JUAL SIAPA NANTI, TITO??

Saya tidak tahu isi pikiran Tito, pun tidak bisa menemukan track record Tito di dunia kepelatihan. Namun banyak isu-isu yang dikeluarkan oleh media akhir-akhir ini. Agak ironis, mengingat La Liga masih menyisakan 1 pertandingan lagi akhir pekan nanti. Sepertinya media tidak sabar untuk meraup lembaran-lembaran materi dengan cara mempermainkan emosi fans.
Hal ini terjadi ketika musim transfer mendekat. Apalagi Barcelona nanti di nahkodai oleh pelatih baru. Tentu saja akan ada beberapa pergerakan transfer agar sesuai dengan strategi yang akan dipakai. Berikut saya jabarkan sebagian kecil dari tim utama Barcelona yang memiliki potensi untuk di jual. Nevertheless, ini hanya opini saya. Keputusan tentu saja ada di tangan Tito.


DAVID VILLA
Mungkin agak keterlaluan jika Barcelona menjual David Villa di musim panas nanti setelah 5 bulan absen karena patah kaki. Bagi sebagian orang, kontribusi dia di Barca tidak maksimal, namun setahu saya Barcelona adalah klub dengan nilai kekeluargaan yang sangat tinggi. Meski begitu, masih ada kemungkinan Villa di jual. Bukankah Liverpool pernah berniat memboyong Villa? Apalagi performa Andy Carrol dibawah garis memuaskan jika melihat nominal transfer sebesar 35 juta Poundsterling. That isn't good enough for King Kenny. Perhaps.
Perlu difahami bahwa seorang striker memiliki sifat egoisme yang tinggi, So, wajar jika ada rumor yang mengatakan bahwa Villa tidak betah di Camp Nou karena faktor Messi. Selama ini Villa bermain sebagai winger yang fungsi utamanya adalah memberi bola kepada Messi. Saya hanya bisa berharap titik kesabaran Villa masih panjang. Villa harus melupakan kenangan-kenangan indah dia ketika masih di Valencia. Lupakan sensasi perayaan mencetak gol dan berilah kesempatan kepada pemain lain. Anyway, you did a good job El Guaje.

SEYDO KEITA
Dengan usia menginjak angka 32, mungkin ini saatnya bagi Keita untuk pindah klub jika ingin menjadi starter. Perlu diketahui, Barcelona memiliki stok pemain yang berlimpah di lini tengah. Kedatangan Cesc awal musim lalu cukup memberi alasan tambahan bagi Keita untuk menjadi penghuni bangku cadangan, selain di promosikannya Thiago ke tim utama. Jika Keita bermain sebagai DM, maka hanya akan menjadi pelapis Sergio Busquets dan Javier Mascherano. Itu pun jika Monster Masche bermain sebagai CB dan Busey cidera atau diistirahatkan, maka Keita adalah pilihannya. Peluang Keita menjadi starter cukup sulit jika melihat kemungkinan-kemungkinan diatas.
Keita perlu mempertimbangkan kembali tawaran dari Liverpool di musim transfer January kemarin. Atau mempertimbangkan dari klub kepunyaan Syeikh Al Thani, Malaga. Meski A.C. Milan diisukan akan memboyong Keita ke San Siro, namun agen Keita telah membuka pembicaraan dengan Malaga. Seperti yang saya duga sebelumnya, Malaga akan menjadi calon Manchester City atau Chelsea yang akan mengeluarkan berapapun uang demi kepuasan sang Syeikh. Masa depan Keita di Barcelona akan dibicarakan sebelum final Copa del Rey berlangsung.

HENRIQUE & KEIRRISON
Masih ada yang ingat siapa mereka? Sepertinya sebagian cules lupa siapa sosok Henrique dan Keirrison. Wajar sih. Semenjak dibeli tahun 2008 bagi Henrique dan 2009 bagi Keirrison, mereka berdua tidak pernah sekalipun memakai seragam blaugrana di ajang resmi. Pembelian keduanya yang di fasilitasi oleh Traffic, sebuah agen olahraga asal Brazil, semacam "kesalahan besar" Pep.
Semenjak dibeli, Keirrison langsung di pinjamkan ke Benfica, Cruzeiro, Fiorentina, Santos dan kemudian manajemen Barcelona mengumumkan bahwa Keirrison akan menghabiskan masa kontraknya bersama Coritiba. Pun Henrique langsung dipinjamkan ke Bayern Leverkusen, Racing Santanderdan Palmeiras.
Saya yakin, jika manajemen mendapat tawaran berapapun bagi kedua pemain ini, pasti akan menjualnya. Pertimbangannya banyak pemain La Masia yang bisa mengisi posisi keduanya dengan gaji yang relatif murah serta faham akan filosofi permainan Barcelona.

LIONEL MESSI 
Mungkin ini terdengarnya absurd, namun Abramovich siap mencairkan uang sebesar 200 juta Euro untuk mengkontrak Messi, agar Pep bersedia melatih Chelsea. Bahkan terdengar kabar bahwa Roman Abramovic menawarkan Pep cek kosong untuk diisi sendiri nominal gajinya pertahun. Bagi sebagian orang menganggap materi bisa membeli segalanya tetapi sejatinya tidak bisa mendatangkan kepuasan.
Jika memang seperti itu rumornya, berarti perkiraan saya memang benar bahwa Di Matteo tidak lebih dari sekedar pion saja. Anyway, mungkin ini adalah mission impossible-nya Roman. Tetapi tidak ada hal yang pasti di dunia ini. Kita lihat saja nanti.

GERARD PIQUE
Untuk kasus yang ini, agak terdengar pribadi. Dulu Pep sempat marah terhadap kelakuan Pique. Perlu di fahami bahwa Pep memproyeksikan Pique sebagai kapten selanjutnya dan mesti memberi contoh yang baik. Namun ketegangan keduanya seakan menjadi misteri karena baik Pep ataupun Pique tidak melakukan perang di media.
Pique mestinya tahu alasan Ronnie dan Deco di jual oleh Pep ketika Pep memegang tim utama atau alasan Michael Arteta di jual ketika masih berada di La Masia. Barcelona adalah tim dengan nilai etika dan nilai kekeluargaan yang tinggi. Pemain yang egois, sombong atau dekat dengan kehidupan hedon, akan cepat dijual demi keharmonisan tim. Prinsip ini sanat dipegang teguh dan membuahkan hasil yang signifikan. Setahu saya, Puyol dan Messi tidak pernah keluar malam karena keduanya sangat peduli dengan masa depan mereka. Entah dengan Pique.

IBRAHIM AFELLAY
Mungkin kah Afellay di jual?? Bisa jadi. Kontribusi Afellay musim ini sangat minim. Namun hal ini bukan karena Afellay bermain jelek atau tidak bisa beradaptasi, tetapi karena dibekap cidera. Seperti Villa, kayaknya sangat tidak adil jika manajemen menjual Afellay. Pun Afellay memiliki kualitas yang sangat baik.
Andai manajemen menjual Afellay, maka alasan utamanya bukan karena kontribusinya. Tetapi karena Barcelona memiliki surplus winger. Barcelona memiliki 8 pemain yang biasa tampil di tim utama yang bisa bermain sebagai winger. Iniesta, Cesc, Villa, Afellay, Messi, Tello, Cuenca dan Pedro. Salah satu atau dua dari pemain yang saya sebutkan memiliki potensi untuk di jual, andai kata Tito ingin memiliki Plan B.

PUYOL
Meski usia Puyol telah menginjak 34 tahun dan menjadi lambat, namun kontribusi Puyi masih bagus. Puyol memiliki sliding yang bersih. Barca hanya perlu menambah amunisi baru pemain belakang yang memiliki kecepatan. Untuk urusan jegal-menjegal, kita percayakan kepada Puyi.
Kontrak Puyi bersama Barca mungkin akan berakhir dalam 2 atau 3 tahun lagi. Untuk hajatan final Copa del Rey serta gelaran EURO 2012 pun Puyol diragukan untuk bermain terkait cideranya yang didapat ketika Barca menang melawan Espanyol. Meski begitu, sosok Puyi sangat vital bagi Barcelona. Sosok kharismatik yang selalu menjadi penyemangat tim. Sangat tidak mungkin Puyol akan di jual oleh manajemen. Opsinya hanya Puyol pensiun di Camp Nou.

