PEMBALASAN CAMP NOU?

Lupakan kekalahan kemarin ketika melawan Real Madrid. Lupakan juga kekalahan di Stamford Bridge. Semua sudah berlalu. Sekarang saatnya untuk melihat kedepan. Kita cari hikmah dari minggu terburuk Fb Barcelona di tahun 2012. Setidaknya kita memberi kesenangan dan hiburan bagi fans Chelsea dan terutama Madridista.
Bagaimanapun, Real Madrid selalu mengalami kesulitan jika bersua dengan Barca di bawah asuhan Pep. Setidaknya beri mereka 2 kali kemenangan. Bukankah membuat orang lain tersenyum bahagia itu akan membuat kita mendapat pahala? Jangan dengarkan ocehan para barisan sakit hati. :)

Ok, Rabu dini hari nanti Barca akan menjamu Chelsea yang pada leg pertama di stamford Bridge menang dengan skor akhir 1-0. Ada beberapa pertanyaan yang ada di pikiran saya. Bagaimana suasana ruang ganti pemain Fc Barcelona? Bagaimana kondisi moral para pemain? Apakah Pep dan para pemain masih optimis? Karena jika masih optimis dan berfikiran positif, maka hasil yang akan di raih pun akan baik dan bagus. Biasanya.

Di Matteo pasti berharap tren negatif Barca akan berlanjut nanti menjadi 3 kali kekalahan beruntun dalam 2 minggu seperti pada musim 2003 lalu ketika kalah dari Valencia, Celta Vigo dan Atletico Madrid. Dan jika itu manjadi kenyataan, maka itu akan menjadi kekalahan Barcelona ke 100 dalam 445 laga di level Eropa (perlu ralat). Tentu saja jika hal itu terjadi maka musim 2011/12 menjadi musim terberat Fc Barcelona. Tersingkir dari perburuan La Liga dan dikalahkan Real di Camp Nou serta tersingkir di Liga Champion Eropa. Untuk final Copa del Rey, sepertinya bukan menjadi prioritas manajemen. Menang ya alhamdulillah, kalah ya sudah. Namun untuk sekarang, CdR mungkin menjadi penyelamat muka Barcelona.

Lucu jika Xabi Alonso mengatakan dan meyakinkan kepada pemain Chelsea bahwa Barca bisa di kalahkan. Bukankah pada leg pertama pun Barca kalah? Dan itu adalah kekalahan kedua Barca atas Real di bawah asuhan Pep. Saya kira para pemain Chelsea pun cukup pintar bahwa mereka yakin akan mengalahkan Barca di Camp Nou tanpa mesti mendengar dari Xabi Alonso. Absurd.

Namun akan salah besar jika menganggap Chelsea superior. Secara psikologis, para punggawa Barcelona akan berusaha mati-matian untuk menyelamatkan muka mereka. Ini adalah salah satu cara untuk menyelamatkan musim 2011/12. Tidak peduli siapa lawan nanti di final. Meladeni Real di final adalah sebagai ajang balas dendam. Melawan Bayern Munchen pun suatu pertandingan menarik karena bermain di kandang Bayern. Partai final yang menegangkan jika hal itu tejadi!


Tidak usah berkomentar bahwa Barcelona dalam 2 pertandingan terakhir di rugikan oleh wasit. Pada leg pertama memang terlihat jelas bahwa seharusnya Drogba di beri kartu karena selalu diving. Atau pun gol Real yang offside kemarin. Barcelona bukan tim yang selalu merengek karena wasit. Ingat itu cules!
Namun, mesti menjadi perhatian terhadap perilaku Drogba tersebut. Bagaimana para pemain sepakbola profesional lainnya dan para legenda mengecam aksi Drogba tersebut. Tetapi Pele entah kemana. Mungkin dia sibuk mencari kesalahan-kesalahan Messi.

Sepertinya Pique akan kembali turun setelah sebelumnya terkena cidera ketika bertandang ke Stamford Bridge dan diistirahatkan pada el clasico, meski pada menit-menit akhir Pique masuk dengan merubah formasi dengan 4 defenders. Monster Masche dalam kondisi fit untuk bermain, meski 1 buah kartu kuning bagi keduanya akan mengasilkan akumulasi kartu dan melewatkan partai final (jika lolos). Suatu kondisi serba salah menurut saya. Ya, karena Barcelona tentu saja tidak mau kebobolan 1 buah gol pun di Camp Nou nanti, karena mereka mesti membuat 3 buah gol untuk melenggang ke final. High pressure yang akan riskan. 
David Villa, Abidal dan Fontas sepertinya akan absen di pertandingan kali ini. Meski telah pulih, namun belum cukup fit untuk bermain. Drogba di ragukan untuk bermain setelah pada pertandingan melawan Arsenal kemarin tidak dimainkan. Diisukan Drogba cidera lutut ketika melawan Barcelona di leg pertama, namun saya yakin ini hanya strategi Di Matteo. David Luiz dipastikan absen di pertandingan nanti.

Semoga pengalaman pahit Di Matteo ketika bermain sebagai pemain Chelsea terulang lagi di Camp Nou, ketika Chelsea dikalahkan 5-1 dan mesti tersingkir di perempat final Liga Champion Eropa. Tetapi kekalahan terakhir Chelsea dalam 14 pertandingan terakhir adalah ketika bersua Manchester City dan Chelsea pada saat ini berada dalam posisi 6 klasemen sementara, berbeda 4 poin dari posisi 5 yaitu NEWCASTLE UNITED.

Anyway, apapun hasil nanti Rabu dini hari, cules mesti berbangga hati terhadap Barcelona. Lolos ke semifinal Liga Champion dengan komposisi pemain yang banyak cidera dan diisi oleh youngster. Setidaknya Barcelona sudah sejauh ini, jika dibanding wakil-wakil dari Serie A ataupun wakil dari BPL kecuali Chelsea.
FIDELITAS BLAUGRANA SENSE LIMITS!!