KERJASAMA DENGAN INTEL, JERSEY MAKIN RAMAI

“Hidup terlalu sayang jika hanya dihabiskan dengan satu hal karena akan menimbulkan kebosanan”. Ah, saya lupa membaca kalimat tersebut dimana. Intinya adalah bahwa di dalam kehidupan, kita harus terus ‘berubah’ agar tidak terjadi stagnan atau stuck dalam satu hal saja. Oh ya, jangan menjadikan kalimat diatas sebagai alasan pembenaran untuk berselingkuh. Jangan!

FC Barcelona, bagi saya tidak pernah membuat saya bosan. Selalu ada hal baru yang bisa dieksplor atau digali lebih dalam, sehingga tidak mengakibatkan kebosanan. Memang sih, kadang kemenangan yang selalu datang beruntun cukup sedikit menimbulkan kebosanan. Namun hal tersebut bisa dinilai, tergantung dari sisi mana kita melihat. Dari aspek proses terjadinya kemenangan atau hasil akhir (kemenangan).

Dalam 1 pekan, FCB menghasilkan 6 pokok bahasan, diantaranya rencana pembangunan stadion baru, rencana perpanjangan kontrak Andres Iniesta, hattrick Neymar di Liga Champions Eropa, tuntutan Jordi Cases mengenai transparansi transfer Neymar, Lionel Messi yang katanya marah terhadap direksi karena Neymar memiliki pendapatan lebih tinggi dibanding dirinya, dan pengumuman kerjasama antara FCB dengan Intel Corporation.

Kali ini saya ingin menyoroti kerjasama dengan Intel Corporation karena banyak “keanehan” terjadi didalam kerjasama tersebut.

Hal aneh pertama adalah penempatan nama “Intel Inside” didalam jersey. Sesuatu yang sangat teramat tidak wajar. Logikanya adalah, sebuah brand yang mensponsori klub sepakbola ingin nama produknya tampil agar promosinya efektif dan sesuai target market/pasaran. Lalu bagaimana ceritanya Intel rela namanya ada didalam jersey dan membayar 25 juta dollar Amerika untuk durasi 5 tahun?

Ternyata, semua ini adalah campaign atau kampanye dari Intel Corporation untuk mengenalkan produk Intel Inside kepada fans FC Barcelona. Hal ini terbukti adanya akun Twitter @LookinsideFCB dengan hashtag #LookinsideFCB untuk lebih mengenalkan produk Intel Inside.

Lalu kenapa nama Intel ada didalam jersey? Ya karena sesuai dengan tagline Intel Corporation, “Intel Inside”. Ada Intel didalam (inside), sama seperti campaign Intel yang menekankan adanya prosesor Intel didalam computer.

Dari kerjasama tersebut, FCB selain mendapatkan keuntungan materi, juga adanya pemberian teknologi kepada akademi La Masia yang bisa menguntungkan bagi para murid di La Masia. Selain itu, Intel Corporation akan memasang wifi di Stadion Camp Nou dalam waktu dekat.

Meski begitu, masih ada rasa penasaran dengan kerjasama tersebut. Apalagi setelah Marca menulis perkataan Sandro Rosell yang bercanda jika logo Intel Inside tersebut “akan terlihat lebih sering, setiap pemain merayakan kesuksesan mencetak gol.
Namun jangan khawatir, Wakil Presiden Sponsorship David Haroldsen mengatakan kepada Oregonlive jika didalam kontrak kerjasama dengan FCB, para pemain tidak diwajibkan dan tidak diminta untuk menunjukan logo Intel yang terdapat didalam jersey.  

Dengan nilai hutang yang tinggi dan pengeluaran yang besar, maka kerjasama ini dirasa masuk akal. Akan tetapi, seharusnya direksi bisa mengurangi pengeluaran dibanding “menjual” nama FC Barcelona untuk lebih mendapatkan pemasukan. Untuk diketahui, pengeluaran FCB di musim 2012/13 terbesar adalah gaji pemain dengan nilai sebesar 245 juta euro, diikuti oleh biaya manajemen dengan angka 96 juta euro. Yang membuat tercengang adalah biaya amortisasi pemain yang berada diangka 60 juta euro. Biaya amortisasi pemain adalah nilai kerugian yang didapat oleh klub andai menjual pemain dibawah harga pembelian atau hilangnya asset klub karena pemutusan-kontrak atau status free transfer pemain. Hutang FCB sendiri berada diangka 104 juta euro, atau turun 32 juta dari yang sebelumnya berada diangka 136 juta euro.

Untuk income di musim 2012/13, FCB meraup sebesar 491 juta euro atau menurun 1% dari income di musim sebelumnya. Pemasukan terbanyak didapat dari marketing dengan angka 172 juta euro, media sebesar 162 juta euro dan pemasukan dari tiket stadion yang berada di nominal 129 juta euro.

Net income di musim 2012/13 setelah dipotong pajak adalah 32 juta. Dengan perpanjangan kontrak pemain yang biasanya dibarengi dengan kenaikan nilai kontrak atau gaji dan gaji pemain baru seperti Neymar dan lainnya, maka klub dituntut untuk selalu mencari pendapatan.  Wajar.

Oh ya, masih ingat kala Messi di denda 3,400 dollar Amerika oleh Federasi Sepakbola Spanyol pada tahun 2011? Kala itu Messi mengangkat jersey dan memperlihatkan baju dalamnya yang bertulisan “Selamat Ulang Tahun Ibu”. 




PRIMER EL BARCA!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar