BEST DEAL AGAINST TRADITION?

Minggu ini adalah minggu yang sangat menegangkan bagi diri saya pribadi (rahasia), dan mungkin bagi cules di seluruh dunia. Ada 2 hal berbeda yang memiliki keterkaitan dan persamaan yang mendasar. Kedua hal tersebut pun memiliki alasan yang sama, dan saling ketergantungan. Dua hal tersebut adalah Messi dan Fc Barcelona.

Manajemen Barca memang sedang giat-giatnya memperpanjang kontrak beberapa pemain andalanny, seperti Xavi yang rencananya di kontrak sampai 2016, Tello, Messi dan beberapa pemain lainnya. Khusus untuk Messi, manajemen memang memiliki niatan untuk memperpanjang kontraknya dari awal musim ini sebelum Natal. Mereka tidak mau kecolongan oleh beberapa klub yang notabene lebih kaya dalam hal finansial dibanding Barcelona. Sebut saja Manchester City dan PSG sudah terang-terangan ingin membeli Messi dengan biaya berapapun. Bahkan jika bisa, Barca ingin Messi tetap setia sampai pensiun.

Dimana ada demand, di situ ada harga/price. Itu adalah prinsip ekonomi paling mendasar. Ketika bulan Ramadhan, wajar jika harga es batu tambah mahal karena banyak permintaan konsumen yang ingin berbuka dengan yang dingin-dingin. Pun ketika Barca ingin memperpanjang kontrak Messi, maka Messi pun memberi nominal yang tidak sedikit. Angka baru yang ditawarkan klub, di tolak mentah-mentah oleh Messi. Messi meminta nominal 15 juta euro permusim. BAM! Benar-benar suatu permintaan yang sangat diluar dugaan dari pemain kesayangan cules di seluruh dunia.


Cules' Sweetheart

Mungkin manajemen agak kelimpungan dengan nominal segitu. Namun sepertinya angka tersebut agak masuk akal jika melihat kontribusi Messi dbagi Barca. Apalagi dengan banyaknya rekor dunia yang pecah oleh la pulga, sangat masuk akal Messi meminta lebih dari 10,5 juta euro permusim. Kita tinggal menunggu keberanian Rosell untuk meng-acc keinginan Messi. 

Lalu hal kedua adalah pergantian sponsor Qatar Foundation menjadi Qatar Airways. Hmm... Agak membingungkan memang. Mari kita lihat kebelakang asal-muasal dari dealing ini.
Qatar Foundation adalah anak perusahaan/lembaga dari Qatar Sport Investment. Pencantuman nama Qatar Foundation di jersey adalah untuk mempromosikan Qatar Foundation yang memiliki 3 misi utama, yaitu: sosial, edukasi dan ilmu pengetahuan. Qatar Foundation adalah lembaga non-profit yang dananya didapat dari sumbangan pemerintah Qatar. Qatar Foundation itu seperti lembaga persiapan untuk membentuk manusia berkualitas, agar ketika minyak bumi (sumber pendapatan Qatar) habis, negara Qatar masih ada dan memiliki stabilitas ekonomi yang bagus. 

Qatar Sport Investment sendiri adalah sebuah lembaga dari perkumpulan perusahaan-perusahaan yang berasal dari negara Qatar. Dari perusahaan kecil, hingga perusahaan multinasional, bergabung di dalamnya. Sangat jelas jika tujuan utama Qatar Sport Investment (QSI) adalah untuk menjaga perekonomian negara Qatar jikalau minyak bumi habis. 
Nah, Qatar Airways pun salah satu member dari QSI, sama seperti Qatar Foundation. Bedanya, Qatar Airways adalah perusaan penerbangan yang bertujuan mengeruk laba sebesar-besarnya. 

