KUTUKAN KIPER BARCA

Setiap manusia memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Begitu juga dengan pemain sepakbola. Kadang mereka bermain cemerlang dan sering kali bermain dibawah harapan. Alasan kenapa seorang pemain bisa mengalami permainan yang buruk bisa karena alasan mental, fisik atau memang sedang sial. Terkadang ada alasan tertentu yang sulit dijelaskan oleh alasan logis. Penjaga gawang di Fc Barcelona, misalnya.


Di tim sekelas Barcelona yang selalu diisi pemain-pemain bola handal, seharusnya tidak sulit untuk mendatangkan kiper. Namun yang terjadi adalah sebaliknya. Lini pertahanan di mistar gawang ini semacam mengalami kutukan. Siapapun dia atau seberapa jagonya dia, semua akan hilang begitu saja. Bahkan ada beberapa yang berakhir tragis dengan melakukan bunuh diri, beberapa tahun kemudian setelah keluar dari Barcelona. Kebanyakan dari mereka mengalami cidera dan tidak bisa kembali ke performa semula. Banyak yang untuk tampil di klub lebih rendah pun mereka tidak bisa.

Dahulu Barcelona memiliki  Antoni Ramallets yang sukses mendapatkan gelar Zamora sebanyak 5 kali di musim 1951/51, 55/56, 56/57, 58/59 dan 59/60. Pun Ramallets pernah mengantarkan Barcelona 3 buah tropi dalam semusim sebanyak 2 kali. Penjaga gawang setelah Ramallets yang juga mengkoleksi 5 tropi adalah Victor Valdes dan VV masih bermain sampai sekarang sehingga memiliki kesempatan untuk melampaui Ramallets dan menjadikan dirinya sebagai peraih trofi Zamora terbanyak sepanjang masa. Iker Casillas yang merupakan penjaga gawang timnas Spanyol saja sampai saat ini hanya mampu meraih 1 kali di musim 2007/08. Perlu diketahui, trofi Zamora adalah trofi untuk penjaga gawang dengan jumlah kebobolan paling sedikit dalam 28 pertandingan dan hitungan untuk disebut 1 buah pertandingan adalah bermain minimal 60 menit. Namun ini tidak bisa mentasbihkan bahwa peraih Zamora adalah kiper bagus, karena peran serta lini bertahan turut andil dalam menghalau segala serangan. Jadi, wajar jika Iker Casillas masih menjadi kiper timnas Spanyol meski tidak mendapatkan penghargaan, dibanding VV yang meraih trofi ini 4 kali berturut-turut.

Di musim 1986 hingga 1994, Barcelona memiliki penjaga gawang yang hebat juga, yaitu Andoni  Zubizarreta. Zubi adalah pemain asal Basque yang sebelumnya pernah bermain di Alaves dan Athletic Bilbao. Meski berlabel kiper timnas Spanyol, Zubi pun hanya 1 kali meraih penghargaan Zamora yaitu di tahun 1986/87 ketika baru pertama kali join tim asal Katalan. Zubi masuk dalam tim elite di bawah asuhan Johan Cruyff yang dilabeli The Dream Team. Zubi pernah menyabet gelar Don Balon Award di tahun 1987. Di tahun-tahun keemasan Barcelona bersama Johan Cruyff, Zubi dalam puncak performanya. Tetapi 2 tahun sebelum kepindahannya, Zubi mendapat kritikan keras terhadap performanya yang menurun.

Setelah Zubi pindah ke Valencia di tahun 1994, masalah kemudian bermunculan secara perlahan. Carles Busquets tampil sebagai kiper utama selama 2 tahun dari tahun 1994 sampai 1996. Dalam 2 tahun tersebut Busquets tampil sebanyak 69 kali dengan jumlah kebobolan bagi Barcelona sebanyak 84 gol. Perlu diketahui bahwa kiper cadangan pun turut bermain, jadi jumlah kemasukan itu total dari semua penjaga gawang yang tampil, bukan perorangan. Kiper cadangan musim 1994/95, Jesus Mariano Angoy Gil bermain sebanyak 5 kali dan Julen Lopetegui Argote bermain sebanyak 3 kali. Kiper cadangan musim 1995/96 Angoy bermain sebanyak 4 kali dan Argote bermain sebanyak 2 kali. Selama 2 musim tersebut, Barcelona hanya mampu meraih piala Super Spanyol di tahun 1994 ketika mengalahkan Real Zaragoza. Perlu di catat, di leg kedua di ajang tersebut Barcelona bermain di Camp Nou dan kebobolan sebanyak 5 buah gol, meski Stoickhov dan Begiristain mampu menyumbangkan masing-masing 2 buah gol.

Vitor Baia adalah penjaga gawang selanjutnya yang berasal Portugal dengan label kiper timnas di tahun 1996. Kala itu Baia dibawa dari Fc Porto oleh sir Bobby Robson (RIP) yang turut membawa Jose Mourinho sebagai penterjemah.  Di tahun pertamanya, Baia dengan sir Bobby mampu meraih gelar Super Spanyol, Copa del Rey dan UEFA Winner's Cup atau yang sekarang di sebut European League. Anehnya, dengan raihan seperti itu para cules tidak bangga karena gelar La Liga jatuh ke tangan Real Madrid.
Di musim 1996/97, kiper cadangan pertama adalah ayah dari Sergio Busquets, Carles Busquets yang hanya mampu tampil sebanyak 4 kali. Francesc Xavier Arnau menjadi kiper ketiga yang bermain sebanyak 1 kali dan Julen Lopetegui Argote menjadi kiper cadangan keempat, tanpa pernah tampil di skuad utama di musim tersebut.

