DUEL MASTER, MESSI VS FALCAO

Euforia rekor Messi yang memecahkan rekor Gerd Muller masih saja sering dengungkan. Wajar sih sebenarnya, karena tanggal 9 Desember 2012 tersebut Messi memecahkan 3 rekor sekaligus! Rekor yang pertama: melewati torehan 287 gol di 190 laga milik mantan pemain Barca lainnya, Cesar Rodriguez. Rekor kedua: melewati raihan 72 gol Gerd Muller di level klub. Rekor ketiga: melewati jumlah 85 gol di semua ajang milik Gerd Muller. Fantastis kan? Namun bukan berarti Messi superior di La Liga BBVA. Banyak pengamat yang mengatakan jika Falcao bisa menyaingi Messi. Nah, Ronalda apa kabar??

Sebetulnya nama Falcao sudah tidak aneh bagi kubu Fc Barcelona. Pernah ditawarkan kepada Fc Barcelona di tahun 2009 lalu dengan harga cukup murah, 3 juta euro. Tetapi kala itu ada Keirrison juga yang ditawarkan ke Fc Barcelona, meski harganya lebih mahal yaitu 14 juta euro dengan variable tambahan 2 juta euro jika tampil dengan tim utama. Kala itu, Joan Laporta lebih memilih Keirrison untuk dijadikan kelinci percobaan bisnis baru Fc Barcelona. Ya, bisnis baru. Yaitu membeli pemain murah, meminjamkannya ke klub lain, jika sang pemain bersinar, maka akan dijual dengan harga tinggi. Seperti percaloan pemain lah. :D

Jika kita bisa berandai-andai, Falcao dibeli oleh Laporta, maka kekuatan Fc Barcelona akan lebih kuat seperti yang mantan pemain Atletico Madrid, Paolo Futre katakan. Memang saya akui, Falcao striker yang hebat. Bahkan Pep Guardiola pun pernah menyanjung pemain kelahiran 10 February 1986 ini dengan sebutan sensasional dan salah satu pemain berbakat dunia. Pemain asal Santa Marta, Kolumbia ini sudah mengantongi 16 gol di liga. Berbeda 3 gol saja dengan Ronalda. Dengan Messi? Messi sudah mencetak 23 gol liga sejauh ini. Agak menarik karena Falcao mencetak 6 gol diantaranya dari titik putih, sedangkan Messi hanya 1 kali.

Lionel "la Pulga" Messi vs Radamel "el Tigre" Falcao
Kenapa saya mengkomparasikan keduanya? Karena keduanya adalah pemain yang hebat dan menjadi tulang punggung tim. Semua orang sudah tahu jika sangat mustahil Messi akan bisa dibeli klub lain. Apalagi la pulga akan memperbaharui kontraknya sampai tahun 2020 nanti. Bisa dibayangkan buy-out clause yang akan di set oleh direksi Fc Barcelona. Ronalda? Yeah, dia sedang galau karena performa Real Madrid sedang turun. Saya menduga penurunan tersebut terjadi karena faktor mental, bukan karena faktor kualitas pemain.

Dalam beberapa musim lagi, jika bisa bermain stabil, maka Falcao akan bisa menjadi kandidat Ballon d'Or. Masih terlalu cepat jika Falcao menjadi kandidat Ballon d'Or jika masih bermain bagi Atletico Madrid. Meskipun Ballon d'Or adalah penghargaan pribadi, namun sepakbola adalah permainan kerjasama tim. Dibutuhkan ekosistem yang tepat agar bisa mengeluarkan performa terbaiknya. Lihat saja kandidat 3 besar di tahun sekarang. Messi cemerlang bersama Fc Barcelona, Iniesta yang bermain menajubkan bersama Fc Barcelona dan timnas La Furia Roja dan Ronalda yang bermain di tim bertabur bintang di Real Madrid. Intinya, sangat mustahil menjadi one-man-show di sebuah klub yang tidak begitu kompetitif.

Untuk Messi, masih banyak rekor yang bisa dipecahkan. Mencetak 8 gol dalam 1 pertandingan, untuk melebihi rekor legenda Fc Barcelona, Ladislao Kubala. Agak mustahil memang. Tetapi tidak ada yang mustahil di dunia ini. Sebagaimana Falcao membuat 5 gol ke gawang Deportivo La Coruna kemarin, meski Messi pun pernah membuat hal yang serupa ke gawang Leverkusen.

Pertandingan ke 200 Pique [md]
Kembali ke pertarungan antara Fc Barcelona melawan Atletico Madrid nanti, sepertinya akan lebih seru dibanding el clasico yang menurut saya pribadi sudah mencapai titik jenuh. Gerard Pique akan berduel dengan Falcao di area pertahanan Fc Barcelona. Ini merupakan pertandingan special bagi Pique karena ini adalah pertandingan ke 200 Pique berseragam Fc Barcelona. Kekasih penyanyi pop Shakira ini tentu saja akan mengeluarkan performa dan jurus terbaiknya untuk meladeni Falcao yang dijuluki El Tigre atau Sang Macan ini. Permainan Piquenbauer, julukan Pique karena disamakan dengan maestro asal Jerman Franz Beckenbauer, dipertandingan sebelumnya melawan Cordoba sangat fantastis. Katanya sih seperti itu, karena saya sendiri tidak menonton pertandingan tersebut. Ketiduran. :((

Sudah, lupakan masalah ketiduran tadi. Anyway, pertandingan nanti akan krusial. Jika Atletico Madrid kalah, maka peluang Barca akan membesar untuk menjadi juara liga. Setidaknya 60% sudah ada di tangan pasukan Katalan ini. Jika Barca kalah, maka peluang Atletico Madrid dan Barca untuk menjuarai liga akan sama-sama besar. Yang pasti, tim tetangga hanya bisa melihat dari jauh. :D





PRIMER EL BARCA

1 komentar: