PREVIEW Fc BARCELONA vs ATHLETIC BILBAO

Pertandingan ini bisa di sebut laga big match, karena Bilbao yang di arsiteki oleh Marco Bielsa tampil gemilang di musim ini. Di level Eropa, mereka sukses menyingkirkan raksasa Inggris yang sejatinya memiliki kualitas diatas Bilbao, Manchester United. Media-media dan para analis pun berpendapat bahwa Bilbao adalah tim kuda hitam musim ini, yang sebelumnya predikat itu di sematkan pada Malaga.Pep sendiri memuji Bilbao dan Bielsa bahwa Athletic Bilbao sejauh ini menjadi semacam sensasi bagi liga Eropa.

Pun selain hal diatas, Bielsa adalah seorang "guru" yang dimintai pendapat mengenai strategi yang akan di pakai oleh Pep ketika akan melatih Barcelona. Maka, akan sangat jelas jika Bilbao dan Barcelona terlihat hampir mirip dalam segi strategi. Sama-sama bermain dalam possession football, meski Bilbao bermain berbeda dalam banyak hal.

Rekor Barcelona di Camp Nou untuk musim ini di level La Liga adalah 13 menang dan 1 kali seri tanpa pernah kalah. Untuk kemenangan beruntun, Barcelona mempunyai rekor 32 laga kandang tidak terkalahkan dalam 51 laga di Camp Nou di segala kompetisi. Rekor Barcelona di La Liga melawan Athletic Bilbao di Camp Nou (sejak musim 1928/29): 54 kali menang, 9seri dan 17 kalah. Jumlah gol yang tercipta sejauh ini adalah 184 gol untuk Barcelona dan 88 gol untuk Bilbao. Dan untuk di La Liga, Barcelona mempunyai rekor menang dalam 7 laga beruntun dengan jumlah gol sebanyak 21 gol dan 6 gol kemasukan. Untuk lini depan, seperti biasa kita berharap banyak kepada Lionel Messi yang sukses mencetak 18 buah gol dalam 9 laga.

Di sisi lain, Bilbao memiliki rekor yang kurang baik dengan 2 kali menang, 2 kali kalah dari Valencia dan Atletico Madrid serta hasil imbang ketika melawan Sporting Gijon. Tetapi Bilbao tidak bisa di rendahkan begitu saja. Mereka sukses mengalahkan Shalke 04 di kandang dengan skor akhir 2-4. Sepertinya Llorente dan kawan-kawan memiliki semngat juang yang tinggi jika melawan tim besar atau mendapat predikat underdog. Terakhir kali mereka menang di Camp Nou adalah pada bulan November 2001, ketika itu Bilbao menang dengan skor 1-2.

Untuk susunan pemain kali ini, Pep bisa dibilang dalam keadaan simalakama. Menurunkan semua pemain inti untuk memenangkan pertandingan ini dengan resiko kelelahan pada leg kedua Liga Champion nanti di Camp Nou melawan Milan, atau memakai sebagian pemain rotasi dengan resiko selisih poin yang akan semakin membesar dengan Real Madrid.
Untuk kali ini Adriano telah pulih dari cidera dan bisa tampil, sama juga dengan Afellay. Pun Alves telah menjalani larangan bermain karena kartu merah. Tetapi Abidal dan Villa masih belum dapat bermain, meski banyak terdengar isu bahwa Villa akan di turunkan pada laga ini. Abidal masih menunggu kepastian tentang jalannya operasi, dan sejauh ini hanya mengikuti latihan rutin bersama tim.

Prediksi line-up: Valdes, Alves, Pique, Puyol, Adriano, Busey, Iniesta, Xavi, Tello, Messi dan Cesc