Pada awalnya Barcelona berniat mendatangkan penjaga gawang asal Jerman yang bermain di Eintracht Frankfurt, Andreas Kopke. Kopke pada saat itu adalah kiper yang bagus dengan gelar Kiper Terbaik Eropa dan IFFHS Kiper Terbaik Dunia di tahun 1996. Namun usaha untuk mendatangkan Kopke gagal karena Barcelona sudah membuat kesepakatan dengan Vitor Baia yang juga nominator untuk IFHHS Kiper Terbaik Dunia di tahun 1995. Mungkin ada pengaruh dari sir Bobby untuk mendatangkan Baia yang notabene adalah bekas anak asuhnya kala di Fc Porto. Meski begitu, Baia menunjukan kelasnya dan membuat publik Camp Nou lega. Baia dianggap sebagai kiper asing terbaik di La Liga saat itu.

Masalah kemudian menjadi pelik kala sir Bobby Robson yang memang di plot sebagai "pelatih cadangan", sambil menunggu kepindahan pelatih asal Belanda Louis van Gaal, tidak diperpanjang kontraknya yang memang satu tahun. Kala itu Nunez memang menginginkan adanya pelatih asal Belanda karena sebelumnya telah memecat Johan Cruyff dengan alasan pribadi. Nunez berfikir bahwa semua pelatih Belanda akan sukses di Barcelona. Well, van Gaal banyak disebut oleh cules sebagai pelatih "gagal".
Ketika itu, Baia memiliki masalah pribadi dengan Van Gaal yang membuatnya mesti menjadi kiper kedua dibawah Ruud Hesp. Baia hanya tampil 2 kali di musim 1997/98. Carles Busquets menjadi kiper ketiga. Pun ketika itu Baia dirudung cidera.
Hesp ketika itu tampil sebanyak 36 kali dari jumlah total 38 pertandingan. Penampilan Hesp bisa dibilang cemerlang. Mempersembahkan 2 buah gelar La Liga, 1 Copa del Rey dan 1 buah gelar Piala Super Eropa.
Di musim 1998/99, Hesp masih menjadi penjaga gawang tim inti dengan nomer punggung 13. Sedangkan Baia yang memegang nomer punggung 1, menjadi cadangan keempat karena cidera, setelah kiper lulusan La Masia, Arnau dan Carles Busquets.
Musim berikutnya, Baia dijual kembali ke Fc Porto dan Carles Busquets bermain ke tim kecil bernama UE Lleida sebelum akhirnya pensiun di tahun 2003.

Awal milenium adalah awal dari keterpurukan Barcelona. Dari sisi politis, Josep Lluis Nunez mengundurkan diri setelah hampir 22 tahun menjabat sebagai presiden. Waktu itu tekanan dari fans sangat tinggi terhadap Nunez. Meski Nunez membawa Barcelona ke tingkat yang lebih tinggi, namun banyak yang kecewa dengan cara Nunez menggaji pemain. Bisa di bilang, Nunez agak pelit untuk menggaji lebih tinggi pemain yang bagus. Ronaldo, Figo, Maradona, Schuster ataupun Stoickhov, "kabur" karena merasa tidak dihargai.
Ketika sang wakil Joan Gaspart menjabat menjadi presiden, things gone from bad to worst. The dark ages of Barcelona has begun. Mungkin maksud dari Gaspart adalah memberi kesempatan pemain La Masia untuk bermain di tim utama agar berkembang. Bisa juga agar bisa menekan pengeluaran dari segi gaji dan transfer. Pemain-pemain seperti Xavi dan Puyol yang tahun sebelumnya menjadi rookie, mendapat tempat di tim utama. Pepe Riena pun menjadi kiper yang memiliki 26 kali kesempatan bermain di semua ajang. Sedangkan kiper kedua asal Prancis, Richard Philippe Dutruel mendapatkan jatah 21 kali kesempatan. Arnau hanya diberi 8 kali bermain di semua ajang saat itu. Kala itu Reina menjadi kiper ketiga, namun Dutruel dan Arnau lebih sering cidera. Makanya di tahun tersebut Reina memperoleh caps yang banyak. Namun ketika Sang pelatih Llorenc Serra Ferrer dipecat, Reina kurang mendapat tempat di tim utama oleh Carles Rexach. Sama seperti musim 99/00, di musim tersebut Barcelona tidak memenangkan tropi apapun. Hanya mampu finish di posisi 4 dan di Liga Champion Barca tidak mampu melalui penyisihan grup. Di UEFA Cup Barcelona hampir saja kalah oleh tim asal Spanyol lainnya, Celta Vigo, namun unggul oleh gol tandang. Di semifinal, Barca kalah oleh Liverpool di Anfield 1-0 dan 0-0 di Camp Nou. Benar-benar mengecewakan!

Musim 2001/02, Carles Rexach mendatangkan kiper asal Argentina, Roberto Bonano dan membuang Arnau ke Malaga. Bonano mendapatkan caps sebanyak 42 kali di musim tersebut. Pepe Reina yang masih berusia 19 tahun mampu mendapatkan 15 caps. Sedangkan Dutruel tidak pernah bermain di musim itu. Di musim ini pun Barcelona hanya mampu finish di posisi 4 klasemen akhir La Liga. Di Liga Champion, Barca hanya mampu sampai ke semifinal karena kalah oleh Real Madrid dengan agregat 3-1.

Untuk musim 2002/03, Gaspart kembali memberi kesempatan kepada meneer van Gaal. Hasilnya? Mengecewakan. Van Gaal memang terkenal dengan kekeras-kepalaan dan otoriter. Dia membuat para pemain stress. Di musim ini Barcelona sampai 3 kali berganti pelatih. Louis van Gaal, De la Cruz yang hanya melatih selama 1 pertandingan dan pelatih asal Krosia, Radomir Antic. Bonano masih dipertahankan di musim ini, dan mendapat 32 caps untuk semua ajang. Pepe Reina di jual ke Villareal. Penjaga gawang asal Jerman, Robert Enke bergabung dengan tim Barca kali ini, tapi hanya mendapat 3 caps untuk semua ajang. Di tahun ini sahabat Pepe Reina, yaitu Victor Valdes mendapat kesempatan tampil di tim utama dengan 20 caps untuk semua ajang. Meski pada awalnya hanya menjadi kiper kedua dibawah Bonano, namun Radomir Antic lebih mempercayai VV di mistar gawang daripada Bonano dan Enke yang notabene kiper timnas negaranya masing-masing. Suatu kesempatan berharga bagi pemuda berusia 20 tahun dan membenci menjadi penjaga gawang. Enke memutuskan untuk mengakhiri hidupnya di tanggal 10 November 2009 dengan cara menabrakan diri ke kereta. Enke menderita stress selama 6 tahun terakhir karena kehilangan putrinya, Lara.
Barcelona finish di posisi 6 klasemen akhir dan di Liga Champion hanya sanggup meraih perempat final.
Di musim 2002/03 pun terjadi pergerakan politik di manajemen Barcelona. Para fans sudah muak dengan Gaspart. Meski Gaspart mencoba "membeli" para Boixos Nois agar tetap menjadi presiden, namun manusia waras pun tahu bahwa kepemimpinan Gaspart sangat buruk. Tidak pernah memenangkan satu buah tropi apapun dari tahun 99 dan kalah (baca: IRI) dari Real Madrid yang dalam masa keemasan El Galacticos. Akhirnya di bulan Februari Gaspart mengundurkan diri dan di ganti oleh sang wakil, Enric Reyna. Another bone-head on the board. Nice!

Di bulan 6 Mei 2003, Reyna mundur dari kepresidenan karena akan menghadapi pemilihan presiden baru. Meski akan mundur, Reyna mencoba mendatangkan beberapa pemain baru, tapi tentu saja usaha tersebut gagal. Di bulan Juni Joan Laporta memenangi pemilihan presiden, meski pada awal pemilihan Laporta tidak populer, namun hal itu meningkat dengan janji akan mendatangkan superstar David Beckam ke Camp Nou.
Setelah Laporta menduduki kursi kepresidenan, ternyata Becs menolak tawaran Barcelona. Takut kehilangan muka, maka Laporta mendatangkan seorang pemain yang kurang begitu terkenal saat itu dan tidak poser dibanding Becs yang bermain di liga Prancis, Ronaldinho.

Musim pertama Laporta sangatlah berat. Selain mesti membangun kepercayaan diri para pemain dan fans, pun mengemban jutaan harapan dari fans agar bisa lebih baik dari Real Madrid. Laporta masih mempertahankan VV di skuad meski hanya bermain sebagai cadangan pada awalnya. Saat itu Barca kedatangan pemain asal Turki yang bermain gemilang di EURO dengan status free transfer, Rustu Recber. Pada awalnya sih berjalan sempurna. Namun Rustu cidera ketika akan memulai liga, dan Rijkaard memilih VV sebagai kiper utama karena alasan cideranya Rustu dan kekurang-fasihan Rustu dalam bertutur kata bahasa Spanyol. Alasan terakhir membuatnya marah dan musim berikutnya Rustu dipinjamkan ke Fenerbache, tidak lama kemudian dibeli Fenerbache.

Di musim 2003/04 Barca tidak mendapat piala apapun. Hanya mampu finish di posisi 2 klasemen akhir dibawah Valencia yang di gawangi Canizares dan di arsiteki Rafa Benitez. DI UEFA Cup Barca hanya mampu sampai 16 besar sebelum akhirnya kalah dari tim asal Skotlandia, Celtic 1-0. Kala itu Rijkaard memutuskan mundur dari Barcelona karena hasil yang mengecewakan. Rijkaard faham bahwa saat itu ekspektasi fans sangat tinggi. Namun keinginan tersebut di tolak mentah-mentah oleh Laporta yang mempunyai penasihat pribadi, Johan Cruyff. Frank Rijkaard adalah bekas anak asuh Johan Cruyff ketika masih berseragam Ajax. Menurut saya Cruyff sangat yakin bahwa strategi Rijkaard sudah benar hanya tinggal beradaptasi para pemain. Pemilihan Rijkaard menurut saya tidak jauh dari "bisikan" Cruyff.
Keputusan mempertahankan Rijkaard pun karena Rijkaard bisa mengalahkan Real Madrid 1-2 di Bernabeu di bulan April tanggal 25! Meski di Camp Nou kalah 1-2 dari Madrid di bulan Desember. Kekalahan dari Madrid ini lah yang membuat Rijkaard sempat berfikir untuk mundur.
Bonano di musim tersebut tidak mendapat caps. Youngster dari La Masia lainnya Albert Jorquera tampil di 2 buah pertandingan liga. Rustu, yah begitu deh, hanya menjadi pelapis VV.

