BENVINGUT ALEX SONG!!

Pada hari Selasa 21 Agustus 2012, Alex Song sudah resmi menjadi pemain Fc Barcelona. Pemain asal Kamerun ini ditebus dengan harga 19 juta euro atau 15 juta pounds. Saya tidak mendapat kabar mengenai variabel-variabel pembelian Song. Entah jika pembayaran Song di cicil selama beberapa bulan atau tahun, atau cash. Tapi yang pasti, Song sudah fix menjadi pemain Barca.


Pada awalnya saya heran dengan ketertarikan Barca terhadap Song. Jujur, saya tidak begitu memperhatikan Arsenal. Yang saya tahu, mereka diisi pemain-pemain bagus dengan pelatih yang pintar serta selalu berada dalam 10 besar tim terkaya meski minim gelar juara. Terdapat beberapa isu tentang Song sebelum teken kontrak dengan Barca. Ada perkataan dia yang "menolak Barca karena Arsenal adalah tim yang kompetitif" pada tahun 2010. Kemudian perilaku Song yang tidak disiplin. Naah, saya tidak akan membahas tentang gosip-gosip seperti itu, kecuali jika gosip itu menyangkut hubungan saya dengan Agnes Monica di ketahui publik. :D

Lupakan rambut Song yang "ajaib". Lupakan isu Song yang akan mengganti peran Yaya Toure atau Keita. Song akan bermain dengan cara dia bermain di Arsenal. Hal itu akan membuat perubahan strategi di Barca. Entah jika hal tersebut akan merubah tiki-taka atau hanya menjadi pelengkap. Hanya Tito yang tahu lebih jelasnya. Namun saya akan mencoba menerka skema Barca di musim 2012/13 dengan adanya Alba dan Song.

Saya iseng browsing di yutub tentang Song dan menemukan ini --> Gol voli van Persie. Entah jika itu hanya sebagian kecil atau hanya keberuntungan semata. Namun dari statistik yang saya lihat, Song merupakan pemberi assist terbanyak bagi Arsenal dengan 11 assist dan menempatkan Song sebagai pemberi assist keempat terbanyak di EPL. So, apakah Song akan menjadi penerus Xavi? Mustahil! :D

Alex Song dengan Sandro Rosell

Dari yutub tersebut, saya mengambil kesimpulan jika Song akan di plot sebagai pemberi assist dengan bola lob. Selama ini Cesc sering melakukan umpan lambung. Namun dengan peran baru Cesc yang akan saya jabarkan nanti, maka Song merupakan pemberi corak tersendiri di kubu Barca.
Masih ingat dengan Chelsea di perempat final UCL kemarin? Para pemain Barca kesulitan menembus pertahanan Chelsea karena menumpuknya pemain belakang. Sehinggan passing-passing menyusur tanah terkadang gagal. Majunya Puyol dan Pique untuk melakukan header malah menjadi blunnder dengan gol dari Torres. Nah, dengan adanya Song, maka barisan belakang tidak perlu maju untuk melakukan header. Seperti yang kita ketahui, barisan belakang Barca memang superior untuk urusan menyundul bola.

Lalu, dimana Song akan ditempatkan? Well, dari beberapa teman Gooners memberi tahu saya jika Song sering melakukan penyerangan. Dia sering overlap ke depan dan meninggalkan posnya kosong. Namun saya ragu jika Song akan di plot sebagai pelapis Busquets, karena peran vital Busi. Yang ada, Barca mungkin akan menggunakan 2 orang defensive midfielders, sama seperti timnas Spanyol kemarin di Euro (Busi dan Xabi Alonso). Jadi, ketika Song naik, masih ada Busi yang menjadi tembok pertama pertahanan.

Lalu, kenapa harus ada 2 DM di tubuh Barca? Jawabannya simple: Alba & Alves. Dengan sering naiknya winger, maka dibutuhkan pemain tambahan untuk mengawal pertahanan untuk antisipasi serang balik. Dulu, Abi jarang naik ke atas karena memang lebih condong untuk bertahan. Beda dengan Alves yang memang sering cut-inside/menusuk ke area pinalti atau menyentuh garis gawang untuk melakukan passing/crossing.
Penyerangan yang baik adalah penyerangan yang tidak melupakan pertahanan. Maka dari itu, saya yakin Song akan menjadi DM dengan tugas "special". Namun saya agak kurang yakin jika Song akan menjadi key-player. Sepertinya Song hanya akan dipakai jika Barca sudah buntu. Semacam Plan B. Seperti peran Henrik Larsson, namun bukan sebagai penyelesai akhir, tapi sebagai pemberi jalan yang berbeda bagi lini depan Barca.

Lalu, dengan adanya Song dan Alba serta Cesc yang berkata bahwa dirinya akan bermain beda di musim ini, apakah akan merubah skema tiki-taka? Tidak juga. Tito tidak perlu merubah. Hanya memberi pembeda. Cukup memberikan nuansa berbeda dari Pep, karena saya yakin Tito tidak mau dianggap sebagai pengekor Pep. cmiiw




PRIMER EL BARCA 
Video; Youtube.com 
Image: Fc Barcelona 

1 komentar:

  1. Saya lebih senang jika Tito lebih memilih Sergi Roberto daripada harus membeli pemain baru, dia sudah siap :)

    BalasHapus