BARCELONA DAN INTERNET

Salah satu lagi prestasi Fc Barcelona yang tidak bisa dianggap remeh oleh klub lain, ataupun produsen produk. Wait, koq di sandingkan atau dibandingkan produsen suatu produk?? Memangnya Barcelona pabrik?? Errr nanti dulu. Saya terangkan dari awal maksud dari kalimat pertama tadi. :D

Pada tanggal 31 Mei 2012 lalu, Barcelona dianugerahi sebagai brand terbaik untuk kategori sport/olahraga, mengalahkan Real Madrid, Manchester United, Chelsea, klub NBA LA Lakers dan klub olahraga lainnya. Cara perhitungan award ini dilihat dari jumlah pengikut/followers di dunia maya dan interaksi antara followers dengan brand tersebut. Barcelona menduduki peringkat pertama, bersama game Angry Birds, Barrack Obama, Penyanyi Lady Gaga, aktor Jacky Chan, acara televisi The Simpsons dan film Harry Potter. Jejaring sosial yang dianggap memenuhi kriteria StarCount adalah Facebook, Twitter, Tencent Wiebo, Sina Wiebo, Youtube, Google +, Ren Ren, Vkontakte, Youko dan Mixi.

Penghargaan ini menjadi semacam pengesahan jika Barca memiliki nilai jual yang lebih dibanding klub lainnya. Bisa dibayangkan, Barcelona memiliki fans sebanyak 32 juta orang di Facebook, 9,6 juta followers di Twitter, 1,4 pengikut di Google + dan 1,2 juta orang di jejaring sosial Tencent Weibo di Cina. Untuk diketahui, Weibo adalah jejaring sosial menyerupai Twitter yang dibentuk untuk menyaingi Twitter yang dianggap sebagai produk dari Barat. Weibo hanya dipakai didaerah Tiongkok, Taiwan dan Makau. Namun jumlah 1,2 juta pengikut di Wiebo tersebut masih kurang besar jika dibandingkan dengan pengguna Wiebo yang mencapai 373 juta pengguna. :O
Penghargaan ini menurut saya adalah hasil dari usaha yang dirintis oleh Joan Laporta ketika Laporta menduduki kursi kepresidenan di tahun 2003. Laporta kemudian merubah hampir semua fondasi kebijakan manajemen. Akan saya bahas di artikel berikutnya tentang masalah ini karena sangat panjang dan berawal dari tahun 1995.

Suatu produk yang dihasilkan oleh industri membutuhkan media agar produk tersebut dikenal oleh konsumen. Beragam media bisa dipergunakan, termasuk melalui suatu komunitas yang juga dipakai oleh suatu sekolah sepakbola agar dapat break-even dengan mengiming-imingi janji kosong. #NoMention :D
Laporta tahu bahwa media berperan penting dalam memasarkan suatu produk, dalam hal ini Barcelona yang berbentuk merchandise. Media selain surat kabar yang efektif dan murah untuk memasarkan produk adalah internet! Internet menjadi semacam saran untuk bertransaksi di masa depan. Sudah menjadi hal yang umum jika online-shop menjamur di Indonesia. Ini karena internet memiliki cangkupan yang sangat luas. Seller dari Indonesia bisa menjual produknya kepada seseorang dari negara antah berantah, belum pernah bertatap muka sebelumnya dan belum tentu hafal dimana letak Indonesia. :D
Internet menjadi keharusan atau kewajiban bagi banyak orang. Banyak hal dalam kehidupan di masa sekarang yang sangat tergantung kepada dunia maya. Termasuk kehidupan sosial, selain juga finansial, pendidikan dan lainnya.