Musim 2004/05 semakin mengukuhkan VV sebagai penjaga gawang tim utama. Jorquera hanya menjadi pelapis dan mendapat 2 buah caps. Kiper ketiga pun berasal dari La Masia, Ruben yang mendapat 2 caps. Dari tahun 2004/05 sampai sekarang VV masih menjadi pilihan utama kiper. Meski Barca berganti pelatih menjadi Pep, VV tidak tergoyahkan di nomer 1. Banyak fans yang meragukan VV sampai hari ini. Kesalahan yang sering dibuat VV adalah blunder. Namun raihan Zamora sebanyak 5 kali bukan tanpa alasan. Untuk para fans yang meragukan VV, harap ingat zaman-zaman Barcelona di era Gaspart dahulu. Bagaimana Barcelona kesulitan untuk menang dan tidak memiliki kiper yang stabil. Jika kalian ingat saat-saat itu, saya yakin kalian akan bersyukur telah melalui saat-saat gelap Barca atau berterima kasih karena tidak mengenal Barca ketika itu. Jika merujuk ke timnas, sangat wajar. Meski Real tidak juara atau pun kebobolan banyak, namun Iker adalah kiper yang lebih baik dibanding VV. Lebih dari itu, Iker adalah kapten timnas yang bertugas menterjemahkan strategi pelatih dan mengorganisir permainan.




FIDELITAS BLAUGRANA SENSE LIMITS




Sumber: Wiki & Barca Forum.




sumber:

32 komentar:

  1. secara teori VV memang bukan tipe kipper yg sempurna tapi Barca memang bukan membutuhkan kipper yg hanya bisa menjaga gawang dri kebobolan, VV telah menjalankan tugasnya dgn baik. tim yg memiliki serangan seperti Barca udh wajar jika sering kebobolan karena open play. mungkin next time La Masia perlu memikirkan cara melahirkan kipper yang bener2 mengerti ttg filosofi Barca tpi yg penting kipper tidak boleh panik dan harus paham bahwa dia adalah pintu terakhir pertahanan jadi secara mental harus lebih siap. Visca Barca

    BalasHapus
  2. VV bukannya panik. Tp dia memang sweeper keeper. Tugas dia adalah maju kedepan untuk one-on-one duel. hahaha

    BalasHapus
  3. satu2nya kiper mumpuni yanG pernah bermain di BarCa hanyaLah Ruud hesp,penempatannya sanGat tepat waLo reaksinya kuranG siGap akan ttp diaLah kiper asinG yanG mendapatkan tempat di hati para fans barCa

    BalasHapus
  4. Valdes kiper terbaik utk barca. Semua orang bilang alasan Valdes meraih Zamora adalah karena pertahanan Barca solid padahal bukan hal yg mudah jd kiper Barca karena Barca sering bermain dengan defensive line yg tinggi yg itu berarti lawan sering sekali tinggal berhadapan dengan kiper jika lolos jebakan offside. Beda dengan Casillas yg cenderung lebih terlindungi karena bek Madrid bermain lebih kedalam. Bahkan salah satu pelatih kiper Spanyol dulu pernah bilang bahwa dalam hal one and one dan footwork Valdes kiper yg lebih baik dari Casillas.

    BalasHapus
  5. Valdes itu kiper legendaris Barca.. lebih hebat dari Zubi sekalipun..

    BalasHapus
  6. PROMO NEW MEMBER 20%

    Perutusan Bandar Taruhan Judi Bola Sbobet Online Terpercaya dan paling baik yg menyediakan jasa layanan buat permulaan akun permainan judi atau taruhan online pada kamu di perizinan judi online yg berperingkat International, benar dan terpercaya hanya di ZeusBola.

    Yang Merupakan Perizinan Bola Sbobet Indonesia Terpercaya, ZeusBola sudah berkerja sama dengan perusahaan Sbobet beroperasi di Asia yg dilisensikan oleh First Cagayan Leisure & Resort Corporation, Manila-Filipina dan di Eropa dilisensikan oleh sang presiden Isle of Man terhadap beroperasi sebagai juru taruhan olahraga sedunia.

    https://agenzeus.net/panduan-cara-bermain-permainan-kartu-capsa-susun-dilive-casino/
    https://agenzeus.net/tips-dan-cara-agar-mahir-di-permainan-suwit-live-casino/
    https://agenzeus.net/panduan-cara-bermain-permainan-casino-fantan-di-oriental/

    Ayo daftar sekarang di AgenZeus.net

    BalasHapus
  7. BONUS 10% SETIAP HARI

    Perutusan Bandar Taruhan Judi Bola Sbobet Online Terpercaya dan terbaik yg menyediakan jasa pelayanan bagi pembukaan akun permainan judi atau taruhan online buat kamu di perutusan judi online yang berderajat International, jadi dan terpercaya hanya di judi bola.

