MESSI, DEMI REKOR ATAU KECINTAAN?

Mungkin terdengar lebay pers dan Cesc Fabregas berkata jika "Camp Nou tiba-tiba mendadak sunyi ketika Messi cidera. Kami para pemain pun hanya bisa kaget". Terlepas fans Barca atau bukan, tetapi sosok Lionel Messi memang mengundang decak kagum bagi para penikmat sepakbola. Entah itu anda Citizen, fans PSG, Mancunian, Milanisti, Juventini atau bahkan Madridista, pasti akan satu suara jika Messi memang pemain yang bagus. Itu kenyataan yang tidak bisa dihindari. Meski mungkin memang objektivitasnya akan sangat di ragukan. :D


Kenapa beberapa orang seakan takut jika Messi cidera dan absen beberapa bulan bagi Barca? Fc Barcelona bukan Messi. Sebelum Messi ada pun, Fc Barcelona adalah tim kuat. Fc Barcelona bukan tim yang sangat tergantung pada sosok Messi. Masih ada David Villa yang ketajamannya tidak di ragukan, meski kurang mendapat tempat di tim utama. Ada Cesc Fabregas yang merupakan penyumbang gol terbanyak kedua Barca di musim ini. Atau anak dari Pulau Kenari, Pedro Rodrigez yang tidak kurang tajam dibanding striker lainnya?

Cidera Messi Kala Melawan Benfica
Memang saya akui jika sosok Messi memang sentral di tubuh Barca. Sudah bukan rahasia jika Ibra hengkang dari Barca karena Pep lebih mementingkan Messi di tim utama dibanding Ibra yang sudah berpengalaman di dunia sepakbola. Namun harap diingat, Pep lebih mementingkan Messi bukan hanya karena kemampuan yang di milikinya saja, tapi Pep melihat potensi yang di miliki oleh Messi masih bisa berkembang. Dan prediksi Pep memang tepat!

Lalu, seberapa penting sosok Messi di Barca? Well, saya pikir sosok Messi memang sentral, tapi tidak lebih penting dibanding pemain lainnya. Bagi yang mengikuti timnas La Furia Roja mungkin hafal jika banyak pemain Barca yang menjadi tulang punggung timnas Spanyol. Iniesta, Xavi, Cesc, Busquets, Pique dan Alba bisa menyatu dengan pemain dari klub lainnya. Itu artinya, tubuh Fc Barcelona bukan pertunjukan Messi seorang. Tetapi, seperti inti dari permainan sepakbola itu sendiri, sebagai permainan kerjasama tim. Saling melengkapi. Itu yang membuat permainan sepakbola indah. :))

Pemain sekaliber Messi memang akan menjadi incaran para pemain bertahan. Seakan ada "penghargaan" jika sukses membuat ayah dari Thiago ini tidak berkutik. Banyak yang sudah mencoba, tapi sedikit yang sukses.
Masih ingatkan tackling Tomasz Ujfalusi terhadap Lionel Messi di tahun 2010 kala Fc Barcelona melawan Atletico Madrid? Sebuah tackling yang sangat menakutkan, meski pada akhirnya Ujfalusi meminta maaf secara terbuka ke media massa dan berkata jika dirinya memang tidak sengaja berbuat demikian. Tapi tetap saja, itu membuat saya takut. Pep pun berang dengan mengeluarkan statement bahwa harus ada sistem yang bertujuan melindungi para pemain dari tackling yang bisa mengakibatkan cidera parah.

Kaki Messi Di Tackling Ujfalusi
Di pertandingan nanti malam (10/12/12) melawan Real Betis nanti belum jelas apakah Messi akan turun atau tidak. Beberapa hari yang lalu sang striker Argentina tersebut pun mengeluarkan statement "Saya merasa baik-baik saja. Beruntung ini hanya memar saja". Tapi apakah Tito akan rela menurunkan Messi bermain 90 menit? Saya harap jikalau Messi memang turun di match nanti, bukan untuk mengejar pemecahan rekor pencetak gol terbanyak. Karena La Pulga sendiri pernah berkata di awal musim lalu jika dirinya tidak bernafsu mengejar rekor pribadi dan mengutamakan kemenangan tim diatas segalanya. 

Messi bermain bukan demi rekor, tapi karena Messi cinta bermain sepakbola.





PRIMER EL BARCA

4 komentar:

  1. #VillaButuhKesempatan #VillaJanganPergi

    BalasHapus
  2. Hmm, mungkin bener nih fcb bkn cm Messi/xavi/andres./villa dll doang… but, cowo2 kece itu adalah ikon Barca.. kita g akan merasa sedih seperti sedih saat ngeliat Messi cedera seperti kita liat Alexis cedera, mungkin.

    Gak mau menjadi fans yang munafik, we need Messi.. alasan fans lain nonton barca mgkn krn Messi.. saya suka Barca karena Messi.. it’s all about Messi… walaupun gk berpatok, tak ada Messi barca gak juara, tapi yah karena sudah melekat, Barcelona mempunyai ikon, Messi.

    berbicara rekor, mgkn untuk Leo sendiri, dia akan profesional.. ga akan mikirin rekor… tapi untuk fans ? well, to be honest, i really want Messi made a new record.. kenapa ? entahlah, sesuatu yang bisa dibanggakan mungkin..

    BalasHapus
  3. Vamos Leo... Visca el Barça. Tidak ada pemain lain tidak ada Messi mungkin. Messi hebat karna kerja sama tim.... !!

    BalasHapus