Profil Pemain Fc Barcelona: The Promising Cristian Tello

Cristian Tello Herrera, adalah pemain Fc Barcelona B yang beroperasi sebagai winger atau Central Forward. Lahir dan besar di Sabadell, Barcelona, Tello memulai karirnya pada usai 11 tahun di CF Can Rull, kemudian pindah ke Fc Barcelona junior tidak lama kemudian dipinjamkan ke CF Damm untuk 1 tahun. Ketika kontraknya habis pada tahun 2008, Tello dengan berat hati menerima pinangan Espanyol B.
Debut pertamanya terjadi pada musim 2009/10 meski hanya bermain sebanyak 4 kali dengan koleksi gol sebanyak 1 buah, sampai akhirnya Espanyol B terdegradasi ke divisi Tercera. 


Tello pada debut pertamanya melawan Real Sociedad

Pada Juni 2010, Tello dikontrak lagi oleh Luis Enrique untuk melengkapi skuad Barcelona B yang berada di divisi Segunda. Pada babak eliminasi Copa del Rey melawan CE L'Hospitalet yang merupakan asal Katalan dan tim feeder bagi Barcelona, Tello bermain sepanjang 90 menit dan menjadikannya sebagai debut di tim utama. Dan pada leg kedua, Tello menyumbang gol untuk kemenangan Barcelona 9-0 di Camp Nou.
Pada lanjutan La Liga jornada 22 melawan Real Siocedad tanggal 5 Januari 2012, Tello mengawali debutnya sebagai starter dan memberikan gol pertama di ajang La Liga pada menit ke 9 yang berkesudahan dengan skor akhir 2-1 bagi Barcelona.Victor Valdes pun memuji penampilannya kala itu. Tradisi La Masia akan tetap bersinar.

Pemain yang lahir pada 11 Agustus 1991 ini pernah menjadi top skor di tahun 2002/03di level Avelin A, sebelum kemudian naik ke Infantil B dan A Barcelona. Ketika memasuki Cadet A, Tello mengalami kesulitan dan akhirnya dipinjamkan ke CF Damm untuk mengasah kemampuannya. Karir Tello pun makin bersinar dengan masuknya timnas U-23 Spanyol dibawah asuhan Luis Milla yang juga didikan La Masia dan menjadi pemain Barca A di tahun 1985/90 sebagai pemain tengah. Di pentas Liga Champion, Tello menyumbang 2 gol ketika Barcelona meremukan tim asal jerman, Bayern Leverkusen dengan 2 buah golnya yang berkesudahan 7-1 di Camp Nou (aggregate 10-2). Sejauh ini Tello telah menyumbang 6 gol bagi tim utama. 2 ketika menjamu L'Hospitalet, 1 ketika melawan Real Sociedad, 1 ketika Barca kalah dari Osasuna dan 2 buah gol di ajang Liga Champion.




Kemampuan Tello yang paling menonjol adalah kecepatan yang akan membuka ruang bagi pemain lain, sangat berbeda dengan Villa yang akan menunggu pemain lain maju ke lini belakang lawan. Tello, yang mencetak gol setiap 66 menit bagi Barca, telah di lirik oleh beberapa raksasa sepakbola seperti Liverpool yang terang-terangan ingin mendatangkannya, serta Arsene Wenger yang dikabarkan menyukai permainnya. Banyak analis yang mengatakan bahwa permainan dia sangat mirip pemain Perancis yang merupakan legenda Arsenal dan pernah bermain bagi Barcelona, Thierry Henry. Sejauh ini Tello telah bermain sebanyak 16 kali dengan 5 buah gol bagi tim Barca B dibawah asuhan Eusebio Sacristan. Sedangkan di tim utama, Tello telah bermain sebanyak 11 kali dengan total 6 gol. Mungkin permainan Tello lebih cocok di tim utama jika melihat statistik tersebut.

Masa depan Tello masih menjanjikan bagi Fc Barcelona ataupun timnas Spanyol di usianya yang belum genap 21. Estimasi harga Tello di pasaran sebesar 2,2 juta Euro, dan saya yakin Pep atau Barcelona tidak akan menjual dengan harga tersebut JIKA mereka niat menjualnya. Meski Barcelona dengan strategi Pep yang mengandalkan sisi sayap di jejali oleh pemain-pemain cepat, tetapi Tello cukup memberi persaingan di tim utama. Pep tidak harus berfikir panjang jika Afellay atau David Villa cidera, karena stok winger sangat berlimpah. Malahan mungkin harus menjual beberapa demi menyeimbangkan neraca gaji pemain.
There's much more to come from this full-o-speed-guy. Can't wait to watch him, again.