    Sbg Perwakilan Bola Sbobet Indonesia Terpercaya, ZeusBola sudah berkerja sama bersama perusahaan Sbobet beroperasi di Asia yang dilisensikan oleh First Cagayan Leisure & Resort Corporation, Manila-Filipina dan di Eropa dilisensikan oleh pemimpin Isle of Man guna beroperasi juga sebagai juru taruhan olahraga sedunia.

    sabung ayam s1288

    Ayo daftar sekarang di zeusbola.biz

    BalasHapus
  8. Mari bergabung bersama kami S128Cash Agen Sabung Ayam OnlineTerbaik dan Teraman !!
    Kami siap memberi pelayanan terbaik 24 jam 7 hari, melalui Customer Service yang Baik, Ramah dan Profesional.
    Disini juga menjadi salah satu Agen TerFOVORITE untuk pada Bettor Indonesia, karena disini Anda bisa menjadi seorang JUTAWAN dan ini sudah TERBUKTI !!

    Segera daftarkan diri Anda dan untuk info lebih lanjut bisa hubungi kami melalui :
    - Livechat : S128Cash
    - WhatsApp : 081910053031

    Link Alternatif :
    - http://www.s128cash.org

    Ayam Sabung

    S128

    BalasHapus
  9. ayo bergabung dengan Bolavita sabung ayam s128 banyak bonus2 paling menarik
    dan tanpa ribet syarat cuma depo dan langsung di berikan
    Proses depo wd secepat kilat buktikan sendiri ^^

    info lebih lanjut:

    WA: +628122222995

    BalasHapus
  10. Mainkan Sabung Ayam S128 dan SV388 Dengan Kualitas Terbaik bersama Winning303..
    Kemenangan 100% di Pasti di Bayar!!

    Dapatkan CashBack Kekalahan Dari Winning303 Mingguan...

    Ayo Segera Daftar Akun Bermain Anda..Gratiss..

    Hubungi Segera:
    WA: 087785425244

    BalasHapus
  11. Deposit judi online sudah menjadi sebuah hal yang wajib dilakukan oleh para pemain di kala ingin menikmati permainan judi. Semua pemain selalu melakukan pengiriman dana terlebih dahulu untuk dapat menikmati berbagai permainan yang tersedia di situs judi online.

    Judi Deposit Pulsa Termurah 5000
    Judi Deposit Pulsa Smartfren
    167.71.214.170
    Texas Poker
    Judi Poker
    Sakong Online

    Kontak Pokervita
    http://167.71.214.170/
    Livechat Pokervita
    WA: 08122222996
    Wechat: pokervitaofficial
    Line: vitapoker

    BalasHapus
  12. Mau Promo Sv388 yang WOW???
    Klik >>>>>>> Promo Sv388

    Regis akun Sv388 Gratis
    Klik >>>>>>> Regis Sv388

    Hubungi Segera:
    WA: 087785425244
    Cs 24 Jam Online

    BalasHapus
  13. BISA DEPOSIT VIA PULSA XL

    DewaZeus adalah partner dari situs ZeusBola, yang merupakan master bandar master agen taruhan judi bola, Casino, Poker, taruhan sabung ayam online S128, CF88 DewaPoker, Live Casino Agen Resmi Lisensi Filipina Paling Terpercaya di Indonesia, hanya di zeusbola.

    Juga Sebagai Duta Bola Sbobet Indonesia Terpercaya, ZeusBola telah berkerja sama dgn perseroan Sbobet beroperasi di Asia yang dilisensikan oleh First Cagayan Leisure & Resort Corporation, Manila-Filipina dan di Eropa dilisensikan oleh pemimpin Isle of Man untuk beroperasi sbg juru taruhan sport sedunia.

    https://dewazeus.site/tips-penting-memilih-agen-poker-online-deposit-via-pulsa-terpercaya/
    https://dewazeus.site/situs-poker-online-deposit-via-pulsa-termurah-hanya-25rb/
    link zeusbola

    Ayo daftar sekarang di dewazeus.site

    BalasHapus
  14. Mau Bonus Angpao di hari Imlek 2020???
    Yuk bergabung dengan kami di Winning303
    dapatkan Bonus Angpao Langgsung buat anda

    Untuk Info
    Hubungi Kami di :
    WA: +6287785425244

    BalasHapus
  15. ID303.WEBSITE - MELAYANI JASA PEMBUATAN AKUN BERMAIN JUDI ONLINE

    1. SPORTBOOKS (SBO,IBC)
    2. LIVECASINO (GD88, CBO, WM)
    3. TEMBAK IKAN
    4. SLOT
    5. TOGEL (KLIK4D, HOREY4D)
    5. POKER ONLINE (FIFAPOKER)
    6. SABUNG AYAM (S128, CLUB88)


    Deposit Pulsa Slot Online
    Slot Machine Indonesia
    ID303
    Situs Poker Online Uang Asli
    Situs Judi Online Uang Asli
    Link Alternatif Fifapoker
    FifaPoker Agen Judi Poker Pulsa Terbaik dan Terpercaya
    BONUS WIN7X BEBAS ARENA ID303
    BONUS WIN7X BEBAS ARENA ID303
    BONUS WIN7X BEBAS ARENA ID303

    BalasHapus
  16. MUSEUMAYAM Adalah Situs Judi Online Taruhan Sabung Ayam, Sepak Bola, Casino, Togel & Poker Terpopuler di Indonesia

    Untuk daftar bisa langsung ke:
    WhatsApp : WA : +6282267932581

    BalasHapus
  17. Dapatkan keseruan dengan deposit minimal 10ribu di Donaco Poker...Menangkan bonus jackpot hingga puluhan juta rupiah tanpa ribet...

    Ikuti Promo Menarik Setiap Bulannya dari Donaco Poker...Dapatkan Bonus Chip Setiap Hari....

