BERMAIN SIANG? SIAPA TAKUT!!

Kemenangan fantastis! Itu adalah kalimat yang hanya bisa saya katakan setelah pertandingan antara Fc Barcelona vs Getafe. Skor 6-1 yang dicetak Alexis, Messi, Villa, Tello, Iniesta dan Pique. Artinya hampir semua pemain di tim utama benar-benar tajam! Apakah hanya itu? Tidak. Banyak lagi catatan terjadi di hari itu.

Permainan Iniesta yang menjadi inspirasi kemenangan, dan Messi yang telah berhasil mencetak gol di 13 pertandingan liga terakhirnya. Dimulai dari jornada 11 ketika melawan Real Mallorca yang berkesudahan 2-4 hingga melawan Getafe kemarin. Sudah? Hanya itu? Tidak. Messi juga menciptakan rekor tersendiri dengan membuat 300 gol sepanjang karirnya sebagai pemain Barcelona. Cuma bisa berkata 1 kata: UNBELIEVABLE!!

Selain itu, jumlah penonton yang memenuhi Camp Nou patut mendapat acungan jempol. Total 85.000 orang memadati stadion yang berdiri di tahun 1957 ini. Bahkan beberapa akun berita seperti +Barcastuff memberitakan hal ini.


Camp Nou Sesak! [via Xavi Lemus]
Jordi Roura sendiri mengucapkan terima kasih kepada semua fans dewasa dan anak kecil yang datang ke Camp Nou di konprensi pers seusai pertandingan. Cesc sangat senang dengan banyaknya penonton yang hadir, baik fans dewasa ataupun fans anak kecil, sampai-sampai dia membuat tweet mengenai hal ini.

Sebetulnya pertandingan siang hari terjadi di tanggal 25 Desember 1965. Kala itu Barca harus meladeni Las Palmas di jornada 15, yang berkesudahan dengan skor 3-2 bagi Barca. Gol dicetak oleh Julio Benitez, Eladio Silvestre dan Lucien Muller.

Kali ini, Fc Barcelona membuat pengecualian dengan bermain siang demi fans di Asia Timur yang merayakan Tahun Baru Tiongkok. Jika boleh memuji, untuk kali ini Barca benar-benar cerdas dengan memanfaatkan momen special. Kenapa? Karena negara China memiliki jumlah penduduk terbanyak di dunia dan fans Asia Timur dan Australia terkenal fanatis seperti fans Eropa. Kedua hal diatas akan kembali lagi pada promosi. Ujung-ujungnya ya bisnis. Entah bisnis merchandise yang menaik atau hak siar televisi.

Fans Cilik di Camp Nou
Banyak yang bertanya kenapa Barca tidak sering bermain siang hari agar fans Asia Timur bisa menikmati indahnya permainan Iniesta dan kawan-kawan tanpa menahan rasa kantuk. Sebetulnya ide tersebut pernah dilontarkan oleh LFP awal musim 2012/13 sebagai federasi yang membawahi jadwal pertandingan. LFP berfikir, jika klub-klub La Liga bermain siang, maka jumlah fans di Asia Timur akan meningkat drastis. Ya itu, ujung-ujungnya sih uang. Nah, uang tersebut bisa dipakai oleh klub untuk membayar atau mencicil hutang-hutang yang membelit klub-klub Spanyol karena mismanajemen dan krisis keuangan.

Saya malah berfikir jika LFP memiliki hidden agenda tersendiri, yaitu mempromosikan klub-klub La Liga agar ada investor asal Asia Timur. Jumlah konglomerat di negara Cina adalah tertinggi di dunia. Bayangkan jika investor asal Cina dan Arab mengucurkan dana tidak terbatas di La Liga. Anggapan "La Liga membosankan" tentu saja akan hilang. Namun memang, hal ini akan membawa kesenjangan tersendiri kepada tim-tim yang baru promosi. Hanya nilai hak siar yang menaik karena menjadi primadona di Asia + financial fair play menjadi harapan mereka agar bisa membentuk tim yang kompetitif.

Apakah sebegitu klusialkah untuk bermain siang? Tentu saja! Lihat saja EPL. Rata-rata klub Premier League  memiliki necara keuangan yang stabil. Dari yang saya dengar, tim-tim dari divisi Championship berlomba masuk Premier League karena tergoda lambaian lembaran Euro yang dijanjikan.

Memang, pembagian hak siar di liga Spanyol untuk sekarang kurang dirasa adil. Tapi itu wajar. Fans Asia Timur hanya kenal nama Fc Barcelona, Real Madrid, Valencia, Atletico Madrid. Suatu saat fans di Asia akan familiar dengan nama-nama El Che, Girona, Celta Vigo, Numancia dan lainnya. Sama seperti dahulu ketika fans Asia tidak kenal atau tidak familiar dengan tim-tim bernama Brighton Albion, Swansea, atau lainnya. Lets face it. Fans awam memang tidak begitu kenal dengan nama-nama tersebut.

Demi Pasar Asia! [marca]
Bagi fans Indonesia sendiri, dengan Barca bermain siang tentu saja menggembirakan. Mereka bisa dengan bangga menyaksikan pertandingan dengan nobar. Bisa bersosialisasi dan bersilahturahim pula. Bahkan saya yakin hampir semua venue yang mengadakan event nobar akan penuh oleh massa yang selalu penasaran dengan permainan Barca. Atau penasaran dengan siapa yang mencetak gol, mungkin. :p

Cepat atau lambat, pertandingan liga Spanyol akan bermain di siang hari karena faktor ekonomi. Musim sekarang mungkin LFP masih malu-malu kucing dengan EPL. Tapi musim depan LFP akan berani bersaing secara langsung dengan EPL untuk meraup massa. Mungkin. Mari kita berdoa saja agar musim depan akan bermain siang hari demi kelangsungan dan kekompetitifan La Liga. :))






PRIMER EL BARCA
Follow me @Rockin_Marvin

3 komentar:

  1. cakep deh kalo bener-bener main siang, kalo NOBAR bisa bawa satu kelurahan

    BalasHapus
  2. Saya yakin tidak lama lagi La Liga akan bermain siang hari.... !!!!

    BalasHapus