FELICIDADES DON ANDRES!!!

Semalam (30 Agustus 2012) menjadi malam yang cukup menegangkan bagi cules. Betapa tidak, malam itu menjadi malam drawing pembagian grup Liga Champion Eropa dan pengumuman UEFA Best Player. Jika saja Barcelona kurang beruntung, maka akan berakhir di grup neraka dengan tim-tim besar lainnya. Alhamdulillah Barcelona bertemu dengan Benfica, Spartak Moscow dan Glasgow Celtic.

Sepertinya Benfica, Spartak dan Celtic tidak akan begitu menyulitkan Barcelona di Grup G. Kalau pun ada hasil imbang atau kekalahan, maka itu adalah kesalahan dari Barca sendiri. Secara materi di atas kertas, ketiga tim tersebut berada dibawah kualitas Barca. Tetapi apakah Barca akan dengan begitu mudahnya lolos dari grup ini? Kemungkinan besar lolos sangat besar, namun ada beberapa faktor yang mungkin akan membuat sedikit perjalanan tersebut tersendat. Jarak tempuh menjadi alasan utama, kemudian muncul konsistensi permainan Barca yang akhir-akhir ini cukup mengkhawatirkan.

Nah, untuk pemilihan pemilihan pemain terbaik Eropa versi UEFA, jatuh pilihannya kepada Andres Iniesta. El Celebro memang pemain yang sangat bagus. Peran Iniesta di La Furia Roja mulai terasa ketika sukses membuat gol di menit 116 ketika melawan Belanda di Piala Dunia 2010. Gol Iniesta tersebut membuat timnas Spanyol menjuarai Piala Dunia setelah vakum hampir dua dekade.

Di EURO 2012 lalu, Iniesta dinobatkan sebagai pemain terbaik EURO 2012 atas permainannya yang gemilang. Pun di fase grup pun Iniesta mendapat penghargaan Carlsberg Man Of The Match sebanyak dua kali, kala Spanyol melawan Italy di grup C, serta kala melawan Kroasia. Meskipun di EURO 2012 tersebut Iniesta hanya bisa membuat 1 buah assist di final namun UEFA Technical Team menganugerahinya Man Of The Match karena dianggap menjadi simbolisasi terhadap turnamen tersebut.


Epic!! 

Untuk di level klub, bukankah Iniesta tidak bisa berbuat banyak di La Liga dan Liga Champion Eropa? Untuk tahun 2012 saja Barcelona hanya bisa meraih piala Copa del Rey setelah mengalahkan Athletic Bilbao? Memang. Barca bersama Iniesta dengan Messi tidak bisa berbuat banyak di musim 2011/12 yang hanya mengkoleksi 4 gelar, minus titel La Liga dan Liga Champion Eropa. Untuk bisa menilai kenapa Iniesta bisa sukses mendapat penghargaan pemain terbaik Eropa versi UEFA di level klub, saya hanya bisa menyarankan untuk melihat permainan Iniesta setiap kali Barcelona bertanding. Susah untuk diterangkan lebih detail mengenai kontribusi Iniesta. :D

Ketika penghargaan tersebut diberikan kepada Iniesta, entah kenapa Ronalda tidak menunjukan sikap sportif. Messi memberi selamat kepada Iniesta dan memeluknya. Namun Ronalda hanya bisa berdiam diri dengan muka asam. Sangat berbeda jauh ketika beberapa hari sebelumnya para pemain Barcelona tetap berada di lapangan untuk menyaksikan Real Madrid dianugerahi piala Super Spanyol. Mungkin Ronalda kecewa jika pemain Barca lainnya yang pucat seperti kekurangan darah selain si pendek, memenangkan penghargaan tersebut. :D

Hal yang lebih konyolnya lagi, Marca lebih menjagokan Ronalda dibanding Iniesta yang memiliki kontribusi terhadap timnas Spanyol! Entah apa yang ada di pikiran media tersebut. Mungkin Marca melihat kontribusi Ronalda lebih gemilang di Real dengan sukses memenangkan titel La Liga. Padahal Ronalda tidak bisa berbuat banyak di EURO 2012 selain mengganti gaya potongan rambut di jeda babak kedua dan menerima chant yang meneriakan nama Messi.

Wajar jika seandainya Marca tidak memilih Messi meski Messi bermain gemilang dengan raihan gol yang di luar dugaan. Namun jika memilih pemain dari negara lain dibanding pemain dari negara sendiri, maka itu sudah keterlaluan. Padahal ketika Messi mendapat Ballon d'Or 2010, Marca berkata bahwa Blatter anti pemain-pemain dari Spanyol. Nah, sekarang siapa yang anti pemain Spanyol??

Don Andres memang pemain yang brilian. Tidak seperti Messi atau Xavi memang. Namun pergerakan Iniesta cukup penting untuk membuka ruang gerak penyerangan. Pemain yang pendiam ini sepertinya dalam masa keemasannya. Beragam peristiwa penting silih berganti di tahun 2012 bagi Don Andres. Kekalahan di Liga Champion, kekalahan di liga, juara Copa del Rey, pernikahannya dengan, juara EURO 2012, mendapat anugrah EURO 2012 Best Player, kekalahan di Super Spanyol dan sekarang UEFA Best Player. Kemenangan Iniesta ini seperti memberi kesempatan bernafas bagi para fans yang sudah cukup bosan dengan "perang" antara Messi dan Ronalda.
Andres memang fenomenal. Tidak akan mengherankan jika Iniesta akan menjadi calon legenda Spanyol, bersamaan dengan Xavi dan Iker Casillas.

Felicidades Don Andres Iniesta!! You deserve it!! 





PRIMER EL BARCA 
Sumber: EUFA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar