HOOLIGAN INDONESIA

Artikel Kemal, dari All My Secrets Away
Setelah dapet anugrah dari gambar di Google dan membaca beberapa artikel dengan Hooligans (kaum fanatik sepakbola) akhirnya gue dapet inspirasi buat nulis ini:


Bagi mereka para pecinta sepakbola Inggris pasti ga akan asing dengan kata “Hooligans”, para kaum hooligans biasanya sangat gila dengan negara/club sepakbola kesayangan mereka. Mereka rela datang menuju stadion hanya untuk menyaksikan tim yang dipujanya bermain. Di Inggris, kadang moment ini bisa buat polisi setempat kewalahan untuk mengatur para mereka yang berdatangan ke kota dan biasanya mereka datang dalam keadaan mabuk, apa yang bisa dinilai positif dari hooligans England ?
well, mereka sangat jarang sekali memberhentikan jalannya pertandingan meskipun timnya diperlakukan berat sebelah oleh wasit. Jarang pula dari mereka melempar-lemparkan barang seperti sampah, botol dan lainnya ke dalam lapangan. Kembang api pun dilarang buat dinyalakan. Ketika tim kesayangannya kalah, mereka sering melayangkan kata-kata kasar berbau rasis yang berujung perkelahian antar supporter. Namun, tetap jarang dari mereka yang akan merusak fasilitas umum.
Sudah siap mendengar tentang Hooligans Indonesia ?
Ini yang mengkhawatirkan, walaupun tidak banyak dari mereka datang dalam kondisi mabuk tetapi banyak pihak yg dirugikan. Saat datang menuju stadion terkadang mereka mencegat kendaraan bak terbuka/truk/angkot dan tidak membayar ongkos, saat sampai di stadion pun banyak dari mereka memilih untuk menerobos masuk untuk menyaksikan pertandingan... D A L A M   K O N D I S I   T I D A K   M A B U K.
Hanya itu? Belum. Sering dari mereka berusaha memberhentikan jalannya pertandingan ketika timnya diberlakukan tidak adil atau mewasiti wasit. Entah itu melempar petasan, kembang api, botol, sampah dan lainnya. Ga ragu juga bagi mereka untuk menembus masuk lapangan hanya untuk melampiaskan nafsu kepada wasit dan pemain lawan.
Sudah selesai? Belum !!! Saat pertandingan beres (kalo beres itu juga), mereka keluar lapangan mencari pendukung lawan untuk dihajar atau dipukuli ramai-ramai. Para pihak yang tidak bersangkutan juga bisa jadi korban, bisa jadi fasilitias umum, kendaraan, lingkungan kota bisa dirusak oleh para Hooligans Indonesia.
Kalo udah gini, mungkin kalian (para pembaca) bisa membuka mata lebih lebar, ternyata yang salah dalam sepakbola Indonesia bukan hanya sistimnya saja. Ya, para supporternya pun perlu dibenahi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar