EL CLASICO DAN CENTER BACK

El clasico. Sebuah kata yang sudah sangat identik dengan Fc Barcelona dan Real Madrid. Beberapa orang berpendapat bahwa pertandingan el clasico adalah pertandingan paling panas di dunia. Bisa benar, bisa salah. Benar, karena pertandingan tsersebut sangat kental aroma politik atara konservatif (Real Madrid/Castilla) melawan progresif (Fc Barcelona/Katalan). Salah karena masih banyak pertandingan yang tidak kurang panasnya. Contoh: pertandingan Super Clasico antara Boca Juniors vs River Plate juga merupakan pertandingan yang tidak kalah panasnya. Atau derby Glasgow yang beraroma sektarian dan pertandingan lainnya.
Saya tidak akan membahas tentang sejarah el clasico. Sudah banyak tulisan mengenai hal tersebut, meski beberapa masih simpang-siur atau tidak akurat. Hanya berasumsi berdasarkan gosip dan rumor. Meski begitu, kita senang dengan yang namanya gosip kan? :D

Saya hanya akan menyoroti pertandingan nanti. Andai Barca kalah, maka tidak akan berakibat krusial karena tidak begitu berpengaruh. Selisih poin akan menjadi 5 dan liga masih sangat panjang. Memang sih, kekalahan di el clasico akan sangat memalukan bagi sebagian orang (khususnya warga asli Katalan) dan secara mental akan menekan para pemain yang di hembuskan oleh media. Tapi ini hanya sebuah pertandingan. Sama seperti pertandingan lainnya.

Lini belakang Barca yang rapuh karena banyaknya pemain belakang yang cidera. Sebut saja Abidal, Puyol, Muniesa dan Pique. Hal ini membuat saya berfikir "Apakah keputusan Tito untuk meminjamkan Fontas di musim panas lalu merupakan tindakan yang tepat?". Pun keputusan Tito yang jarang memainkan Marc Bartra. Muniesa sih cidera. Jadi mau tidak mau, saya harus menerima hal tersebut. :D

Saya beranggapan jika Tito kurang begitu percaya kepada pemain muda, kecuali kepada Tello. Cideranya Puyol dan Pique seperti sekarang, harusnya membuat Tito mempercayakan posisi central back kepada youngster. Beresiko? Memang. Tapi pemain adalah manusia, yang (seharusnya) bisa belajar dari pengalaman. Tapi apa yang terjadi? Tito membeli dan memaksa Song bermain sebagai CB. Di match-match sebelumnya Song memang bermain bagus. Namun masih terlihat kecanggungan dia. Monster Masche sudah bisa bermain sebagai CB. Tapi apakah 2 orang pemain yang bermain bukan di posisi aslinya akan memberi hasil yang bagus, dibanding jika salah satu pemain tersebut memang bermain sebagai posisi aslinya?

Mosaic Yang Akan Di Tampilkan Nanti

Fontas sudah pasti tidak akan mendapat tempat di tim utama karena. Masuk skuad pengganti pun tidak pernah. Bartra sih masih memiliki kans untuk masuk lapangan. Pada pertandingan melawan Benfica, Bartra terlihat di bench. Isaac Cuenca pun belum mendapat menit bermain di musim ini. Muniesa terhalang cidera kala pertandingan pra-musim yang menghambatnya bermain di tim utama. Hanya Tello yang mendapatkan kesempatan bermain sebanyak 5 kali di musim ini.

Menurut Mundo Deportivo, Tito akan memakai skema 3-4-3 dengan Busquets akan berperan ganda sebagai DM dan CB, sama seperti yang pernah Pep lakukan dahulu. Entah, namun saya beranggapan bahwa jawaban atas krisis lini belakang Barca ada di para pemain muda. Setidaknya beri mereka kesempatan sampai January nanti. Anggap saja ini sebagai presentasi agar klub-klub lain berminat kepada mereka, jika memang Tito tidak percaya kepada mereka.

Kabar terakhir yang saya dapat dari Mundo Deportivo, Pique sudah berlatih dengan tim utama pada Sabtu sore. Namun keputusan untuk menurunkan Pique masih tanda-tanya. Kemungkinan Tito akan menunggu performa Pique di sesi latihan terakhir di hari Minggu pagi.

Cesc sudah tidak galau lagi karena sudah mendapat tempat. Hahaha Tapi tunggu dulu, Cesc kemarin memang tampil bagus. Namun Cesc mendapat tempat karena Iniesta cidera. Nah, dengan kembalinya Iniesta, Cesc sepertinya akan tetap mendapat tempat di line-up. Menggunakan Cesc yang sedang top perform sepertinya pilihan yang bijak. Mubazir jika Cesc hanya menjadi pajangan di bench. Meski tidak dapat di sangkal, Iniesta merupakan pemain yang berpengaruh. Tito sepertinya akan bingung akan menurunkan siapa. Setidaknya kita surplus pemain di lini tengah dan depan serta para pemain di lini tersebut bermain bagus di pertandingan-pertandingan kemarin. Ambil sisi positifnya aja dah. :D

Tekanan ada di tangan Real Madrid yang kurang begitu baik memulai liga di musim ini. Takluk di kandang Getafe di jornada kedua dan di kandang Sevilla di jornada keempat. Kekalahan dari Barcelona di pertandingan ini akan membuat mereka menjauh dari puncak klasemen dengan defisit 11 poin. Apakah Real bisa mengejar jika selisih poinnya berjumlah 11? Bisa. Musim lalu mereka pernah membuktikan itu. Memang, tantangan itu sangat terjal dan memberikan tekanan yang berat. Tapi jika kubu Real memiliki konsistensi, maka mereka akan membalikan di akhir musim. Saya percaya mereka bisa mengejar karena memiliki tim yang berkualitas. :)

Di pertandingan nanti akan ada mosaic yang membentuk bendera Senyera sebagai perlambang keinginan warga Katalan untuk merdeka. Tapi bendera Senyera tersebut memang sudah biasa di pasang di Camp Nou. Mungkin momennya tepat dengan aksi 11 September lalu. Entah, saya tidak bisa berkata banyak tentang hal ini. Politik seharusnya jauh dari sepakbola. Lagi pula, saya bukan warga Katalan. :D

So, siapa pun yang menang di pertandingan ini, tidak akan berpengaruh banyak kepada siapa yang memilki kans juara la liga. Athletico Madrid, Sevilla, Malaga dan Valencia pun merupakan tim yang menakutkan di musim ini dan mereka pun memiliki kans.
May the best team win! :)





PRIMER EL BARCA! 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar