V FOR VALDES

Bulan January memang bulan yang menentukan. Entah itu untuk memulai lembaran baru, atau untuk menguatkan dan melanjutkan perjalanan hidup. Untuk di dunia sepakbola, sepertinya opsi yang kedua yang berlaku. Musim transfer January memang tidak begitu "mengasyikan". Tapi jangan salah, musim transfer January kadang menentukan jalannya suatu klub di liga. Kurang teliti di January, akan berakibat hilangnya kans untuk juara. Tidak sedikit pula, jeda transfer musim dingin dipakai oleh beberapa pemain untuk tebar pesona ke klub lainnya.

Di kubu Fc Barcelona sendiri, ada beberapa isu mengenai perpindahan pemain. Victor Valdes, David Villa dan Alexis Sanchez adalah beberapa nama yang santer terdengar. Untuk kiper lulusan La Masia sendiri sempat terdengar gosip dari orang terdekat Valdes jika dirinya akan hengkang dari Fc Barcelona. Kontrak Valdes akan berakhir pada 30 Juni 2014 nanti. Masih lama memang. Tapi semakin cepat di perpanjang, akan semakin baik.

Victor Valdes, The Solid Defender

Sebenarnya isu penolakan perpanjangan kontrak Valdes ini sempat terdengar kala dirinya melakukan konfrensi pers di tanggal 3 bulan January lalu. Kala itu Valdes cuma berkata jika dirinya "tidak peduli dengan perpanjangan kontrak. Akan ada waktunya untuk hal itu". Ok, berarti akan ada kemungkinan Valdes memperpanjang kontrak kan? Tapi kalimat berikutnya agak janggal. "Jika saya akan mengakhiri karir saya di Fc Barcelona, hanya waktu yang akan menjawab. Saya tidak mengesampingkan budaya negara-negara lainnya". Nah, ini artinya apa? :/

Valdes yang bermain sebanyak 11 musim bersama tim Katalan ini sepertinya memikirkan bermain di liga negara lain. Atau setidaknya dia sempat memikirkan hal tersebut, jika andaikata akhrinya Valdes memperpanjang kontrak. Lalu pada tanggal 11 January ada berita baru yang dirilis oleh AS jika Valdes belum memperpanjang kontraknya. Bahkan sang agen Gines Carvajal belum bertemu dengan Zubizarreta untuk bernegosiasi mengenai perpanjangan kontrak Valdes tapi sampai sekarang belum terealisasi. Carvajal berkata jika dirinya siap untuk berbicara mengenai kontrak Valdes jika klub memang berniat memperpanjang kontrak Valdes.
Pada hari yang sama, Valdes merilis status di Facebook jika dirinya "belum memutuskan masa depan dirinya di klub dalam waktu dekat ini. Semua yang kamu dengar hanyalah spekulasi semata".

Dari situ, kita bisa ambil kemungkinan jika Valdes:

  1. Jual mahal. Mengingat histori dirinya yang menginginkan gaji pada kisaran 9 juta Euro pertahun di tahun 2009 lalu, namun akhirnya kesepakatan diambil pada nominal 7 juta Euro pertahun untuk kontak sampai 30 Juni 2014 nanti. 
  2. Valdes memang tidak ingin memperpanjang kontraknya. Ini memang masih meragukan. Namun jika melihat ekspektasi yang cukup tinggi di kubu blaugrana terhadap dirinya, sepertinya masuk akal juga sih. Malahan di konfrensi pers 3 January lalu dirinya curhat jika "tugas kiper di Fc Barcelona itu sangat lah sulit. Kesalahan sedikit, maka kamu akan terbuka (terhadap kritik)". Wajar sih jika dia sedikit frustasi. Liat saja barisan pertahanan azulgrana. Puyol yang sering cidera membuat lini belakang agak sedikit berlubang. Tapi itu bukan pembenaran juga sih. 
Pada tahun 2009 lalu sempat terdengar jika Barca mengincar Sebastian Frey dan Sergio Asenjo untuk posisi kiper. Mungkin itu dilakukan oleh Laporta kala itu, untuk berjaga-jaga andai Valdes tidak ingin memperpanjang kontrak atau menemui jalan buntu. Kali ini direksi telah mempersiapkan nama David De Gea dan kiper muda asal Kamerun yang menimba ilmu dari La Masia Joseph Ondoa untuk berjaga-jaga jika tidak ada perpanjangan kontrak dari Valdes.

Cover Harian MD Edisi 12 January 2013, Ge Dea Alternatif Lainnya [md]
So, kita lihat saja seperti apa permainan ini. Yang pasti, kasus Valdes berbeda dengan kasus Villa yang ingin pindah karena jarang bermain. Jika memang keduanya ingin mengakhiri kontrak mereka di Fc Barcelona, semoga musim panas saja harapan keduanya bisa dilakukan. Karena untuk saat ini, Barca masih membutuhkan tenaga keduanya. Liga masih panjang. Liga Champion pun semakin panas. Keduanya harus bersabar lagi, karena keduanya sosok vital di Fc Barcelona.





PRIMER EL BARCA
follow me at @rockin_marvin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar