PREVIEW MALLORCA vs Fc BARCELONA

Barcelona harus menjalani pertandingan away untuk tetap memangkas gap 6 poin diantara Barcelona dengan Real Madrid, yang pada jornada ini akan menjamu Real Sociedad di Bernabeu. Kemenangan di stadion Iberostar, sepertinya adalah harga mati bagi Barcelona. Seri berarti perjuangan akan semakin berat. Ditambah lagi minggu ini Barcelona akan bertandang ke San Siro kandang AC Milan untuk melakoni perempat final Liga Champion.
Tekanan sepertinya bukan berada di pihak Barcelona, tetapi berada di anak asuhan Mourinho yang bermain belakangan setelah Barcelona. 2 hasil seri setelah Barca bermain sepertinya menjadi indikator.

Alexis di Bandara Palma de Mallorca
Di laga ini, Barcelona dalam keadaan krisis pemain belakang. Abidal yang harus absen karena operasi hati, Alves yang terkena larangan bermain karena kartu merah pada laga sebelumnya, serta cideranya Adriano. Dengan komposisi seperti ini, kemungkinan Pep akan menurunkan Montoya di wing kanan, Puyol & Monster Masche di tengah serta Marc Muniesa di sayap kiri. Skema ini akan berlaku jika Pep menurunkan 4 defenders, yang sangat saya ragukan. Pep akan bermain dengan 3 bek dengan Montoya/Muniesa, Puyol dan Bartra. saya tidak memasukan Pique karena performanya sedang menurun. Pun beberapa pemain akan diistirahatkan untuk melawan Milan.

Penampilan Messi yang sedang on-fire, berhasil mencetak 17 gol dalam 7 pertandingan terakhir Barcelona, serta penampilan Cesc yang gemilang cukup membuat optimis. Meski 5 buah gol di lesakan ke gawang VV, tetapi lini depan Barcelona sukses membuat 19 gol dalam 5 pertandingan terakhir. Itu berarti 5 pertandingan Barcelona selalu berakhir dengan kemenangan. Puas? Tidak. Barisan pertahanan Barcelona cukup rapuh terhadap set-piece. Pada kasus Granada contohnya.

Bagi Mallorca, kemenangan harga mutlak untuk memasuki posisi 10 besar klasemen yang terpaut 1 poin saja dengan pemegang posisi 10 yaitu Rayo Valecano. Mallorca tidak terkalahkan dalam 4 pertandingan terakhir. Hanya ketika melawan Real Sociedad saja mereka kalah 1-0. Dengan 8 buah gol di lesakan ke gawang lawan, tetapi 7 gol berhasil masuk gawang.
Sepertinya Barcelona mesti waspada terhadap Mallorca. Atletico Madrid berhasil di kalahkan di Iberostar, kandang Mallorca dengan skor akhir 2-1. Pun Valencia berhasil mereka tahan imbang 2-2 di Mestalla.

Di 5 pertandinga terakhir Barcelona melawan Mallorca, 4 kali berhasil dimenangkan Barcelona dan 1 kali imbang. 14 gol di masukan ke gawang Mallorca serta kemasukan 3 buah gol. Pada pertandingan terakhir melawan Mallorca di tanggal 29 Oktober 2011, Barcelona bahkan mampu membuat 5 buah gol tanpa balas. Semoga pada pertandingan nanti, pasukan Katalan akan sukses mengulang kenangan manis tersebut demi memperkecil jarak.