So, secara kasat mata bisa dilihat bahwa dealing awal Fc Barcelona bukan dengan Qatar Foudation, namun dengan QSI. Pihak QSI bisa dengan bebas memasukan nama perusahaan atau lembaga manapun yang ada di bawahnya untuk ditempelkan di jersey Barca. Lebih lanjut, ada 7 persyaratan dari pihak Barcelona kepada QSI dan hanya 1 syarat dari pihak QSI. Berikut syarat dari Fc Barcelona: 
  1. Harus sesuai dengan nilai-nilai Fc Barcelona; 
  2. Cocok/disetujui oleh UNICEF; 
  3. Memiliki jaminan bank bahwa perusahaan tersebut memiliki kapabilitas finansial; 
  4. Nominal kesepakatan haruslah tinggi; 
  5. Haruslah di setujui secepatnya; 
  6. Harus ada pembayaran untuk musim 2010/11; 
  7. Harus berdurasi 5 tahun. 
Best deal kah? Belum tentu. :)
QSI hanya meminta 1 syarat saja, yaitu: bisa berganti nama sponsor di tahun ketiga. 
So, dengan perubahan nama Qatar Foundation menjadi Qatar Airways di musim depan tidaklah menyalahi aturan. Ini adalah kecerdikan dari QSI. Entah siapa yang "dikadali" dan "mengkadali", tapi perubahan sponsor menjadi Qatar Airways menjauhkan Fc Barcelona dari salah satu tradisinya.

Kerjasama Antara FCB dengan Qatar Airways

Memang saya akui bahwa di era sepakbola modern seperti sekarang, investasi dan income finansial menjadi salah satu poin penting dalam kebangkitan sebuah klub. Masih ingat dengan sepak terjang Laporta dalam merestukturisasi Fc Barcelona? Apalagi dengan banyaknya klub-klub yang dengan mudahnya memberi cek kosong untuk mengejar pemain berkualitas, maka Fc Barcelona memang membutuhkan pemasukan agar bisa lebih kompetitif. Begitu masuk dalam persaingan dalam taraf global, maka akan ada/pergeseran rasionalitas terhadap nilai-nilai moral (Once the rules of the game are set by a global system, there is no rationale behind moralistic grandstanding - Dalitis8).


Akan Seperti Ini Kah??

Sebetulnya, nilai kontrak sponsorship Qatar Foundation yang berada di kisaran 30 juta euro (15 juta euro/musim) tersebut tidak seberapa dengan revenue Fc Barcelona yang berada di nominal 474 juta euro. Itu berarti nilai kesepakatan sponsorship Fc Barcelona tidak begitu mempengaruhi pendapatan pertahun klub. Kasarnya, klub masih bisa berjalan tanpa perlu adanya sponsorship di jersey. Untuk jelasnya, baca di sini.

Jika Rosell merasa klub belum cukup kuat untuk tidak memiliki sponsor di jersey karena hutang, maka selamanya tidak akan pernah usai. Semua perusahaan besar rata-rata memiliki nilai hutang dan piutang. Kita tidak bisa menjadi besar karena usaha sendiri. Contoh kecil: perusahaan sebesar TransTv atau MNC pun memiliki nilai hutang dan kewajiban membayar sejumlah uang kepada para pemegang saham. Hampir tidak mungkin perusahaan sebesar itu dimiliki perseorangan. Jangankan perusahaan, sebuah negara sebesar Amerika pun pasti memiliki nilai hutang. 

Sabtu ini (17/11/2012), para socios akan mengadakan voting terkait sponsorship dengan QSI. Jika mayoritas socios memiliki mosi tidak percaya, maka Rosell harus melepas kesepakatan dengan QSI yang artinya hilangnya pemasukan uang. Mungkin voting ini terkesan terlambat, namun harap diingat betapa sulitnya mengumpulkan para socios. 

So, wacana pembangunan stadion baru menggantikan Camp Nou, perpanjangan kontak para pemain tim utama dan pembelian pemain-pemain baru, mungkin terlihat dipengaruhi oleh sponsorship jersey. Namun sejatinya tidak begitu terpengaruh. Jika Barca bisa mendapatkan nominal 100 juta euro permusim dari QSI atau perusahaan lain, maka saya secara pribadi setuju. Semakin banyak uang yang kita dapat, semakin banyak yang bisa kita buang untuk kebutuhan klub. HAHAHAHA






PRIMER EL BARCA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar