PREVIEW: THE PARIS BATTLE

Liga Champion Eropa lagi. Agak menyenangkan dan sekaligus menegangkan jika UCL kembali. Entah, mungkin karena lawan-lawan yang dihadapi relatif berat dibanding liga. Apalagi dengan fase delapan besar seperti sekarang, maka tim-tim yang lolos adalah tim yang memiliki kualitas jempolan karena telah disaring dengan baik melalui persaingan dari fase grup.

Kali ini Fc Barcelona akan berhadapan dengan Paris Saint Germain. Sebuah klub yang sedang dalam taraf pembangunan fondasi. Kucuran dana yang melimpah ke klub asal Prancis iniebetulnya tidak salah karena membangun sebuah klub memang membuytuhkan dana investasi yang cukup besar. Bandingkan dengan Fc Barcelona di tahun 2003 dan 2004 yang harus meminjam dana ke bank, maka PSG, sama seperti klub yang dimiliki owner yang kaya, bisa dibilang sah. Untuk persoalan EUFA Financial Fair Play, biar itu monsiur Platini yang mngurusinya. :D

Barca dengan PSG memiliki perbedaan yang relatif berbeda dari segi taktik. Barca, seperti yang kita ketahui selalu bermain wide namun sering juga bermain narrow. Dari yang saya baca, PSG konstan memakai skema narrow atau menajam di area kotak pinalti.

Fc Porto vs PSG 1-0 [zonalmarking]




Penyebab kekalahan PSG kala melawan Fc Porto adalah permainan PSG yang sulit bermain melebar dalam menyerang dan bertahan. Van Der Wiel yang kemudian diganti oleh Cristhope Jallet adalah lubang yang cukup besar karena Fc Porto melalui Varela, selalu menyerang dari area kiri Fc Porto.
Pun ketika melawan Marseille pada bulan Oktober tahun lalu, PSG selalu kewalahan jika harus beradu winger, meski hasil yang diraih adalah draw 2-2.

Jika melihat histori tersebut, maka Fc Barcelona pasti akan menggunakan winger untuk membobol gawang Sirigu. Jika melihat contoh diatas kala melawan Fc Porto, maka posisi Varela kemungkinan akan diisi winger yang lebih solid daripada David Villa, yaitu Cristian Tello.

Pertanyaannya, akankah Alves bertarung langsung dengan mantan rekannya di Barca, Maxwell?

Untuk menjawab pertanyaan diatas, maka kita harus melihat ketersediaan pemain untuk pertandingan nanti. Alves, Pique, Mascherano, Bartra, Montoya dan Alba bisa dipakai. Jika Tello akan menekan sisi kanan PSG, apakah Alba akan masuk lineup? Tentu masuknya Alba akan berpengaruh banyak, tapi keseimbangan harus dimiliki. Meski PSG bermain lebih narrow, tapi Nene biasanya akan bermain agak melebar.
Kala match melawan Celta Vigo kemarin, Montoya bermain agak baik dengan menjadi left back meski beberapa kali kesulitan menutup. Namun solidnya Pique yang berperan sebagai stopper dan Bartra sebagai cover, maka gol kecolongan kemarin tidak bisa disebut kesalahan mereka.

Ada yang unik di skema Ancelotti ini yaitu penggunaan Ibra yang acap kali turun menjemput bola. Maka tugas Busi untuk menjadi pemain pertama yang akan mnghentikan Ibra. Pun tidak lupa peran David Beckham yang akan memberikan kontribusi melalui passing-passing akurat dan tendangan bebasnya yang akurat pula. Cukup menarik!

Masih terlalu dini sepertinya untuk menerka lineup. Tapi saya pikir Valdes, Alves, Mascherano, Pique, Alba, Busquets, Xavi, Iniesta, Tello, Messi dan Alexis yang akan bermain.

Hasil imbang sepertinya bukan yang diharapkan oleh Ancelotti. Berat jika harus membalikan keadaan di Camp Nou nanti. Jika melihat penggunaan strategi diatas, maka Barca bisa dibilang lebih unggul asalkan bisa mengunci lini tengah PSG. Hasil imbang kemarin tidak akan begitu mempengaruhi mental skuad Katalan karena kebanyakan memakai pemain lapis kedua.

Enjoy the match!







PRIMER EL BARCA! 
source: zonalmarking.net

3 komentar:

  1. Kang ada pertanyaan masih seputar messi di babak ke 2 dia di ganti dan mendadak peforma barca menurun dratis apakah itu akibat dari terlalu bergantung messi?hmmm dan soal bek pula siapa kira" yang akan di pakai vs marloca nanti?

    BalasHapus