MESSI. MENURUT PELE.

Pele oh Pele. Betapa dirimu memiliki wawasan yang sempit? Mengapa dirimu harus terkena sikap fanatisme kedaerahan yang terlalu kental? Apakah usia telah mempengaruhi jalan pikiran, logika dan ingatan? Mengapa dirimu begitu jelas dalam kebiasan? Haruskah Maradonna kembali berkata yang tidak pantas kepada dirimu?  Haruskah kami mengucap "Hala Madrid!" kepadamu?

Pele kembali "berulah" dengan mengatakan bahwa Messi bukanlah pemain yang hebat. Pele pun berkata, jika semua orang membicarakan Messi bahwa dia seorang bintang di lapangan hijau. Tetapi untuk menjadi pemain yang terhebat, Messi mesti melewati/melebihi Neymar. Saat ini Messi hanya unggul dalam pengalaman. (Now everyone is talking about Messi, he is a star. But [to be the best ever] he must first become better than Neymar. At the moment Messi is just more experienced." - Pele).
Ucapan Pemegang 3 titel Piala Dunia tersebut berlangsung ketika upacara 100 tahun klub Santos, April ini. Sepertinya Pele menjadi juru kampanye O Rei alias Neymar.

Tanpa mengurangi rasa hormat, ya Pele adalah salah satu legenda pemain hebat yang pernah ada di dunia. Hebat, bukan terhebat. Namun Pele memiliki 1 kekurangan, yaitu tidak memiliki kemampuan dalam menilai potensi yang akan terjadi di masa depan dengan melihat data-data yang ada dan potensi yang sedang berlangsung saat ini.

Neymar memang pemain yang mempunyai potensi bagus. Memiliki skill diatas rata-rata pemain dan memiliki naluri yang tajam. Namun, jika mengatakan Neymar pemain terhebat dibanding Messi, seorang fans Manchester United atau bahkan fans Spartak Moskow pun akan menolak opini tersebut.
Messi yang memulai debut di usia 16 tahun, telah sukses mencetak 235 gol sepanjang karirnya memecahkan rekor Cesear Rodriguez. Dengan usia sekarang yang menginjak di 24 tahun, Messi sudah mendapatkan 3 kali gelar Ballon d'Or dan pencetak gol terbanyak dalam 3 musim berturut-turut di level Liga Champion Eropa yang menurut saya level tertinggi untuk ukuran Liga Champion.
Sedangkan Neymar yang baru berusia 20 tahun, baru mencetak 110 gol, memecahkan rekor sepanjang masa klub Santos. Berbeda jauh kan?

Mungkin akan salah jika menilai Messi lebih baik daripada Neymar setelah melihat pertandingan Final FIFA Piala Dunia Klub yang berlangsung Desember lalu. Karena pertandingan tersebut (dan pertandingan sepakbola lainnya), lebih mengutamakan kerjasama tim. Pergerakan Neymar tidak terlihat signifikan, pun tidak memberikan kontribusi banyak kepada klubnya dan tidak begitu memberi ancaman serius ke lini pertahanan Barcelona. Bagi saya Neymar tidak dapat melewati hadangan pemain bertahan Barcelona yang seharusnya dapat mudah diatasi oleh Neymar karena Neymar memiliki kecepatan. Sudah menjadi rahasia umum jika barisan pertahanan Barcelona akan kesulitan jika melawan tim dengan kecepatan serangan balik yang luar biasa.

Messi bermain di La Liga, liga dengan koefisien tinggi dan memiliki kompetitas tinggi pula. Berbeda dengan Neymar yang bermain di liga Brazil yang tidak begitu popular, tetapi berisikan pemain-pemain hebat. Tetapi banyak pemain hebat asal Brazil bermain di liga-liga besar Eropa. Seharusnya Neymar mengambil kesempatan untuk bermain di Eropa ketika digadang-gadangkan sebagai pemain hebat oleh media. Neymar malah memperpanjang kontrak dengan Santos sampai 2015.
Entah jika ini adalah sebuah strategi untuk meningkatkan nilai jual Neymar yang ditempuh oleh manajemen Santos. Isu mengenai kepindahan Neymar ke Barcelona pun bagi saya seperti sampah. Karena Barcelona memiliki pemain-pemain yang lebih hebat dan faham strategi di Barcelona, dibanding Neymar yang mesti beradaptasi jika pindah ke Barcelona.

Opini Pele tersebut berdasarkan pada fakta bahwa Messi belum pernah membawa Argentina menjuarai Piala Dunia. Tidak seperti dirinya. Namun., jika opini tersebut langsung dikaitkan dengan kehebatan Neymar, maka opini tersebut akan sangat mudah dimentahkan dan akan menbuat Pele seperti panaoid yang tidak ingin disaingi oleh siapapun, kecuali orang yang dia tunjuk. Neymar belum pernah membawa Brazil menjuarai Piala Dunia. Punraihan Messi di Timnas Argentina masih lebih baik dibanding Neymar dengan mencetak 22 gol dalam 67 pertandingan dan mengemban ban kapten timnas.

Untuk menjadi pemain terhebat, Neymar mesti melebihi Lionel Messi wahai Pele.