ABIDAL
Kontrak Abi bersama Barcelona masih satu tahun lagi, karena memang Abidal dikontrak pertahun, bukannya 3 atau 4 tahun layaknya pemain lain. Kemungkinan Abidal dijual? Ada, andai Barcelona menginginkan pemain yang bisa melakukan serangan dari kiri. Selama ini Abi lebih di plot sebagai pemain bertahan, dibanding sebagai penyerang. Pun sisi kiri Barcelona terkenal karena kerapuhannya. Jika Abi masih dipertahankan, maka tidak lebih dari sekedar pelapis saja. Sangat disayangkan.

ADRIANO 
Dulu sempat terdengar bahwa Adriano menginginkan hengkang dari Camp Nou karena besaran gaji yang kecil serta jarangnya kesempatan untuk tampil di tim utama. Untuk diketahui, meskipun Abidal absen di suatu pertandingan, biasanya Pep akan memasang 3 orang defender daripada memasukan Adriano. Beberapa klub dikabarkan tertarik mengikat winger asal Brazil ini. Kemungkinan di jual? Sepertinya tinggal menunggu waktu saja.

DANI ALVES
Setelah Alves menandatangi perpanjangan kontrak bersama Barca, datang sebuah tawaran dari klub asal Rusia Anzhi untuk memakai jasa Alves. Terkait hal ini, Alves menyerahkan sepenuhnya kepada manajemen. Alves pun rela jika akhirnya harus dijual ke Anzhi atau klub manapun, meski sebetulnya Alves berniat untuk pensiun di Camp Nou.. Hal ini terkait performa dirinya yang tidak begitu bagus di musim ini. Tetapi menurut saya tenaga Alves masih dapat dipakai. Dia masih bermain bagus, meski untuk ukuran Barcelona kata "bagus" tidak lah cukup.
Yang mungkin menjadi perhatian manajemen adalah tutur-kata Dani Alves di luar lapangan. Masih saya ingat ketika Alves meremehkan Chelsea kemarin. Hal kecil seperti itu mungkin sepele, namun sikap arogan tidak akan membawa dampak positif.

CESC FABREGAS
Sangat tidak mungkin pindah! Kemungkinan Cesc pindah, sama seperti kemungkinan pindahnya Messi, Xavi, Iniesta, Valdes atau bahkan Puyol. Kenapa saya begitu yakin? Karena Cesc sendiri yang ingin pulang ke Barcelona! So, akan menjadi absurd jika Cesc yang telah dibeli dengan harga mahal dari Arsenal, kembali dijual oleh manajemen karena performa di musim pertamanya tidak maksimal. Bagi pemain La Masia, bermain di tim utama Barcelona adalah sebuah impian. Hanya Mikel Arteta yang sangat naif menginginkan pensiun di Arsenal. Namun saya maklumi keinginan Arteta tersebut, mengingat perilaku di luar lapangan yang dekat dengan kehidupan hedon sangat tidak cocok dengan Barcelona. Bukankah itu alasan utama dirinya dijual ketika masih di La Masia??



Whooaaaaa.... Chill out mate! Woles ya baca artikelnya. 


FIDELITAS BLAUGRANA SENSE LIMITS!!






Sumber tak tercantum: GOAL & Bleacher Reports.

2 komentar:

  1. pertanyaan yg sama om, apakah Tito kompetitif ? ada beberapa keanehan yg sy liat dari Tito tpi semoga itu hanya perasaan sy aja

    BalasHapus
  2. Pertanyaan "Apakah Tito kompetitif" sangat wajar. Karena kita semua tidak tahu tentang kepelatihan Tito. Saya pun semapt berfikir begitu. Jika dibandingkan dengan Pep, sangat berbeda. Pep mengawalinya dari Barca B, sedangkan Tito langsung ke tim utama. Pun Pep "memiliki" DNA dari Cruyff, seperti Frank Rijkaard. Sedangkan Tito tidak memiliki keistimewaan.
    Meski begitu, hampir sebagian ide Pep tentang strategi, dibantu oleh Tito karena Tito assisten Pep. Jadi, sedikit banyak skema permainan Tito akan sama dengan Pep. Namun tidak akan 100% sama seperti Pep.
    Hal ini yang membuat saya penasaran.

    BalasHapus