliki rasio kemasukan per-gol terkecil, namun Ter Stegen memiliki rasio penyelamatan per-pertandingan yang setara dengan Valdes yaitu 2,75 kali. Diposisi selanjutnya akan kita temui Reina dengan 2,00 dan Courtois dengan 1,88. 

Distribusi Bola

Bagi fans klub-klub lain, terutama klub Inggris, mungkin sudah biasa melihat kiper menendang bola dari area kotak pinalti ke lini tengah atau lini depan. Tujuannya agar bola ke lini depan bisa cepat tersalurkan. Sering cara ini menjadi tidak efektif, terutama jika hanya menyisakan satu-dua orang striker melawan barisan pertahanan lawan. Berbeda dengan kebanyakan klub, FCB membangun serangan dimulai dari kiper. Kiper akan melakukan passing kepada lini belakang, yang kemudian berlanjut ke lini tengah dan lini depan. Cara ini mungkin tidak akan efektif jika pemain memiliki kemampuan passing yang jelek dan tidak memiliki kepercayaan diri yang kuat. 

Dalam skema total football, kiper tidak hanya berdiam diri dibawah mistar gawang karena akan menjadi kesia-siaan. Karenanya total football benar-benar bermain dengan 11 pemain sebab kiper turut berperan serta dalam membangun serangan dan pertahanan. Lebih lanjut, high defensive line mengharuskan kiper lebih aktif sebagai pemain terakhir dalam skema pertahanan. Tidak heran jika kiper dari tim yang menganut total football memiliki tendensi keluar dari area gawang untuk mengejar bola sehingga bisa memperkecil ruang tembak pemain lawan. Dari dua hal diatas, maka akan kita dapati posisi unik bernama sweeper keeper. 

Jika kita lihat secara seksama, Valdes jarang atau bahkan tidak pernah melakukan distribusi bola langsung ke tengah lapangan. Yang Valdes lakukan adalah mengoper ke lini belakang. Hal ini menyebabkan Valdes memiliki nilai passing yang besar untuk seorang kiper. Di musim 2013/14 saja, Valdes memiliki passing sukses sampai 96% di pertandingan melawan Real Sociedad dan 93% kala menghancurkan Levante 7-0. Nilai terkecil terjadi kala Barca menghadapi Rayo Vallecano dengan hanya membuat 28% saja. Presentasi rata-rata distribusi Valdes di musim ini adalah 68% atau rasio 66 kali. 

Untuk soal distribusi bola, Ter Stegen memiliki presentasi rata-rata cukup besar, bahkan lebih besar dibanding Valdes sendiri dengan nilai 79% atau 211 kali passing ke pemain belakang. Kemudian ada Pepe Reina yang bisa mengkoleksi 72% distribusi sukses dari 116 kali. Nilai terkecil dimiliki oleh Courtois dengan 56% saja atau 36 kali. Dari sini, maka bisa disimpulkan jika Courtois harus belajar banyak rondo. :D

Aerial Claim

Defending set-piece sering menjadi momok bagi Barca. Sudah banyak gol tercipta karena corner dan crossing. Sampai-sampai Barca mengkontrak pelatih Girona bernama Rubi untuk mengurusi set-piece, terutama defending set-piece.

Dalam melakukan penyelamatan crossing, ada 2 cara yaitu menangkap bola atau memukul bola. Kedua ini sah dilakukan. 

Valdes memiliki presentase 100% dalam menangkap bola atau aerial claims. Nilai sempurna Valdes ini ternyata tidak mencerminkan bagusnya Valdes karena di sepanjang musim ini Valdes rata-rata melakukan aerial claim sebanyak 1 kali di tiap pertandingan, kecuali di pertandingan kontra Almeria dimana Valdes melakukan aerial claim sebanyak 3 kali. Untuk meninju bola, Valdes memiliki presentase 50% dan lagi-lagi nilai terbesar didapat kala menghadapi Almeria dengan 4 kali tinjuan bola. Jika dilihat lebih seksama, Valdes di musim 2013/14 lebih percaya diri dan kerap keluar menangkap umpan silang dibanding musim lalu. 

Sama seperti Valdes, Ter Stegen memiliki presentasi aerial claim sebesar 100% dan 50% dalam meninju bola. Selanjutnya akan kita temui Pepe Reina dengan presentasi 98% aerial claim sukses dengan 1 kali kegagalan kala menghadapi AC Milan. Untuk meninju bola, Reina jarang melakukan hal ini sehingga hanya mendapat presentase 29% saja. Courtois mendapat presentase 88%. Nilai Courtois yang kecil ini ternyata bukan patokan karena Courtois termasuk rajin melakukan aerial claim dengan aksi atas 2 kali di 4 pertandingan berbeda. Tanpa rasio peninjuan bola, bisa disimpulkan Courtois memiliki kebiasaan menangkap bola dibanding meninju bola. 

Harga Pasaran

Menurut situs transfermarket, harga Valdes saat ini berada di kisaran 10 juta euro. Dengan usia menginjak 31 tahun, nilai Valdes menurun sejak awal tahun 2012. Ketidak-suksesan FCB di Liga Champion pun sepertinya mempengaruhi nilai pasaran Valdes karena sepanjang tahun musim 2012/13, nilai Valdes terus menurun. 

Harga tertinggi diantara 4 kiper ini disematkan kepada Thibaut Courtois dengan harga pasaran 25 juta euro. Usia yang masih relatif muda, 21 tahun dan bisa memasuki timnas Belgia membuat Courtois dilabeli sebagai kiper berprospek cerah. Bagi saya, ATM beruntung dan menang banyak bisa meminjam Courtois dengan harga sekitar 1,5 juta euro. Ahahaha 

Marc-Andre Ter Stegen yang sama-sama berusia 21 tahun dengan Courtois hanya bisa mencapai harga 11 juta euro. Berbeda dengan Courtois yang sudah masuk ke timnas senior Belgia, Ter Stegen baru masuk ke skuad U21 Jerman. Patut menjadi perhatian adalah Ter Stegen memiliki histori cidera sebanyak 4 kali dari musim 2010/11. Salah satu cideranya adalah pergelangan tangan yang merupakan vital bagi kiper. Sedangkan Courtois belum pernah cidera.

Memiliki usia yang sama dengan Valdes, Reina dihargai 10 juta euro. Napoli beruntung bisa mendapatkan limpahan kiper sekelas Reina karena tidak perlu mengeluarkan sepeserpun untuk meminjam Reina. 

Kesimpulan

Dengan data-data yang telah dipaparkan diatas, maka nama Reina bisa masuk sebagai kandidat. Selain karena faktor matangnya permainan, Reina pun sudah faham Barca karena berasal dari Masia. Faktor usia tidak terlalu berpengaruh untuk kiper. Malah banyak kiper yang semakin tua, semakin bagus permainannya. 

Ter Stegen dan Courtois adalah prospek untuk masa depan karena usia yang masih muda. Courtois sudah faham dengan permainan Spanyol dibanding Ter Stegen. Namun dengan niatan Ter Stegen untuk belajar bahasa Spanyol menandakan jika Ter Stegen adalah sosok yang mau belajar agar bisa berkembang. 

Bagi saya pribadi, dari 4 kandidat diatas, nama Valdes masih menjadi kiper terbaik. Jika Barca memang ingin membeli kiper, seharusnya memasukan nama Mignolet juga. Secara statistik EPL di musim 2012/13, Mignolet unggul dibanding Reina dalam banyak hal. Maka tidak heran Brendan Rodgers 'membuang' Reina demi Mignolet. 

Yang membuat saya kesal ketika menemani mantan berbelanja adalah setelah berputar-putar di mall dan mencoba banyak baju, ternyata tidak jadi membeli. Gedeg banget lah itu. 



PRIMER EL BARCA! 
Statistik menurut squawka

23 komentar:

  1. tara di curhatkeun ke mantan,wkwkwkwkw -salah satu admin ibbgr-

    BalasHapus
  2. PROMO BONUS DEPOSIT NEW MEMBER INDOKARTU

    Minimal Deposit!

