PROBABILITAS SEMATA

La liga baru memasuki jornada ke tujuh, tapi pergolakan situasi kamar ganti Fc Barcelona terasa agak panas. Memang sih, tidak sepanas kubu Real Madrid atau Athletic Bilbao, tapi saya memiliki ketakutan tersendiri terhadap hal ini. Mungkin juga ketakutan saya ini terlalu berlebihan. Namun ada beberapa faktor yang membuat hal itu menjadi semacam paranoid tersendiri bagi saya yang akan berujung pada 1 hal: keluarnya beberapa pilar Fc Barcelona.


Masalah-masalah ini mungkin akumulasi dari beberapa musim lalu. Seperti yang kita ketahui bersama, Pep Guardiola sangat ketat dalam hal disiplin. Termasuk di dalamnya larangan berbicara bebas dengan media. Dan sekarang dengan Tito yang bertindak sebagai pelatih yang hanya fokus di lapangan, para pemain bebas galau ke media, layaknya abg yang galau di twitter. Tidak perlu menyalahkan Tito. Toh Tito mempunyai alasan tersendiri dan memiliki pemikiran yang berbeda dengan Pep.

Mungkin masih terlalu prematur jika saya memprediksi penjualan pemain di January nanti. Tapi ketakutan saya tersebut berbanding lurus dengan wacana pembelian pemain musim panas nanti. Logikanya, jika kita bisa berpendapat pemain yang bakalan masuk ke skuad, maka pendapat mengenai keluarnya beberapa pemain pun masih bisa di tolerir. Kenapa? Karena pembelian pemain biasanya dibarengi dengan penjualan pemain. Jarang sebuah klub membeli pemain baru tanpa adanya penjualan, kecuali jika klub bersangkutan memiliki laba yang sangat besar, memiliki pembayaran piutang atau harga pemain tersebut tergolong murah.

Berikut nama-nama tim utama pemain Barca yang sepertinya akan keluar dari Barca bulan January nanti, jika melihat beberapa alasan yang menyertainya:

Andreu Fontas dan Jonathan Dos Santos

Pada musim panas lalu, Tito pernah mengeluarkan statement jika Barca bukanlah panti sosial bagi Ibi, Fonty dan Jona. Agak pahit mungkin perkataan Tito tersebut, yang kemudian Tito meminta maaf kepada 3 pemain tersebut dan memperjelas maksudnya. Ibi, Fonty dan Jona tidak akan masuk dalam skuad Barca di musim 2012/13. 


Andreu Fontas

Ibi dipinjamkan ke klub Bundesliga, Shalke 04 meski tampil lumayan bagus di pertandingan pra-musim. Jona sempat dikabarkan diincar Sevilla dan Fonty dikejar oleh Ajax Amsterdam, tapi sampai penutupan bursa trasnfer, kedua pemain tersebut masih menjadi pemain Barca. Jona melalui agennya, mengatakan keengganannya untuk keluar dari Fc Barcelona dan memilih untuk stay di Barca meski kemungkinan masuk line-up tertutup. 

So, medio January nanti mungkin kesempatan bagi Fonty & Jona untuk keluar dari Barca. Mau tidak mau, kenyataan tersebut harus diterima oleh keduanya karena sejauh ini Tito tidak memiliki niat akan memainkan. Sad, but true. 
Untuk Ibi, saya pikir Ibi tidak akan memikirkan mengenai keluar dari skuad Barca karena posisinya sudah "aman" dengan bermain di Shalke 04. Entah jika musim panas nanti.

Marc Bartra 

Pemain lulusan Barca B ini kurang mendapat tempat di barisan belakang. Tito lebih percaya kepada Alex Song di pertandingan melawan Sevilla. Lalu di el clasico lalu, Tito memainkan Adriano dengan opini sebagai mengimbangi kecepatan barisan depan Real Madrid yang biasa bermain blitzkreig. Tito pun mengungkapkan jika Song masih membutuhkan waktu untuk beradaptasi dengan permainan Barca. Song pada pertandingan kontra Sevilla, terlalu lambat menurut Tito. Lalu dimana tempat Bartra? 

Banyak yang berpendapat bahwa Bartra masih membutuhkan waktu untuk masuk line-up tim utama. Di musim ini, Bartra belum pernah sekalipun turun di pertandingan resmi Barca, tapi sudah memiliki 4 caps bersama tim utama di musim-musim sebelumnya. Keengganan Tito memasang Bartra di lini belakang mungkin karena kebutuhan strategi. Karena jika secara kualitas, mungkin Bartra bisa mendapat tempat utama jika bermain di klub lain. Saya berasumsi jika Bartra tidak akan di jual oleh Tito January nanti. Tito tidak pernah mengeluarkan statment jika Bartra tidak dibutuhkan tim utama, meski belum mendapat jatah bermain. Kemungkinan lepas, sangatlah kecil. Paling dalam kisaran 5%. :D

Dani Alves

Alves merupakan salah satu pemain penting di skuad Barca di era Pep. Entah kenapa, di era kepelatihan Tito sekarang, Alves kurang begitu keluar "greget"-nya. Beberapa kesalahan fatal yang berujung gol untuk Sevilla dan Real Madrid membuat saya berfikir jika Alves sudah tidak bersemangat bermain bagi Barcelona. Wajar juga sih, manusia pada suatu saat akan menemukan titik jenuhnya. 

Dani Alves pernah mengungkapkan jika dirinya didekati oleh PSG dan kecewa terhadap manajemen Barca yang tidak memperjuangkan dirinya untuk tidak di beli oleh PSG. Mungkin saat itu manajemen Barca sedang menunggu tawaran yang menggiurkan dari PSG, tapi tawaran tersebut tidak berkembang lagi sampai bulan Agustus berakhir.  

Mungkin Alves sedikit kecewa atas perlakuan manajemen tersebut. Alves kemudian merilis statement jika dirinya membuka terhadap tawaran PSG jika memang PSG serius ingin meminangnya. Lebih dari itu, Alves kemudian berkata jika dirinya tidak akan pensiun di Barca. Perkataan Alves tersebut mungkin biasa saja, namun jika kita melihat awal mula permasalahannya, maka dapat di simpulkan bahwa Dani Alves sakit hati terhadap Barca. 

"Perang dingin" ini sepertinya akan berujung dengan penjualan Alves. Entah bukan January nanti atau July nanti. Di tambah lagi dengan sering cideranya Alves dan menurunnya performa Alves. Kala di ganti oleh Montoya di el clasico kemarin, Alves terlihat kesal. Entah kesal karena di ganti, kesal karena jeleknya permainan dirinya atau karena cidera. 

Untuk pengganti Alves, maka Motoya sepertinya sudah siap. permainan Montoya sangat apik di el clasico kemarin. Bahkan Alves pernah berkata jika Montoya adalah penerus dirinya di wing kanan jika suatu saat dirinya keluar dari Barca. Well, memang seperti itu adanya. Otoy sudah siap untuk bermain di level tertinggi.
Kemungkinan di jualnya Alves? Mungkin January nanti berada di kisaran 35%, dan prosentase tersebut akan membesar jika mendekati July nani. 

David Villa 

Sebenarnya Villa adalah striker yang sangat bagus, meski mungkin terlalu sering off-side. Tapi, bukankah lebih baik sering off-side daripada sering diving dan bersikap rasis. :D 
Villa pernah di dekati oleh Liverpool dan telah mencapai kesepakatan soal gaji pada bulan Desember 2011 lalu. Sayang, cidera kala membela Barca di FIFA World Cup Club membuat kesepakatan tersebut batal. 


David Villa 

Jika melihat krisis lini depan Liverpool, maka bisa jadi Brendan Rodgers tertarik kembali menawarkan kontrak kepada Villa. JUventus pun dikabarkan tertarik untuk mengontrak pemain asal Asturias ini. Di Barca sendiri, David Villa kurang mendapat tempat di tim utama. Bagi saya pribadi, saya kecewa karena Villa tidak di turunkan pada laga el clasico kemarin. Memang, itu adalah hak Tito, tapi sudah beberapa kali Villa menjadi super-sub bagi Barca. 

Saya tidak bisa memprediksi jika Villa akan keluar bulan January nanti. Tapi kemungkinan tersebut ada jika melihat kondisi sekarang. Mungkin prosentase untuk di jual hanya 15%, tapi tetap, kemungkinan itu ada. 

Cesc Fabregas

Pada awal bulan September lalu, Cesc berkata jika dirinya frustasi di Barca karena menjadi pemain pengganti, bukan starter. Meskipun dirinya berkata jika di musim 2011/12 tidak bermain 100%, tapi di musim 2012/13 dirinya sangat ingin bermain menjadi starter. Entah apa maksud curhatan Cesc tersebut ke Marca. Seharusnya Cesc hafal jika pernyataan dia bisa berpengaruh terhadap kondisi tim. 
Cesc kemudian membantah jika mempunyai masalah dengan Tito. Cesc hanya "curhat" biasa ke Marca, tanpa ada niatan apa-apa. Sepertinya Cesc salah dalam memutuskan teman curhat mengingat Marca adalah tabloid yang sangat pro-Madrid. :| 


Cesc Fabregas

Kinerja Cesc di tim akhir-akhir ini lumayan bagus. Meskipun persaingan di lini tengah Barca sangat ketat, namun Cesc bisa "bersaing" dengan lini depan Barca. Aneh memang. Tapi setidaknya strategi ini terbukti ampuh di Barca dan La Furia Roja. :D 
Kemungkinan Cesc keluar dari Barca January nanti? Lets say 5%, jika melihat performa dia yang lumayan baik. :D



Mungkin poin-poin diatas hanya ke-sotoy-an saya. Saya sendiri pun tidak berani bertaruh keakuratan "ramalan" saya di atas. Saya hanya membaca situasi yang ada di Barca sekarang-sekarang ini. Mungkin seharusnya Tito lebih bertindak keras dalam hal kedisiplinan (berbicara kepada media) pemain yang mungkin bisa merembet kedalam suasana kamar ganti pemain. Mari kita berdoa seandainya ada yang keluar dari skuad tim utama, maka Barca akan mendapatkan pemain pengganti yang lebih baik lagi. *amin* :))





PRIMER EL BARCA! 
sumber: Tercantum
images: Tumblr/Wehearit

2 komentar:

  1. kalo saya sih lebih setuju kalo Alves & Villa dJual aja. PSG kan sering buat tawaran yg tinggi tuh ke Pemain yg TOP. lumayan buat fresh Money.hehe
    lagipula Villa uda tua, saatnya kasih ksempatan yg Muda (msh ada Tello & cuenca misalnya). Montoya juga dah layak gantiin posisi Alves (cm mgkin agak ribet cr penggantinya klo Montoya pas cidera)
    Batra? kl emang ada pemain muda yg gak masuk planning Tito sebaiknya sih di pinjemin dulu ke klub lain buat nambah pengalaman bermainnya. hehee
    Apalagi Tito pasti masih pengen berburu Bek lagi nanti dbursa transfer. menurut saya sih getooh! :D

    BalasHapus
  2. @sandy57: Yeap. Kemungkinan Alves & Villa bakalan di jual.
    Jika Montoya cidera, kan ada Adriano & Puyol yg bisa main jadi wing kanan.
    Untuk Bartra, Tito tidak ada planning loan. Bartra akan masuk line-up, tp entah kapan.

    BalasHapus