Barcelona, dan juga klub-klub lainnya memanfaatkan internet untuk memasarkan produknya masing-masing yaitu tim. Namun Barcelona mengalami peningkatan yang sangat signifikan, karena menurut saya grafik menanjaknya fans berbanding lurus dengan prestasi. Banyaknya fans tentu saja akan menghasilkan fulus. :D Saya beri gambaran singkat mengenai "lingkaran setan" ini. Prestasi --> fans --> finansial --> prestasi. Faham kan? Dengan banyaknya tropi yang dimenangkan Barca akan menghasilkan fans yang baru. Fans baru membutuhkan alat atau sarana untuk menunjukan identitas dirinya, dalam hal ini cule, maka akan membeli jersey, syal, sepatu atau apaun yang berhubungan dengan Barcelona atau mengaitkan mereka -fans- dengan pemain pujaannya. Transkasi jual beli tersebut tentu saja tidak akan berpengaruh langsung terhadap finansial Barcelona, karena Barcelona memiliki kerjasama dengan Nike. Semakin banyak produk Barca yang terjual, maka Barca bisa menaikan "harga jual" mereka kepada Nike di kontrak yang baru. Kontrak yang didapat oleh Barca dengan Nike tersebut dapat dipakai Barcelona untuk membeli pemain baru dan membayar gaji. Dengan pembelian pemain yang tepat, maka prestasi akan semakin mudah didapat. Pusing kan? SAMA! :D

Sebetulnya Barcelona kurang peka dalam hal internet ini. Seharusnya Barcelona bisa memulai memakai media ini di awal tahun '90an. Dengan sedih saya katakan Barcelona kalah bersaing untuk urusan mengendus potensi internet dari rocker grup band metal Megadeth, Dave Mustaine yang menjadikannya musisi pertama yang mempunyai website. Mungkin karena di saat itu Barcelona masih "terkekang" oleh konservatisme Josep Lluis Nunez, yang diakhir tahun '90an sebelum kejatuhannya sempat memiliki ambisi mendirikan wahana semacam Disney Land di area Camp Nou dengan cara menjual saham Barcelona. Untung rencana ini ditolak mentah-mentah ketika rapat socios. Tidak bisa dibayangkan kebangkitan dan kejatuhan Barca tergantung dari segilintir orang di bursa saham :#

Mungkin masih ada yang bingung dengan cara penilaian StarCount yang mengutamakan nilai interaksi dengan fans. Well, masih ingat ketika Pep memutuskan tidak memperpanjang kontrak? Kala itu hashtag #GraciesPep menjadi trending topik di dunia melalui sarana Twitter. Bahkan postingan melalui Facebook mendapat 340,000 likes dan 35,000 komen. Atau ketika Barca menjuarai FIFA World Cup CLub di Jepang lalu, para pemain dan Barcelona mempostingkan emosi, ucapan terima-kasih dan foto-foto perayaan mereka via Twitter dan Facebook. Bahkan FCB Regal, divisi basket dari Fc Barcelona memiliki pengikut sebanyak 10.000 orang. Lumayan banyak untuk ukuran tim yang jauh dari hingar bingar NBA. Untuk Twitter sendiri Barcelona beragam akun@FCBarcelona_cat untuk yang berbahasa Katalan, @FCBarcelona_es untuk yang berbahasa Castilla/Spanyol dan @FCBarcelona untuk yang berbahasa Inggris. Saya yakin tidak lama lagi Barcelona akan menerbitkan akun berbahasa Indonesia mengingat Indonesia memiliki fans kedua terbanyak setelah Spanyol. *amin!*

Bagi saya pribadi, nama Barcelona menjadi nilai jual yang cukup tinggi untuk komunitas yang saya ikuti, yaitu IndoBarca Bandung. Saya tidak perlu ungkapkan maksud saya secara gamblang. Cukup saya dan beberapa pengurus saja yang tahu. :D Saya mengharapkan interaksi Fc Barcelona atau pemain kepada para fans tetap terjaga karena itu krusial dalam persaingan ini. Banyak juga yang bergantung kepada nama besar Fc Barcelona, seperti juga blog ini. :D




FIDELITAT BLAUGRANA SENSE LIMITS




Sumber: FcBarcelona.com, Wiki, University of London.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar