STRIKER SELANJUTNYA??

Musim 2011/12 baru berakhir, namun spekulasi tentang transfer pemain sudah hangat menjadi topik pembicaraan. Mungkin untuk penjualan pemain Barcelona belum banyak yang beredar, karena Barcelona memiliki 1 pertandingan yang cukup penting yaitu final Copa del Rey. Mungkin untuk menjaga keharmonisan ruang ganti, maka Tito masih merahasiakan siapa yang akan dilepas untuk musim 2012/13.
Meski isu ketertarikan Anzhi terhadap Dani Alves dan Pique yang akan kembali ke MU sempat berkembang, namun direktur olahraga Zubizarreta mengkonfirmasi bahwa belum ada tawaran untuk kedua pemain tersebut.
Untuk pembelian pemain, Barca sampai saat ini lebih sering dihubung-hubungkan dengan pemain depan klub lain dibanding dengan pemain bertahan. Sebelum saya menyampaikan opini saya tentang perlunya pembelian striker baru, ada baiknya mempelajari tabel di bawah ini:


Itu adalah tabel klasemen akhir musim 2011/12 jika semua gol Cristiana Ronalda dan Lionel Messi dihapus. Real masih menjadi juara La Liga dan lolos ke UCL, sedangkan Barca hanya duduk di posisi 6 serta harus puas mendapat jatah ke European League. Dahulu Barca pernah menduduki posisi 6 klasemen akhir juga di musim 2002/03.

Tabel diatas bukan maksudnya bahwa Messi di dewakan di Barca, namun saya melihatnya Barcelona tergantung dengan Lionel Messi. Messi memang pemain hebat. Dia membuat 72 gol di semua ajang untuk musim 2011/12 dan raihan gol tersebut akan bertambah di ajang final Copa del Rey. Tapi jika penampilan Messi sedang under-perform, maka el clasico di Camp Nou serta UCL melawan Chelsea adalah hasilnya.
Perlukah Barca memiliki Plan B, sama seperti musim 2009/10? Menurut saya perlu.
Oh ya, bagi yang belum tahu, Plan B adalah skema penyerangan menggunakan striker pengganti yang biasanya lihai menggunakan headingan. Contoh, di musim 2010/11 Barca memakai Ibra atau di musim 2005/06 Barca menggunakan jasa pemain Swedia lainnya Henrik Larsson. Plan B ini pernah Pep coba ketika leg kedua melawan Chelsea kemarin di Camp Nou. Kala itu Pep memaksakan Keita dan Puyi untuk menerima umpan lambung dari Alves, karena Pique yang memiliki postur tinggi mesti keluar lapangan. Hasilnya? Gol Torres. :(

Pertanyaannya adalah siapa? Jika menjawab Neymar, saya akan makan keripik emak-emak yang paling pedas karena saya pernah membahas mengenai kemungkinan Neymar ke Barca. Sejauh ini ada 2 pemain yang kencang diberitakan. Robin van Persie dari Arsenal serta Didier Drogba dari Chelsea. Yeap, keduanya adalah pemain liga Inggris dan pernah memaki-maki Barcelona karena tersingkir oleh Barcelona di ajang Liga Champion dengan cara yang menyakitkan. Menyakitkan dalam artian benar-benar menyakitkan. Sama seperti ditinggal pacar gitu lah. :D

Untuk Robin, sepertinya kans untuk berbaju Blaugrana sudah tertutup. Barcelona menolak harga Robin yang dihargai 20 juta Pounds serta gaji yang lumayan besar yaitu 10 juta Pounds/tahun. Real dan juara BPL Manchester City dikabarkan tertarik untuk memakai jasa Robin.
Robin memang penyerang yang bagus, meski dia awalnya berperan sebagai winger. Namun ada 1 hal yang mungkin mesti menjadi perhatian cules, yaitu rendahnya tingkat stress Robin. Tingkat stress? Yeap! Ketika berada dalam tekanan karena ketinggalan jumlah gol dari lawan, Robin cenderung emosi baik ke pemain lawan ataupun rekan 1 tim. Berbeda dengan kebiasaan-kebiasaan para pemain Barcelona pada umumnya, kecuali Messi yang pernah tertangkap kamera memarahi Tello. :D

Untuk Didier Drogba, sepertinya merupakan opsi yang lumayan baik untuk Barcelona. Selain karena free transfer, Drogba pun dikabarkan siap jika gajinya nanti dikurangi agar bisa bermain di Barcelona. Menurut saya pribadi, ini adalah best offer untuk Barcelona.
Wait, cules masih banyak yang "eneg" oleh kelakuan Drogba di semifinal Liga Champion kemarin ya? Sama! :D Tapi bagaimana pun Drogba adalah striker yang berbahaya jika berada di kotak pinalti. Meski usianya sudah tidak muda lagi, namun tetap saja berbahaya.
Drogba dikabarkan sedang didekati oleh beberapa klub asal MLS serta Shanghai Shezuan dan A.C. Milan pun dikabarkan berminat mendatangkan Drogba ke San Siro. Namun kans untuk berbaju Barca sangatlah tinggi, apa lagi setelah sebuah sumber di Barcelona mengkonfirmasi kepada harian The Sun bahwa Drogba adalah striker yang dicari-cari oleh Barcelona.

Semua ini masih misteri, karena belum ada pernyataan resmi dari pemain serta klub yang bersangkutan. Bisa saja Edin Dzeko atau Carlos Teves yang dikabarkan akan dijual. Yang pasti Barca membutuhkan penyegaran di lini depan jika melihat kontribusi di musim 2011/12.


cmiiw
sumber: Goal, ESPN, Setanta

FIDELITAT BLAUGRANA SENSE LIMITS

4 komentar:

  1. ada pertanyaan ga knp striker hebat itu dilepas dari tim sebelumnya ? bukankah RVP sangat di idolakan fans Aresenal? Dzeko membawa Manchester kodya jadi juara liga,knp dijual? brarti ada hal buruk dari mereka diluar sepakbola

    BalasHapus
  2. Kalo RvP karena faktor usia dan kontrak dia bareng Arsenal tinggal 1 musim lagi. Daripada lepas dgn status free transfer, mending di jual sekarang.
    Kalo untuk Dzeko, karena kontribusi dia kurang. Kalah bersaing ama Aguero dan Balo. :D

    BalasHapus
  3. kalau menurut saya sih Drogba is the best offer only for short term (mengingat faktor usia), Fernando Llorente maybe :D

    BalasHapus
  4. @Little_Zen Nah! satu tahun aja deh ya. keburu tuir. :p

    BalasHapus