    === 7 Permainan 1 USER ID ===
    JUDI KARTU ONLINE & AGEN POKER ONLINE
    INDOKARTU merupakan situs judi kartu online Indonesia resmi dan terlengkap dalam menyediakan permainan poker online seperti poker online, domino online, bandar ceme online, blackjack online, Bahkan sebagai web Agen Poker Online uang asli yang memberikan transaksi dari bank BCA, BNI, BRI, Bank Mandiri, memberikan deposit kecil yang sangat murah dan memberikan hadiah jackpot setiap harinya dan bisa main dengan para player dari seluruh kota yang ada di Indonesia. Main poker online terpercaya di IndoKartu

    http://www.indokartu.info/2018/07/23/pot-limit-omaha-poker-game-baru-dari-idn/
    http://www.indokartu.info/2018/07/29/cara-bermain-super-ten-di-situs-terpercaya/
    http://www.indokartu.info/2018/07/31/tips-dan-trik-bermain-domino-qiu-qiu-online/


    Ayo daftar sekarang di indokartu.net

    BalasHapus
  3. PROMO NEW MEMBER 15%

    Duta Bandar Taruhan Judi Bola Sbobet Online Terpercaya dan paling baik yg menyediakan jasa layanan terhadap pembukaan akun permainan judi atau taruhan online kepada kamu di delegasi judi online yg berpangkat International, sahih dan terpercaya hanya di judi online terpercaya.

    Sbg Cabang Bola Sbobet Indonesia Terpercaya, ZeusBola sudah berkerja sama bersama perusahaan Sbobet beroperasi di Asia yang dilisensikan oleh First Cagayan Leisure & Resort Corporation, Manila-Filipina dan di Eropa dilisensikan oleh sang presiden Isle of Man kepada beroperasi yang merupakan juru taruhan latihan jasmani sedunia.

    sabung ayam s1288

    Ayo daftar sekarang di zeusbola.biz

    BalasHapus
  4. DOWNLOAD APK GOPAY SEKARANG JUGA,
    DAPATKAN DEPOSIT VIA GOPAY DARI AGEN ZEUSBOLA

    APABILA TIDAK MENGETAHUI CARANYA, BISA SEGERA KLIK LINK DIBAWAH INI.

    http://134.209.98.69/cara-transaksi-menggunakan-gopay/

    Atau Bisa Segera Menghubungi Livechat Atau Layanan Customer Service Kami Yang Tersedia.

    Jangan Sampai Ketinggalan, Buruann Daftar Di Situs Zeusbola Agen Resmi Terpercaya Di Indonesia.

    Hubungi Contact Kami Untuk Informasi Lebih Lanjut :

    Whatsapp Zeusbola

    Link Alternatif ZEUSBOLA : https://zeus303.com/

    Deposit Via OVO


    Deposit Via Pulsa


    Deposit Via Go Pay


    Kujungi Juga :

    https://medium.com/@shellynnita88/

    BalasHapus
  5. BISA DEPOSIT PAKE PULSA

    DewaZeus merupakan partner dari situs ZeusBola, yang merupakan bandar master bandar taruhan judi bola, Casino, Poker, taruhan sabung ayam online S128, CF88 DewaPoker, Live Casino Dealer Resmi Lisensi Filipina Paling Terpercaya di Indonesia, hanya di http://104.248.148.252/.

    Sbg Cabang Bola Sbobet Indonesia Terpercaya, ZeusBola telah berkerja sama bersama maskapai Sbobet beroperasi di Asia yg dilisensikan oleh First Cagayan Leisure & Resort Corporation, Manila-Filipina dan di Eropa dilisensikan oleh sang penguasa Isle of Man terhadap beroperasi sbg juru taruhan latihan jasmani sedunia.

    https://dewazeus.site/cara-bermain-poker-online-deposit-via-pulsa/
    https://dewazeus.site/situs-agen-taruhan-online-terpercaya-deposit-pulsa/
    link zeusbola

    Ayo main sekarang di dewazeus.site

    BalasHapus
  6. Dapatkan Permainan Sportsbook Terbesar dan Terlengkap Bersama Winning303..
    SBOSports - iSports - CSports - OSports

    Dapatkan pertandingan paling update di dalamnya...

    Winning303 juga menyediakan permainan lain dengan 1 ID...
    1. Live Casino
    2. Poker
    3. Slot Online
    4. Lottery/Togel
    5. Sabung Ayam

    Hubungi Kami di :
    Customer Service 24 Jam
    WA: +6287785425244

    BalasHapus
  7. Judi poker pulsa adalah salah satu metode transaksi yang banyak digunakan oleh berbagai kalangan untuk setor dana. Saat ini memang sedang trend permainan judi menggunakan pulsa telkomsel, axis dan XL.

    http://167.71.214.170/
    Texas Poker
    Judi Poker
    Sakong Online
    Judi Poker Pulsa


    Kontak Pokervita
    Livechat Pokervita
    WA: 08122222996
    Wechat: pokervitaofficial
    Line: vitapoker

    BalasHapus
  8. Belum Pernah Menang Di Agen Poker Manapun?? Jangan Kecewa..Yuk cobain Donaco Poker...
    Permainan Boleh Sama..Hokinya Beda Boss...