    Dapatkan Juga Bonus Dari Donaco Poker...
    - Bonus Deposit 15% New Member Weekend.
    - Bonus Deposit 10% Next Deposit Weekend.
    - BONUS DEPOSIT HARIAN 5%
    - BONUS ROLLINGAN MINGGUAN 0.5%
    - BONUS KEJUTAN LAINNYA

    Hubungi Kami Secepatnya Di :
    WHATSAPP : +6281333555662

    BalasHapus
  18. Gabut Saat PSBB? Cari Hiburan Menarik dan Menghasilkan Keuntungan Besar Dengan Modal Minimal? Yuk Gabung Bersama MuseumAyam Agen Judi Online Sabung Ayam Terpercaya Di Indonesia. Nikmati Permainan Judi Sabung Ayam Yang Sudah Ternama Menerima Layanan Sabung Ayam Deposit Via Pulsa.

    Menyediakan Berbagai Game Menarik Lainnya, Seperti :
    ==> SABUNG AYAM [ S128 - CLUB388 ]
    ==> SPORTSBOOK [ SBOBET - MAXBET ]
    ==> KASINO [ SEXY - SBOBET - GD88 - CBO855 - WM ]
    ==> SLOT [ PRAGMATIC - SPADEGAMING - HABANERO - JDB SLOT - JOKER123 ]
    ==> POKER [ POKER - DOMINO QQ - CEME ]
    ==> TOGEL [ SGP - HONGKONG - SYDNEY - MACAU ]
    ==> BOLA TANGKAS [ TANGKASNET - 88TANGKAS ]
    ==> TEMBAK IKAN [ JOKER123 ]

    Menyediakan berbagai layahnan deposit terlengkap
    * Semua Bank Lokal Indonesia
    * Pulsa Tanpa Potongan
    * OVO
    * Gopay
    * Dana
    * Linkaja

    PROMO TARUHAN SABUNG AYAM TERBARU !
    * BONUS 10% KHUSUS MEMBER BARU SABUNG AYAM ONLINE
    * BONUS WIN BERUNTUN SABUNG AYAM ONLINE ( S128, SV388 )
    * BONUS 7x LOSE BERUNTUN SABUNG AYAM ONLINE ( S128, SV388 )
    * BONUS 5% DEPOSIT SETIAP HARI SABUNG AYAM ONLINE
    * BONUS CASHBACK SABUNG AYAM ONLINE UP TO 10%
    * BONUS REFERAL PERMAINAN SABUNG AYAM ONLINE 5%

    Museumtoto IDNLive
    Museumbola Slot Pulsa
    Sabung Ayam club388
    Museum Ayam
    Mencampurkan Susu Bubuk Untuk Ayam Bangkok Petarung

    Contact Resmi Museumpoker ==> https://linktr.ee/museumbola
    WA : +6282267932581
    LINE : museumpoker
    Telegram : +628226793258

    BalasHapus
  19. Pernahkah merasa tertipu oleh agen yang sangat anda percayai?? yang menawarkan berbagai bonus dan kata-kata manis?? dan akhir yang anda dapatkan adalah kecewa??
    Saatnya Tinggalkan itu semua.. Kami hadir untuk mengembalikan semangat bermain anda..dapatkan pelayanan memuaskan yang nyaman dan tidak ribet..
    Dapatkan Proses Transaksi Deposit & Withdraw Yang Cepat dan Tidak Ribet..Bonus yang PASTI..
    Kami Tidak Takut Anda Menang...Kami Segan Jika Anda Kecewa...

    Winning303 Agen betting online yang sudah berpengalaman dan profesional..Hadirkan Permainan Lengkap dan Pelayanan Ramah serta Profesional yang membuat anda tidak akan berpaling lagi..

    Cukup 1 ID saja dan tidak perlu ribet ganti user id untuk bermain:
    -Sports
    -Poker
    -Live Casino
    -Slots
    -Lotere/Togel
    -Sabung Ayam'

    Winning 303 Banjir Hadiah Yukz gabung bersama kami dan Dapatkan Langsung

    Bonus New Member Slot 15%
    Bonus New Member Poker 10%
    Bonus New Member Sabung Ayam 10%
    Bonus New Member Sportsbook & Live Casino 20%
    Bonus Deposit 10% Setiap Hari
    Bonus Deposit 10% Slot Setiap Hari
    Bonus Deposit Sabung Ayam 5%
    Bonus Cashback 5-10%
    Bonus 100% 7x Kemenangan Beruntun Sabung Ayam
    Diskon Togel Hingga 65%
    Bonus Rollingan Slot 1%
    Bonus Rollingan Poker dan Live Casino 0.5%

    Yang Lain Sudah Bergabung...Sekarang Giliran Anda....

    Customer Service 24 Jam
    Hubungi Kami di :
    WA: +6287785425244

    BalasHapus
  20. BANDAR JUDI SLOT PALING LENGKAP DENGAN 1 USERID BISA MEMAINKAN SEMUA PERMAINAN
    WELCOME BONUS UNTUK PERMAINAN SLOT 50% MAKSIMAL 1.000.000 IDR
    DEPOSIT BANK LOCAL :
    BCA - MANDIRI - BNI - BRI - DANAMON - JENIUS BTPN DLL

    DEPOSIT E-CASH :
    OVO - DANA - LINKAJA - GOPAY - SAKUKU - DOKU

    DEPOSIT PULSA (DEPOSIT NON RATE/ALIAS TANPA POTONGAN)
    -> TELKOMSEL
    -> XL / AXIS

    Demo SLOT
    Slot 888 Dragon
    Slot Joker Jewel
    Slot Aztec Gem

    LINK AKSES :
    Agen Togel Online
    Museumbola Slot Pulsa
    Link Alternatif museumbola

    BalasHapus
  21. Agen Judi Slot Online Deposit Pulsa 10rb Tanpa Potongan - Situs Bandar Judi Online Terlengkap, Teraman & Terpercaya 2020
    Menerima Deposit Pulsa Tanpa Potongan, Ovo, Gopay, Dana, Linkaja, Jenius & All Bank Indonesia

    Nikmati Seluruh Kemudahan Bertransaksi Bersama Zeusbola

    JUDI ONLINE DEPOSIT VIA PULSA TANPA POTONGAN DI ZEUSBOLA

    Minimal Deposit Pulsa : Rp.10.000,-
    Minimal Deposit Bank & E-Money : Rp.25.000,-

    Zeusbola Menyediakan 1 Akun Untuk Seluruh Taruhan Yang Tersedia Seperti : TARUHAN BOLA SBOBET UBOBET CMD | LIVE CASINO | SLOT PULSA | IDNPOKER | IDNLIVE

    == DAFTAR DISINI ==

    Hubungi Kami Melalui :

    CS Whatsapp I : (+62) 822 7710 4607
    CS Whatsapp II: (+62) 831 7602 1706
    Telegram : (+62) 813 3355 5996 ( @zeusbola )
    Line : zeusbola

    Situs Judi Bola SBOBET Deposit Pulsa Tanpa Potongan Zeusbola

    BalasHapus
  22. ZeusBola - Agen Sabung Ayam Deposit Pulsa
    Menerima Deposit via E-money dan Pulsa Tanpa Potongan
    (OVO, DANA, LINKAJA, GOPAY dan JENIUS)
    Dapatkan Bonus 7x Win Beruntun Hingga 5jt
    Pendaftaran : http://zeusbola1.com

    Info Lebih Lanjut Bisa Hub kami Di :
    Whatsapp : 0822 7710 4607

    Daftar S128 Menggunakan Bank BTPN Jenius

    BalasHapus
  23. Bandar Togel Terpercaya
    SITUS TOGEL TERBAIK
    AGEN TOGEL TERBAIK 2021
    Bandar Togel Indonesia
    Situs Agen Togel Terbaik
    SITUS TOGEL DEPOSIT PULSA

    BANDAR TOGEL PROMO FREE ANGPAO

    MBO128 sebagai situs togel online terbaik akan memfasilitasi anda untuk bermain dan daftar togel online.

    Minimal DEPOSIT Rp.25.000
    Minimal TARIK DANA Rp.50.000

    Untuk pendaftaran bisa langsung Klik link berikut :
    https://mbo128.com/register

    KONTAK : WhastApp: 0852-2255-5128

    Transaksi bisa dilakukan melalui Via :

    • PULSA ( Telkomsel , XL – Axis ) Bisa isi dari Counter / Transfer Pulsa / Alfamart dan Indomaret TANPA POTONGAN PULSA

    • BANK ( BCA, Mandiri, BNI, BRI, Danamon, Permata,Semua Bank Nasional dan Daerah )

    • E-Money ( OVO, Dana, LinkAja, PayPro, GoPay)

    BalasHapus
  24. Museumpoker situs IDN Poker terbaik Indonesia deposit termurah hadir memberikan layanan taruhan permainan online hingga 9 jenis permainan. Rating kemenangan tertinggi tanpa adanya robot serta admin.

    9 Permainan Dalam 1 Akun
    * Poker
    * DominoQQ
    * Bandar Ceme
    * Ceme Keliling
    * Capsa Susun
    * Super10
    * Omaha
    * Blackjack
    * Superbull

    Promo Terbaru MuseumPoker
    - Bonus Deposit Harian
    - Deposit Via Pulsa Telkomsel & XL / Axis
    - Bonus Deposit New Member 20%
    - Bonus Mingguan 0.5%
    - Bonus Jackpot

    Daftar Poker Online

    Kontak Resmi
    WA : +6282267932581
    LINE : museumpoker
    Telegram : +6282267932581

    Situs Judi DominoQQ Terbaik Dengan Deposit Pulsa Telkomsel

    Judi Domino99 Pulsa Di Agen Poker Online Terpercaya 2021

    BalasHapus
  25. Kami hadir untuk kalian semua yang ingin bermain game online 1 USER ID bisa bermain di banyak game yang kami sediakan dan juga sangat mudah di akses, dan tidak perlu untuk memindahkan coin jika mau bermain di game lainnya

    BalasHapus
  26. Kami hadir untuk kalian semua yang ingin bermain game online 1 USER ID bisa bermain di banyak game yang kami sediakan dan juga sangat mudah di akses, dan tidak perlu untuk memindahkan coin jika mau bermain di game lainnya

    wa : 081377055002

    BalasHapus
  27. BONUS SETIAP HARI DARI DONACO POKER 2021

    Donacopoker adalah agen poker online Indonesia resmi yang melayani para pemain dari seluruh Indonesia untuk mendaftarkan diri dan bermain game kartu online yang unik. Untuk memberikan kenyamanan bagi pemain setia, Donacopoker hadir dan berikan bonus-bonus terbaik setiap harinya untuk semua game yang tersedia di Poker Online.

