PREVIEW Fc BARCELONA vs GRANADA

Jornada ke 29 di level La Liga kali ini mempertemukan Barcelona melawan Granada. Tidak ada yang cukup spesial di tim ini. Tetapi tekanan berada di pihak Pep Guardiola setelah hasil imbang Real Madrid di Bernabeu melawan Malaga. Dengan selisih 8 poin, kemungkinan untuk merebut title juara kembali membesar.
Meski Pep sendiri berujar bahwa sangat mustahil mengejar Real Madrid. Jika pada el clasico April nanti di Camp Nou dimenangkan oleh Barca, maka poin yang tersisa sebanyak 5. Untuk memangkas 5 poin tersebut, kita serahkan kepada lawan-lawan Real Madrid nanti.

Pep berkata, jika pada el clasico nanti Madrid memiliki perbedaan 4 atau 5 poin dengan Barcelona, maka titel La Liga masih bisa di rebut oleh Pasukan Katalan. Tetapi jika Madrid hanya memiliki selisih 8 poin, cules sepertinya harus merelakan titel La Liga kepada rival abadi mereka. Sepertinya ucapan Pep tersebut cukup masuk akal. Mengingat performa Real Madrid musim ini sangat dominan dan berbeda dengan musim lalu. Untuk mengalahkan Madrid di Camp Nou pun sepertinya cukup sulit. Tetapi sepakbola memang bukan matematika, tetapi hasil dari suatu pertandingan bisa ditelaah secara matematis ketika pertandingan usai.

Barcelona memiliki rekor 5 kali kemenangan beruntun dengan selisih gol sebanyak 14 gol memasukan dan 3 gol kemasukan. Barcelona pun memiliki rekor 35 pertandingan tidak terkalahkan di kandang untuk level liga atau 50 pertandingan untuk semua kompetisi. Jika Me55i mencetak 2 buah gol di pertandingan dini hari nanti, maka Me55i akan menjadi pencetak gol terbanyak bagi Barcelona yang sebelumnya dipegang oleh Cesar Rodriguez sebanyak 232 gol. Sedangkan Me55i pada saat ini memiliki jumlah gol sebanyak 231 buah. Barcelona dan Me55i memiliki kualitas untuk menghempaskan Granada pada Rabu dini hari nanti.

Granada yang berada di posisi 15 klasemen sementara dengan perolehan poin sebanyak 31, mungkin seperti menghadapi ujian berat dalam partai kandang kali ini. Karena pasukan Katalan sedang dalam on-fire untuk mengejar Real Madrid atau memberi tekanan bagi Real Madrid yang akan bermain pada hari Kamis melawan Villareal. Setidaknya Barca menghadapi tim promosi yang memiliki rekor away dangan kekalahan sebanyak 6 pertandingan dari 7 pertandingan.


Afellay Mulai Berlatih Kembali
 
 Untuk pertandingan ini, sepertinya Thiago dan Alexis bisa menjadi starter (jika Pep menginginkan), setelah sebelumnya dibekap cidera dan pada pertandingan melawan Sevilla keduanya duduk manis di bangku cadangan. Abidal sepertinya akan melewatkan pertandingan kali ini. Pun Afellay yang sudah mulai berlatih dengan tim utama, sepertinya tidak akan diturunkan. Pada sesi latihan, terlihat pemain muda Barcelona turut serta berlatih dengan tim utama. Mereka adalah Gustavo, Jordi Quintilla dan penjaga gawang Joseph Fabrice Ondoa. Tidak dapat dipastikan mereka akan turun pada pertandingan kali ini. Tetapi untuk Ondoa, sepertinya Pep akan membiasakan dirinya bermain dengan tim utama, sebagai pengganti Pinto nanti.