    Hubungi Kami Secepatnya Di :
    WHATSAPP : +6281333555662

    BalasHapus
  9. BOSAN KALAH MULU ? SEGERA GESER KE ZEUSBOLA

    MINIMAL DEPOSIT YANG SANGAT TERJANGKAU, MENYEDIAKAN BERBAGAI FASILITAS DIDALAMNYA

    • Permainan Terlengkap & FairPlay
    • Layanan Customer Service Online 24Jam nonstop
    • Pelayanan Super Ramah, Profesional, Teraman & Fast Respon
    • Menerima Deposit Via All Bank Lokal Indonesia
    • Menerima Deposit Via Pulsa Telkomsel & XL ( Rate Tertinggi Dari Agen Lain )
    • Menerima Deposit Via Ovo
    • Minimal Deposit VIA GOPAY
    • Minimal Deposit VIA DANA
    • Minimal Deposit VIA LINKAJA
    • Berapapun Kemenangan Anda Di Bayar Tuntas !
    • Pendaftaran Free!!
    • Berapapun Kemenangan Dibayar TUNTAS.

    ◘ DAFTAR -> DEPOSIT -> MAIN -> WITHDRAW ◘

    * ANDA MENANG, KAMI SENANG BOS! *

    Contact ZEUSBOLA

    •• Link Alternatif Judi Online ••

    ••• https://zeuseuro2020.com/pro-tips •••

    •••• deposit pulsa tanpa potongan ••••

    ••••• bandar bola euro 2020 •••••

    •••••• Prediksi Bola Hari Ini ••••••

    BalasHapus
  10. Judi online adalah salah satu permainan yang sangat mengundang perhatian semua kalangan yang ada di Indonesia. Poker Online menjadi salah satu target utama warga net yang ingin mencari keuntungan besar.

    Menerima Berbagai Metode Transaksi Terlengkap di Indonesia Minimal Deposit 10rb
    - Semua Bank Lokal
    - OVO
    - Gopay
    - Dana
    - Pulsa (Minimal Deposit 25rb)

    BONUS ANGGPAO DARI POKERAYAM :
    > Bonus New Member 10%
    > Bonus Deposit Harian 5%
    > Bonus Rake Back Mingguan

    * Bonus Referral Di Situs IDNPoker
    * Kontak PokerAyam
    * Link Alternatif Pokerayam

    HUBUNGI KAMI:
    http://165.22.51.220/
    WA : 0812-2222-1680
    LINE : POKERAYAM

    Bonus Freechip Angpao Imlek
    Freechip Imlek 2020
    Bonus Freechip Angpao Imlek
    Bonus Angpao Imlek 2020

    BalasHapus
  11. Bosan dengan permainan poker online? Ingin mencoba sensasi baru yang mudah dimainkan dan mudah dimainkan? Hayuk gabung bersama Pokervita situs aduq online terpercaya di Indonesia menerima deposit via pulsa

    Promo bonus besar-besaran Pokervita
    * Promo Harian
    * Promo Mingguan
    * Promo Bulanan

    9 Games Dalam 1 Akun
    * ADU Q
    * BANDAR POKER
    * BANDAR Q
    * CAPSA SUSUN
    * DOMINO 99
    * POKER ONLINE
    * SAKONG
    * BANDAR 66
    * PERANG BACCARAT (NEW)

    Judi Poker Online
    Texas Holdem Poker
    Bandar Sakong Online

    BACA JUGA :
    Situs AduQ Winrate Tertinggi
    Bonus Referral Terbesar Agen Bandar Poker Online
    Situs Judi Poker Pulsa Online

    Kontak Pokervita
    Livechat Pokervita
    WA: 08122222996
    Wechat: pokervitaofficial
    Line: vitapoker

    BalasHapus
  12. Hallo bos ku ^_^
    Di sini kami ingin menawarkan satu situs web judi online terpercaya di indonesia di jamin 100% aman ^_^
    Cara bermain nya gampang dan mudah raih jutaan rupiah bisa mainkan Bayak permianan hanya dengan 1 user id saja boss. Untuk proses depo/wd yang yang super cepat ^_^

    DENGAN MINIMAL DEPOSIT PULSA 25RB ANDA JUGA SUDAH BISA BERMAIN..!!!!!!

    ZEUSBOLA Adalah Situs Agen Judi Online Terpercaya Indonesia Pertama Yang Menyediakan Berbagai Macam Permainan Online Seperti :

    *SPORTSBOOK
    *LIVE CASINO
    *IDN LIVE
    *IDN POKER
    *SLOT GAMES
    *TEMBAK IKAN
    *JOKER123
    *SABUNG AYAM
    *TOGEL ONLINE

    Caranya mainnya juga gampang, langsung daftar di link ini
    atau hubungi kontaknya di https://linktr.ee/zeusbola.official ( KLIK DISINI )

    Untuk Layanan Support Bank yang dapat dipergunakan pada Judi Online ZEUSBOLA terdapat beberapa jenis Bank Lokal seperti :
    Bank BCA

    Bank BNI

    Bank BRI

    Bank DANAMON

    Bank MANDIRI


    Promo Bonus yang berlangsung pada Judi Online ZEUSBOLA :
    Bonus New Member 15%
    Bonus New Member 10% ( Sabung Ayam )
    Bonus Cashback/Kekalahan Sportsbook Up To 15%
    Bonus Rollingan Up To 0.6%
    Bonus Harian 10%
    Bonus Reward

    Serta terdapat berbagai jenis kelebihan dari ZEUSBOLA yang bisa anda dapatkan yaitu :

    Bisa Deposit dengan VIA PULSA / OVO / GOPAY / LINKAJA / DANA.

    Deposit & Withdraw tidak sulit dan sangat cepat.

    Proteksi Keamanan user ID member terbaik.

    Proteksi keamanan pada menu Lupa Password yang aman serta tidak menyulitkan.

    Layanan Website 24jam setiap hari.

    Tanpa adanya rekasaya apapun dalam permainan (NOBOT).

    Bonus Paling mudah didapatkan dan paling besar.


    Segera Daftarkan diri anda dan bermain bersama kami di ZEUSBOLA.
    Alamat Situs Resmi :http://zeusbola.site/

    Alamat Situs Alternatif :
    http://zeusbola.club/
    http://zeusbola.site/
    http://zeusbola.best/

    Kontak ZEUSBOLA :
    Whatsap : +62 813 3355 5996
    LINE : ZEUSBOLA
    TELEGRAM: t.me/zeusbola

    Bandar Poker Online Deposit Pulsa Tanpa Potongan

    Judi Bola Online Deposit Pulsa Terpercaya

    BalasHapus
  13. Ayo Coba Tembak ikan terbaru dan Terbaik Saat ini
    Berbagai game bisa anda mainkan dan mendapatkan cashback mingguan sebesar 5%
    Info regis
    Kontak WA: 087785425244
    Cs 24 Jam Online

    BalasHapus
  14. MUSEUMBOLA MENYEDIAKAN SLOT TERLENGKAP DENGAN RIBUAN MESIN SLOT SERTA PULUHAN PROVIDER JUDI SLOT
    LANSUNG AKSES KE SITUS KAMI YA RAIH JUARA RATUSAN HINGGA MILIARAN RUPIAH SEHARI NYA!!
    DEPOSIT BANK LOCAL :
    BCA - MANDIRI - BNI - BRI - DANAMON - JENIUS BTPN DLL

    DEPOSIT E-CASH :
    OVO - DANA - LINKAJA - GOPAY - SAKUKU - DOKU

    DEPOSIT PULSA (DEPOSIT NON RATE/ALIAS TANPA POTONGAN)
    -> TELKOMSEL
    -> XL / AXIS

    Demo SLOT
    Slot 888 Dragon
    Slot Joker Jewel
    Slot Aztec Gem


    LINK AKSES :

    Agen Togel Singapura
    Agen Togel Sidney
    Agen Toto Macau
    Museumbola Slot Pragmatic
    Link Alternatif museumbola
    Link Alternatif Museumbola
    Link Alternatif Museumbola

    BalasHapus
  15. Agen Judi Slot Terpercaya Dan Terbaik
    Alasan Kenapa Kamu Harus Bermain Judi Di Museumbola
    * Permainan Lengkap dari A sampai Z
    * Opsi Deposit Banyak Seperti Bank, E-Cash , PULSA
    * Semua Rekening Bank termasuk Bank Daerah Bisa Di Daftarkan
    * Bonus Banyak
    * Deposit 2 Menit
    * Withdraw 5 Menit Paling Lama
    * Cs Professional 24 Jam Online
    DEPOSIT BANK LOCAL :
    BCA - MANDIRI - BNI - BRI - DANAMON - JENIUS BTPN DLL

    DEPOSIT E-CASH :
    OVO - DANA - LINKAJA - GOPAY - SAKUKU - DOKU

    DEPOSIT PULSA (DEPOSIT NON RATE/ALIAS TANPA POTONGAN)
    -> TELKOMSEL
    -> XL / AXIS

    Demo SLOT
    Slot Aztec Gem
    Slot Caisen Cash

    Situs Judi Slot Pulsa
    Slot Pulsa
    Slot Pulsa Tanpa Potongan
    Slot Pulsa Tanpa Potongan
    Slot Deposit Pulsa
    Judi Slot
    Slot Online Deposit Pulsa
    Museumtoto
    slot deposit via dana
    Museumbola
    Login Museumbola
    Alternatif Museumbola
    demo slot pragmatic

    BalasHapus
  16. Zeusbola - Situs Bandar Judi Online Terlengkap, Teraman & Terpercaya 2020
    Menerima Deposit Pulsa, Ovo, Gopay, Dana, Linkaja.
    Nikmati Seluruh Kemudahan Bertransaksi Bersama Zeusbola.

    Pendaftaran Melalui : https://zeus303.com/

    Hubungi Kami Melalui :

    Whatsapp : (+62) 822 7710 4607
    Telegram : (+62) 813 3355 5996 ( @zeusbola )
    Line : zeusbola
    Fanspage Facebook : zeusbola.me

    http://134.209.98.69/situs-slot-deposit-pulsa-tanpa-potongan/

    BalasHapus
  17. ZeusBola - Agen Sabung Ayam, Casino, dan Slot Terpercaya
    Menerima Deposit via Pulsa Tanpa Potongan
    Dapatkan Bonus 7x Win Beruntun Hingga 5jt
    Pendaftaran : http://zeusbola1.com

    Info Lebih Lanjut Bisa Hub kami Di :
    Whatsapp : 0822 7710 4607

    Daftar S128 Menggunakan Bank BTPN Jenius

    BalasHapus
  18. Masih binggung cari agen judi kartu online terpercaya di Indonesia dengan rating kemenangan tinggi? Jangan khawatir Museumpoker hadir menyediakan layanan permainan judi kartu online deposit pulsa.

    Berbagai bonus menarik menanti anda dengan minimal deposit hanya IDR 10.000
    Menyediakan layanan deposit Bank Lokal, OVO, DANA, Linkaja, Gopay, dan Pulsa Telkomsel, XL dan Axis.

    9 Permainan Dalam 1 Akun
    * Poker
    * DominoQQ
    * Bandar Ceme
    * Ceme Keliling
    * Capsa Susun
    * Pot Limit Super10
    * Omaha
    * Blackjack
    * Superbull

    Promo Terbaru MuseumPoker
    - Bonus Deposit Harian
    - Deposit Via Pulsa Telkomsel & XL / Axis Tanpa Potongan
    - Bonus Deposit New Member 20%
    - Bonus Mingguan 0.5%
    - Bonus Jackpot

    Daftar Poker Pulsa

    Kontak Resmi
    WA : +6282267932581
    Telegram : museumpoker
    Instagram : Museumpoker

    Agen Judi Kartu Online Terbaik dan Terpercaya

    BalasHapus
  19. Museumpoker situs IDN Poker terbaik Indonesia deposit termurah hadir memberikan layanan taruhan permainan online hingga 9 jenis permainan. Rating kemenangan tertinggi tanpa adanya robot serta admin.

    9 Permainan Dalam 1 Akun
    * Poker
    * DominoQQ
    * Bandar Ceme
    * Ceme Keliling
    * Capsa Susun
    * Pot Limit Super10
    * Omaha
    * Blackjack
    * Superbull

    Promo Terbaru MuseumPoker
    - Bonus Deposit Harian
    - Deposit Via Pulsa Telkomsel & XL / Axis
    - Bonus Deposit New Member 20%
    - Bonus Mingguan 0.5%
    - Bonus Jackpot

    Daftar Poker Online

    Kontak Resmi
    WA : +6282267932581
    LINE : museumpoker
    Telegram : +6282267932581

    Daftar Ceme Keliling Terpercaya Dan Terbaik 2021

    Freechip natal & tahun baru

    BalasHapus
  20. Bandar Togel Terpercaya
    SITUS TOGEL TERBAIK
    AGEN TOGEL TERBAIK 2021
    Bandar Togel Indonesia
    Situs Agen Togel Terbaik
    SITUS TOGEL DEPOSIT PULSA

    MBO128 AGEN TOGEL TERBAIK 2021

    Bingung cari situs online TERPERCAYA???
    Yuk sini gabung langsung bersama MBO128
    Menyediakan berbagai permainan Online

    Minimal DEPOSIT Rp.25.000
    Minimal TARIK DANA Rp.50.000

    Untuk pendaftaran bisa langsung Klik link berikut :
    DAFTAR TOGEL ONLINE

    KONTAK : WhastApp: 0852-2255-5128

    Transaksi bisa dilakukan melalui Via :

    • PULSA ( Telkomsel , XL – Axis ) Bisa isi dari Counter / Transfer Pulsa / Alfamart dan Indomaret TANPA POTONGAN PULSA

    • BANK ( BCA, Mandiri, BNI, BRI, Danamon, Permata,Semua Bank Nasional dan Daerah )

    • E-Money ( OVO, Dana, LinkAja, PayPro, GoPay)

    BalasHapus
  21. Sering deposit pulsa di agent lama untuk bermain game kesayangan anda??

    Tapi sayangnya kena potongan?

    Aduh mana zaman lagi kena potongan

    klik ====> promo judi pulsa online tanpa potongan

    Info hub
    WA:0812 2222 996

    BalasHapus
  22. Winning303

    PENAWARAN PROMOSI:
    Promo Deposit Pulsa dengan Potongan 20% Via TELKOMSEL / XL

    Memberikan Permainan Paling Seru dengan Tingkat Kemenangan yang tinggi... Yakin anda susah menang??? coba saja di winning303.. Kemenangan tidak akan jauh dari semangat anda!!
    Raih Jackpot Spesial yang bisa anda dapatkan...dengan modal kecil dapatkan bonus BESAR...
    Hanya di Winning303...

    Winning303 juga menyediakan permainan lain dengan 1 ID...
    1. Sportsbook / SBOBET
    2. Live Casino / Baccarat live sexy
    3. Slot Online / Slot JOKER
    4. Sabung Ayam S128 / sv388
    5. Poker IG / Poker IDN POKER

    • Bonus new member 20%
    • Bonus Next Deposit 10%
    • Bonus rollingan poker sampai 0,5 %
    • Bonus referral sampai SEUMUR HIDUP
    • Bonus Cashback 5-10 %
    • Bonus Menang 7x sabung ayam sv388

    Ayo Langsung bergabung dengan kami...
    Customer Service 24 Jam
    Hubungi Kami di :
    Website : Winning303,us (ganti koma jadi titik)
    WA:+6287785425244

    BalasHapus
  23. INGIN MAIN SITUS JUDI TERPECAYA?

    ZEUSBOLA adalah Situs Judi Online Terlengkap dan Memiliki Ribuan Permainan
    Slot Online dan Games Online Lain nya,
    Hanya dengan Menggunakan 1 User ID,

    Anda bisa Bermain Ribuan Permainan yang Tersediah,
    Dengan Bonus Promosi Terbesar dan Event Hadiah Terbesar.

    Dengan minimal deposit 25 rb.
    Deposit pulsa tanpa potongan rate!
    Bonus setiap hati

    Whatsapp : 0822-7710-4607

    [url="https://zeusbola.mypixieset.com/daftar/"]Daftar Slot Pulsa Tanpa Potongan[/url]

    SILAKAN UNTUK DAFTAR GRATIS

    BalasHapus