FC BARCELONA DAN KEMERDEKAAN KATALAN

Pada 11 September 2012 lalu, ada demonstrasi besar-besaran di Barcelona yang berbarengan dengan Hari Nasional Katalunya (La Diada Nacional de Catalunya), yaitu penuntutan kemerdekaan Katalan dari negara Spanyol. Demonstrasi tersebut menusung slogan "Katalan, negara baru Eropa".



Kegiatan tersebut di atur oleh Assemblea Nacional Catalana/ANC yaitu semacam organisasi persiapan kemerdekaan daerah Katalan dan kegiatan ini di dukung oleh Perkumpulan Kota Untuk Kemerdekaan. Kegiatan ini adalah puncak dari serangkaian acara dari tanggal 30 Juni 2012 yang dimulai di kota Lleida.
Pep Guardiola pun mendukung kemerdekaan Katalan. Fc Barcelona pun sepertinya sengaja membocorkan rencana jersey 2nd mereka untuk musim 2013/14. Entah jika ini dimaksudkan untuk meraup dukungan atau sekedar formalitas, karena musim 2012/13 saja baru dimulai. Pihak Barca sendiri tidak menampik maupun mengakui mengenai isu jersey 2nd tersebut.


Isu Jersey 2nd Fc Barcelona

Saya tidak akan membahas atau mendukung kemerdekaan Katalan, karena saya orang Indonesia dan negara Indonesia hanya mengakui kedaulatan Spanyol di daerah Katalan dan tidak ada statement mendukung kemerdekaan Katalan. :)
Yang ingin saya sampaikan adalah bagaimana nasib Fc Barcelona jika memang Katalan lepas dari Spanyol. Beberapa hal akan berubah dari Fc Barcelona dan suasana perpolitikan di tubuh Fc Barcelona akan memanas. Entah jika perubahan itu akan sampai ke sini, namun sepertinya ada beberapa akan kita rasakan secara langsung maupun tidak langsung. Ada beberapa kemungkinan yang akan terjadi. Saya akan mencoba membahas kemungkinan-kemungkinan tersebut.

Jika memang Katalan merdeka dari Spanyol, maka saya perkirakan Fc Barcelona akan tetap mengikuti La Liga. Hal ini sama seperti AS Monaco yang berasal dari Kerajaan Monaco, namun bisa ikut ke liga Prancis karena Monaco tidak diakui oleh badan Sepakbola Eropa (EUFA) dan mengikuti semua aturan dari Badan Sepakbola Perancis (FFF).
Lalu jika Katalan merdeka, kenapa Barca tetap masuk La Liga? Percuma kah? Tidak juga. Bayangkan berapa uang yang bisa di raup oleh Barcelona dari pertandingan el clasico dari hak siar tv. Itu hanya satu pertandingan, nah sekarang bayangkan pendapatan Barcelona dari hak siar tv semusim. Apalagi LFP sedang menjajaki bermain siang agar bisa meraup pasar Asia. Berarti selain hak siar tv, iklan dan sponsor pun akan bisa menjadi sumber pemasukan bagi Barca. Ini akan berimbas kepada neraca keuangan Fc Barcelona sendiri.

Jika Barca memaksa bermain di liga Katalan, siapa lawannya? Saya hanya mencatat ada 17 klub di daerah Katalan, antara lain: Fc Barcelona, Figueres, Girona, Palamos, Terressa, EU Sant Andreu, Espanyol, UE Lleida, Europa, CD Condal, CE Sabadell, Gimnastic de Tarragona, CF Badalona, CE Jupiter, EC Granollers, CFJ Mollerussa dan L'Hospitalet. Beberapa klub ini masih atau pernah bermain di Primera Division, dan sebagian masih bermain di Segunda Division. Setahu saya, L'Hospitalet adalah feeder club bagi Fc Barcelona. dan pernah kalah 9-0 dari tim Barcelona yang diisi pemain-pemain Barca B dan tim utama. Jika Barca masih memaksakan bermain di liga Katalan, maka 99% juara liga adalah Fc Barcelona yang diisi pemain-pemain hebat dibanding klub lain, kecuali mungkin Espanyol.
Logikanya, jika Barca selalu bermain dengan tim-tim "dibawah" levelnya, maka kualitas Barca akan menurun. Imbasnya, ketika bertanding di level Eropa, maka Barca akan menjadi tim medioker. Itu pun jika negara Katalan diakui oleh EUFA, maka Barca bisa mengikuti pertandingan-pertandingan yang diadakan oleh EUFA. Jika Katalan tidak diakui oleh EUFA, maka Barca tidak akan bermain di Liga Champion Eropa. Pertanyaannya: apakah Barca mau melepas raupan jutaan euro dari Liga Champion?

Ok, kita sedikit tahu kemungkinan-kemungkinan terhadap Fc Barcelona jika Katalan lepas dari Spanyol. Lalu ada hal apa lagi? Well ini akan sedikit menyangkut perpolitikan di tubuh Fc Barcelona. Yaitu Laporta akan sekuat tenaga menjadi presiden Fc Barcelona lagi jika Katalan lepas dari Spanyol. Lalu siapa sih laporta itu? Kenapa dia ingin menjadi presiden Fc Barcelona? Apakah dia orang penting? Well, jawabannya mudah. Dia adalah penyelamat Fc Barcelona dari jurang kehancuran, pencipta fondasi Fc Barcelona, seorang pengacara yang berani berkata apa saja demi menyelamatkan muka Fc Barcelona. Selain itu laporta adalah anggota dari Parlemen Katalan dan aktif dalam kemerdekaan Katalan.

Lalu apa hubungannya antara Laporta dengan Fc Barcelona jika Katalan merdeka? Well, kita lihat dari sisi prestasi Fc Barcelona sekarang deh. Gagal mendapat piala Liga Champion, titel La Liga dan yang terbaru di kangkangi oleh Real Madrid di Super Spanyol. Memang sih musim 2012/13 baru dimulai dan terkesan terburu-buru jika kita menghakimi Tito. Namun tidak bisa dipungkiri bahwa Laporta sangat kecewa terhadap Rosell karena Pep sampai tidak mau memperpanjang kontraknya. Pun bukan hanya tentang itu saja Laporta menjadi oposan Rosell. Terkait masalah Cruyff vs Rosell, pemilihan Tito, isu Rosell menjauhkan Fc Barcelona dari tradisi Katalan serta isu lainnya pun Laporta selalu "menyerang" Rosell. Memang ini masih isu, namun dari sumber di forum yang saya ikuti, ada semacam gerakan dari Rosell untuk membuang segala kaitan antara Barca dengan rezim Laporta. Memang sih, Laporta bukanlah Santo. Namun jika orang-orang terbaik yang menempati posisinya di tendang, bukankah itu akan membawa petaka?

Apa kaitannya dengan cules di Indonesia? Mungkin tidak banyak yang sadar, namun saya hanya berharap pada sistem membership. ketika Rosell naik menjadi presiden, Rosell menutup keran membership untuk non-Katalan dengan alasan tidak logis, yaitu ketakutan jika presiden terpilih selanjutnya adalah warga non-Katalan. Pffft Saya pikir saya dan kebanyakan cules di Asia tidak berminat jadi presiden Fc Barcelona. Ngurus diri sendiri aja masih kesulitan, ngapain juga mencalonkan diri jadi presiden? :D








PRIMER EL BARCA
Sumber: Fc Barcelona, Kompas, bdf, barcaforum, md, sport 
Image: md

Tidak ada komentar:

Posting Komentar