CARLES PUYOL EL CAPITA!!

Kesetiaan sangat bernilai tinggi. Siapapun kamu, jika bisa setia, maka semua orang akan menaruh simpati. Di dunia sepakbola, sangat jarang pemain yang setia terhadap 1 klub. Rata-rata pemain yang setia seperti akan menjadi legenda di klub tersebut dan akan di akui kehebatannya oleh siapapun. Rasa hormat akan di sanjungkan oleh tim lawan. Contoh: Andrea Pirlo, Ryan Giggs, Scholes. Di Barcelona sendiri, sejauh ini ada beberapa pemain yang sangat total dan setia terhadap klub. Xavi Hernandez dan Carles Puyol adalah contoh nyata. Mungkin Messi, Iniesta dan pemain lainnya belum dianggap setia karena jalan karir mereka masih panjang.


Kali ini saya akan membahas mengenai pemain berkarakter tegas, Carles Puyol i Saforcada. Tidak banyak yang bisa di ceritakan dari sisi kontroversial, karena pria yang menyukai masakan Jepang ini memang orang bertipe penyendiri, tidak banyak tingkah dan pekerja keras. Sangat berbanding terbalik dengan karakter Puyi di lapangan yang selalu berteriak menyemangati tim dan tegas dalam menghalau semua serangan. Sifat pendiam dan penyendiri ini sepertinya memang sangat kental di tubuh Barca sendiri. Entah..

Carles Puyol Kala Kecil
Puyol lahir dan besar di La Pobla de Segur, Lleida, Katalan. Sebuah kota kecil yang tidak begitu makmur. Terakhir kali kota itu mendapat pemasukan yang cukup berarti adalah ketika Jenderal Franco menitahkan pembuatan tempat penyimpanan air dari gunung. Namun jangan salah, setiap anak kecil di kota tersebut, sama seperti kota-kota lainnya di daerah Katalan, sangat mengidolakan Fc Barcelona dan bermimpi bisa bermain di klub tersebut. Puyi adalah salah satu dari ratusan atau mungkin ribuan anak kecil tersebut yang bisa mewujudkan impiannya dengan bermodalkan kerja keras.

Pada awalnya Puyol bermain sebagai kiper. Namun cidera di bahu membuat dirinya harus bermain di posisi lain jika masih ingin bermain sepakbola. Puyol pun sempat bermain sebagai striker. Mungkin itu sebabnya Puyol masih bisa mencetak gol dari tendangan penjuru, meski dia bermain sebagai pemain bertahan. :D Padahal orang tua Puyol sempat menasehati agar melepas impiannya sebagai pemain sepakbola dan konsentrasi ke sekolah.
Pada usia 16 tahun, Puyol melakukan ujian untuk bisa masuk Fc Barcelona dan akhirnya berhasil!

Carles Puyol dengan Isaac Cuenca Cilik
Pemain yang sampai sekarang masih heran jika ada cules memakai jersey dengan nama dirinya ini, pada awalnya masuk ke tim Barca C, namun tidak banyak data yang saya peroleh di divisi tercera. Namun pada musim 97/98 Puyol masuk Barca B, yang pada akhirnya terdegradasi ke divisi 3 atau divisi Tercera bersama tim Madrid B/Castilla. Di musim itu, Puyol hanya melakukan 1 kali pertandingan melawan Villareal pada jornada ke 33 dan sukses membuat 1 buah gol di menit ke 88! Fantastis!! Perlu di ketahui, pelatih tim Barca B saat itu adalah Juande Ramos yang kemudian menjadi pelatih mumpuni. Pun di tim Barca B tersebut, Puyol satu tim dengan Gerard Lopez yang kurang begitu sukses bermain di tim utama.

Pada musim 1998/99 ketika Barca B promosi ke divisi segunda, Puyol masuk line-up. Di tim itu sudah ada Xavi dan Arnau yang kemudian akan menjadi kiper di tim utama Barcelona. Tidak banyak data yang bisa saya peroleh ketika Barca berada di divisi 3. Kali ini Puyol sukses melakukan 38 pertandingan dengan membuat 2 buah gol.
Pelatih saat itu, Luis Van Gaal menarik Puyol ke tim utama pada tahun 1999. Meski pada awalnya Van Gaal menerima tawaran Malaga untuk membeli Puyol karena di tim utama sedang marak-maraknya Belanda-nisasi dengan adanya Frank De Boer dan Michael Reiziger di lini belakang, tapi Puyol menolak tawaran Malaga tersebut karena Xavi, rekan satu tim di Barca B, telah melakukan debut di tim utama. Pria yang pernah di tegur coach Luis Van Gaal karena rambutnya ini berfikir tidak ada salahnya mencoba terlebih dahulu tawaran tersebut.

