CAMP NOU ATAU NOU CAMP?

Pada tanggal 22 September nanti, Barcelona akan mengadakan Rapat Tahunan perwakilan socis (member) untuk membahas berbagai macam hal terkait Fc Barcelona di musim lalu dan planning di musim 2012/13. Ini tidak lebih seperti memberikan laporan terhadap pemilik Fc Barcelona yang seutuhnya, yaitu member resmi. Hal ini sangat berbeda dengan klub-klub lainnya yang dimiliki perseorangan, perusahaan atau dari saham mayoritas. Di liga Spanyol, cara ini dipakai oleh Barca, Real Madrid, Osasuna dan Athletic Bilbao.


Ada beberapa rencana pembahasan di Rapat Tahunan nanti, antara lain:
  1. Laporan presiden 
  2. Laporan finansial musim 2011/12 
  3. Rencana finansial (bugdeting) musim 2012/13 
  4. Presentasi rencana strategis manajemen tahun 2012-2016
  5. Otorisasi untuk pengambilan Suara terkait pembangunan stadion yang baru
  6. Pengajuan persetujuan member terkait ketentuan Artikel 19.12 dari Statua
  7. Lobi antar socios

Nah, agak menarik mengenai rencana pembangunan stadion baru. Saya bilang menarik karena cukup mencangkup segala aspek yang berkaitan dengan identitas Fc Barcelona, tradisi, Katalan dan finansial klub.

Dahulu sempat ada beberapa ide mengenai penambahan jumlah kursi di Camp Nou. Sir Norman Foster yang juga pernah menangani stadion New Wembley mengatakan dirinya tidak bisa memikirkan cara yang paling efektif untuk menambah lebih dari 10.000 jumlah kursi di Camp Nou dari total kapasitas yang ada sekarang. Dengan begitu, maka jika manajemen Fc Barcelona ingin mempunyai stadion megah dengan jumlah kursi yang banyak, maka opsinya adalah membuat stadion baru. Sir Norman hanya mengajukan renovasi dan penambahan eksterior stadion menjadi lebih futuristik.


Desain sir Norman Foster

Beberapa tahun yang lalu sempat ada isu bahwa Fc Barcelona akan membuat stadion baru di atas pulau buatan di laut Mediterania. Seorang arsitek Katalan bernama Emili Vidal membuat rancangan tersebut dengan sangat menajubkan berisi 150.000 kursi penonton. Rancangan Vidal ini sangatlah fenomenal dan indah. Entah karena masalah finansial, masalah lingkungan atau karena Laporta tidak menjadi presiden lagi, rancangan Vidal tidak terealisasi sampai sekarang. Malah terkesan dilupakan.

Pada musim lalu sempat terdengar isu bahwa Fc Barcelona akan menukar tanah Camp Nou dengan tanah kepemilikan Universitas Barcelona. Walikota Barcelona, Xavier Trias setuju dengan ide ini dan sepertinya Rosell pun terkesan sangat antusias dengan ide ini. Perusahaan konstruksi MCM yang juga menangani La Masia beberapa saat yang lalu, tinggal menunggu lampu hijau untuk mengerjakannya. Mungkin pada Rapat Tahunan nanti, ide ini akan diluncurkan oleh Rosell.


Rancangan Emily Vidal

Memang, pembuatan stadion baru akan membebankan sisi finansial Barcelona. Namun jika melihat masa berlaku/life-span beton stadion Camp Nou serta kapasitas yang "kecil", maka pembuatan stadion terkesan urgen. Saya memang belum pernah ke Camp Nou, namun mendengar dari beberapa orang yang pernah ke sana, mengatakan bahwa stadion Camp Nou sudah usang. Usang dalam artian beberapa tempat tidak terawat lagi dan membutuhkan renovasi. :Pun, perlu adanya perombakan dari sisi transportasi ke Camp Nou.


Rancangan Vidal Dari Atas

Banyak cules (kebanyakan cules asli Katalan/Eropa) yang tidak setuju dengan pembuatan stadion baru. Mungkin mereka masih terikat dengan romantisme masa lalu atau karena faktor kebiasaan yang mengatakan bahwa Fc Barcelona = Camp Nou = Fc Barcelona. Namun perlu diketahui bahwa pembuatan stadion baru akan mereset segala sesuatunya. Banyak hal yang bisa di dapat. Jumlah tiket yang laku terbeli akan meningkat, pemasangan bilboard untuk sponsor, sistem transportasi yang lebih memadai atau penambahan tenant-tenant di area stadion seperti restoran atau hotel. Renovasi semata tidak akan membuat segalanya lebih mudah.

Jika socios memutuskan setuju mengenai pembuatan stadion baru, maka dari manakah dananya? Well, saya pun agak sedikit bingung dengan hal permodalan ini. Dengan proyeksi keuntungan sebesar 35.9 juta euro di akhir musim 2012/13, maka tetap pembuatan stadion ini terkesan mimpi. Kecuali jika Qatar Foundation memodali pembuatan stadion dan memberi nama "Qatar Arena" atau "Qatar Stadium" seperti yang dilakukan beberapa klub-klub liga Inggris, maka pembuatan stadion itu bisa terealisasi dengan mudah. Jangan bingung dengan kata "memodali" di kalimat sebelumnya. Kata "memodali" itu artinya kerjasama antara Fc Barcelona dengan Qatar Foundation tentang penamaan stadion. Tentu saja pihak klub akan mendapat uang segar dari Qatar. Ini sama saja dengan billboard atau promosi. Namun siapa yang akan setuju dengan ide itu? Fc Barcelona adalah klub yang memegang tradisi dengan erat. Errr maksudnya fans Fc Barcelona adalah yang memegang tradisi dengan erat. Entah dengan manajemen. Terakhir kali mereka berkata bahwa manajemen memegang teguh tradisi, namun kemudian memasang nama Qatar Foundation di dada pemain tim utama meski alasannya cukup logis. :D


Well, jadi kalian pilih yang mana? Renovasi Camp Nou atau pembuatan stadion baru??









PRIMER EL BARCA
Sumber: Fc Barcelona, barcaforum, Spain Ticket Bureau.

1 komentar:

  1. rommy la pulga3 Desember 2013 02.55

    renofasi camp nou
    karena sejarah demi sejarah sudah tercipta di nou camp

    BalasHapus