    Keuntungan Jika bermain di website
    - Proses Deposit dan withdraw maksimal 3 menit
    - 100% No admin dan No robot
    - Player vs Player
    - Fair Play

    Jalur Cepat:
    WHATSAPP : +6281333555662
    LINE : Donaco.poker
    CHAT SEKARANG

    Salam Kemenangan Untuk Anda.
    Terima Kasih.

    #DONACOPOKER #POKERIDN #POKERONLINE #BANDARCEME #CEME #DOMINO #SUPERTEN #CAPSA #OMAHA #BONUSPOKER #POKERTERPECAYA #DEPOSITPULSA

    BalasHapus
  28. SITUS JUDI SABUNG AYAM ONLINE TERPERCAYA INDONESIA 2021

    CLUB388CASH adalah situs sabung ayam online terpercaya 2021 yang sudah sangat diminati oleh seluruh masyarakat Indonesia.

    Menerima Deposit Via Pulsa Tanpa POTONGAN!

    Dengan jumlah deposit yang terjangkau sudah bisa memainkan semua permainan yang tersedia.
    Minimal Deposit Rp.10.000,-
    Minimal Withdraw Rp.50.000.-

    Yuk Buruan Join Sekarang Bersama Kami Di CLUB388CASH Situs Judi Slot Online Indonesia Terpercaya 2021
    Banyak Permainan yang Mudah Mendapatkan JACKPOT!

    Join bersama kami sekarang juga di CLUB388CASH
    Bonus New Member 10%
    Bonus Harian 5%

    Untuk pendaftaran bisa langsung Klik link berikut :
    DAFTAR JUDI SLOT ONLINE

    KONTAK :
    WhastApp: 0819-1005-3031

    Judi Slot Online Club388
    Deposit Pulsa Tanpa Potongan
    Poker Online
    Situs Poker Online
    Situs Poker Deposit Pulsa

    BalasHapus
  29. AGEN TOGEL DEPOSIT VIA PULSA TERPERCAYA

    ===> Museumtoto

    ===> togel online

    ===> togel online pulsa

    ===> Slot Pulsa Tanpa Potongan

    Dapatkan Promo-promo Spesial Setiap Bulannya di MuseumToto
    Nikmati Kemudahan Deposit Museum Toto dengan PULSA dan OVOpay yang kami sediakan..
    Nikmati juga banyak Bonus Lainnya Yang Kami Sediakan..

    Dapatkan Deposit dengan rate potongan terendah untuk Telkomsel, AXIS dan XL...

    ===> Bonus Deposit 20% New Member
    ===> Bonus Deposit 5% Setiap Hari
    ===> Bonus Cashback 5% - 10%
    ===> Extra Bonus Prize 2 & Prize 3

    Menerima Berbagai Metode Transaksi Terlengkap di Indonesia Minimal Deposit 10rb
    Semua Bank Lokal
    OVO
    Gopay
    Dana
    Pulsa (Minimal Deposit 10rb Rate Terbaik)

    Untuk Togel Kami Menyediakan 7 Pasaran

    Hubungi Kami Secepatnya Di :
    WHATSAPP : 083157394921

    ===> LINK ALTERNATIF MUSEUMTOTO
    ===> LINK ALTERNATIF MUSEUMBOLA
    ===> LINK ALTERNATIF MUSEUMPOKER
    ===> LINK ALTERNATIF MUSEUMAYAM
    ===> CLUB388
    ===> SV388

    BalasHapus
  30. CARI SITUS JUDI ONLINE PENYEDIA LAYANAN TERBAIK DAN GAMES TERLENGKAP ??

    DAFTAR JUDI ONLINE ZEUSBOLA SEKARANG JUGA , Hanya Dengan 1 Userid/Akun Sudah dapat mengakses Seluruh Permainan Yang tersedia.

    WIN RATE KEMENANGAN SUPER TINGGI , BANYAK PROMO BONUS MENANTI KEHADIRAN ANDA DI ZEUSBOLA

    ZEUS BOLA POKER DEPOSIT PULSA TANPA POTONGAN RATE OVO, GOPAY, DANA, LINKAJA, BTPN JENIUS

    Hayukk DAFTAR SLOT DEPOSIT PULSA TANPA POTONGAN Sekarang
    Untuk mendapatkan Penghasilan Sampingan JUTAAN RUPIAH Hanya Dengan Dirumah Saja.

    DAFTAR ZEUSBOLA POKER ONLINE DEPOSIT PULSA TANPA POTONGAN RATE 100%

    UNTUK LEBIH LANJUT SILAHKAN HUBUNGI KAMI DI :
    WHATSAPP :+62 822-7710-4607
    TELEGRAM :Zeusbola
    LINE : zeusbola
    INSTAGRAM :zeusbola.official

    BalasHapus
  31. Result Togel

    Winning303

    PENAWARAN PROMOSI:
    Promo Deposit Pulsa Tanpa Potongan Via TELKOMSEL / XL / AXIS

    Daftar Slot Online Deposit Bank Syariah Indonesia - Winning303

    Winning303 Situs Judi Online Deposit Bank BPD Terpercaya 2022

    Ayo Langsung bergabung dengan kami...
    Customer Service 24 Jam
    Hubungi Kami di :
    Website : http://165.227.54.5/register?ref=192425
    WA:+6287785425244

    Anda Kecewa Beritahu Kami, Anda Puas Beritahu Teman

    BalasHapus