Xavi, Gabri dan Puyol
Puyi sadar, jika dirinya bermain dengan pemain-pemain top dunia di tim utama Barca. Apakah Puyi minder? Tidak. Dia mengajarkan saya bahwa semua orang sebelum dirinya sukses, adalah sama dan wajib untuk bekerja keras agar impiannya terwujud. Pada wawancara dengan majalah Prancis, So Foot, Puyol berkata "Para pemain di sekitar saya adalah superstar. Saya tidak memiliki teknik seperti Romario, kecepatan Marc Overmars, atau kekuatan Patrick Kluivert. Tapi saya berlatih keras dibanding pemain lainnya. Saya seperti pelajar yang tidak begitu cerdas, yang harus terus berlatih dengan soal-soal ujiannya dan pada akhirnya saya lulus". Dan memang, Puyol selalu tetap berlatih meski sesi latihan sudah berakhir. Sebuah idola yang patut di contoh!

Ujian terbesarnya datang di tahun 2000 kala Barca akan bertanding melawan Real Madrid yang sebelumnya telah membajak secara kontroversial Luis Figo dari Fc Barcelona. Bisa di bayangkan panas tensi dan suasana stadion Camp Nou saat itu. Beberapa hari sebelum tersebut pertandingan di laksanakan, Puyol mendapat SMS dari nomer yang tidak di kenal berisi kalimat "Berfikirlah seperti orang Portugal". Ternyata, SMS tersebut dikirim oleh Josep Guardiola karena Pep tahu jika Puyol nantinya akan di tugasi me-marking pergerakan Luis Figo. Keduanya kemudian berlatih secara terpisah agar bisa memaksimalkan potensi Puyol. Skor akhir pertandingan tersebut adalah 1-0 yang dimenangkan oleh Fc Barcelona. Semua orang tahu siapa pahlawan di match tersebut. Nice job Puyi!

Di akhir musim 2003, Barcelona mengalami krisis keuangan. Opsi yang terjelas adalah menjual beberapa pemain. Ada 13 pemain yang keluar kala itu. Dan pemain yang suka mendengarkan band grindcore Napalm Death sebelum bertanding ini, sempat akan di jual demi menyelamatkan finansial klub dan klub yang tertarik adalah Manchester United. Tapi tidak kenapa, isu tersebut seperti hilang bagai uap.Tahun 2005, Puyol memperpanjang kontaknya untuk selama 5 tahun kedepan.

Table Sejarah Cidera Carles Puyol
Sepanjang karirnya bermain di Fc Barcelona, pemain yang masih lajang ini, telah mengalami 36 kali cidera (12/12/12).  Terakhir Puyi cidera adalah ketika Fc Barcelona bertandang ke stadion Real Betis dan harus di ganti. Dengan jumlah cidera yang lumayan banyak tersebut, dan juga di tambah faktor usia, mungkin sudah seharusnya Puyol memikirkan untuk pensiun. Untuk di timnas sendiri, pemain yang mendapat warisan ban kapten Fc Barcelona dari Luis Enrique ini telah berkata pada tahun 2010 lalu bahwa dirinya akan pensiun 2 tahun lagi. Sepertinya memang seperti itu, karena di EURO 2012 lalu, Puyol tidak bisa mengikuti tim La Furia Roja karena cidera lutut yang mengharuskannya mengalami operasi.
Di tahun 2012 saja saya sudah melihat ada 3 cidera parah yang dialami Puyi. Ketika melawan Espanyol pada awal Mei lalu yang megharuskannya absen di perhelatan EURO 2012, kemudian cidera retak tulang pipi kanan kala bermain melawan Osasuna pada medio Agustus lalu, serta terkilirnya sikut kiri/dislokasi sendi kala bertanding melawan Benfica awal bulan Oktober lalu.

Puyol sepertinya cocok untuk mengemban tugas sebagai kapten. Berapapun gol yang di sarahkan ke gawang Barca, Carlito akan selalu menyemangati rekan-rekannya. Itu penting untuk mengangkat moral tim untuk mengejar ketinggalan. Selain itu, karakter Puyol yang tegas, selalu fokus, serius dan tanpa kompromi membuat dirinya vital di lini pertahanan Barca. Saking tingginya sifat leadership Puyol, sampai-sampai ketika di era Rijkaard, Puyol selalu menjadi motivator bagi rekan-rekannya di ruang ganti.

Mungkin salah satu alasan kenapa Fc Barcelona selalu bisa mengalahkan Manchester United di 2 final Liga Champion adalah karena Puyol menyukai gaya bermain klub-klub liga Inggris yang bermain direct, cepat dan intens. Puyol akan dengan mudah beradaptasi dengan gaya permainan seperti itu. Namun ketika melawan Chelsea di perempat final Liga Champion awal tahun 2012 lalu tidak termasuk hitungan, karena Chelsea bermain ultra defensif. :D

Cules wajib bersyukur jika Fc Barcelona diisi oleh pemain-pemain yang tidak saja hebat, namun setia dan loyal terhadap klub. Saya tidak bisa membayangkan jika Fc Barcelona harus bertanding melawan tim yang diisi oleh Puyol. Jujur, saya akan langsung pesimis akan bisa menang. :|

           "Carles Puyoooolllll.....  El capitaaa.... El millor defensa de la Catalan..... "







PRIMER EL BARCA

3 komentar: