JUAL CESC ATAU JANGAN?

Tinggal 1 pertandingan liga lagi dan kasak-kusuk siapa lagi yang akan dibeli dan siapa yang akan dijual sudah mulai ramai diperbincangkan. Setelah menebus seharga 30 juta Euro untuk Neymar, klub asal Katalan ini pun sedang membidik beberapa pemain lainnya. Untuk soal penjualan, Valdes sudah dipastikan hengkang ke AS Monaco, menemani Ricardo Carvalho dan Radamel Falcao.


Jika melihat refleksi musim 2012/13, maka banyak pendapat atau opini siapa yang harus dijual oleh Barca dan siapa yang harus dipertahankan. Wajar. Namun untuk spesifiknya, saya ingin mencoba membahas Cesc Fabregas. Pemain yang terkesan invisible dibeberapa pertandingan dan dianggap kurang bisa menempati plot false-9.

Ada yang berkata jika sebaiknya Cesc dijual saja. Dengar-dengar sih salah satu klub raksasa Inggris, Manchester United siap menampung kekasih dari Daniela ini. Tumpukan uang senilai 25 juta Poundsterling akan diberikan oleh David Moyes untuk menggantikan peran Paul Scholes yang pensiun dan membantu Michael Carrick. 25 juta Pounds bukan nilai yang sedikit loh. Meski dibeli dari Arsenal seharga 30 juta Pounds (34 juta Euro), Barca diisukan sudah dikontak oleh MU perihal ini.

Beberapa opini dilontarkan jika sebaiknya Barca menjual Cesc karena kurang bersinar dalam 2 musim sejak pembeliannya. Betulkan? Well, di musim 2011/12 Cesc membuat 15 gol untuk disemua ajang loh. Jumlah ini sama dengan Alexis Sanchez dan Messi menempati posisi pertama dengan jumlah gol 73. Artinya, Cesc di musim pertamanya cukup baik, meski mungkin tidak sefenomenal ekspektasi orang kebanyakan.

Di musim sekarang, Cesc sudah membuat 10 gol dan 11 assist hanya untuk di liga saja. Cesc menempatkan dirinya sebagai pencetak gol terbanyak kedua dan pemberi assist terbanyak kedua bagi kubu Barca. Memang mungkin seperti yang sudah saya tulis tadi, peran Cesc kadang tidak terlihat, namun kita tidak bisa menampik kontribusi Cesc dengan posisi barunya yang terkesan dipaksakan.

Jual Cesc?
Lalu, bukankah tidak akan menjadi masalah jika Cesc dijual? Toh hasil penjualan Cesc bisa dipakai untuk sedikit menutupi pengeluaran transfer Neymar? Hmm.. Masuk akal sih jika ada yang berbicara seperti itu. Namun yang harus diingat adalah uang yang diterima oleh Barca JIKA Cesc jadi dibeli oleh MU hanya dalam kisaran 12,5 juta Pounds saja, dari total 25 juta Pounds.

Yups. Barca hanya akan menerima setengah dari harga transfer Cesc karena Arsenal memiliki opsi first refusal clause. Jadi jika Cesc memang ingin dijual, maka Barca harus menawarkan terlebih dahulu kepada Arsenal dan jika Arsenal menolak untuk membeli Cesc, maka Barca bisa dengan bebas menjual ke klub manapun, dengan catatan: setengah dari nilai transfer tersebut akan menjadi hak Arsenal.

Ada komentar mengenai klausul diatas? Pihak Arsenal pun tidak bisa disalahkan karena ini hukum ekonomi. Ada permintaan, maka harga akan naik. Jika harga tidak naik, maka akan ada dealing yang menguntungkan pihak penjual. :)

Pertanyaannya: rela menjual Cesc dengan jumlah nominal sedikit? Padahal dengan ketidakpastian posisi Cesc, kontribusi Cesc masih bisa berguna bagi Barca. Memang mungkin di lini tengah Barca agak disesaki pemain-pemain berpotensi seperti Iniesta, Xavi dan Thiago.

Ah iya, Thiago. Penampilan Thiago, katanya, lebih baik dibanding Cesc. Bahkan Thiago lebih disebut sebagai copy-cat Xavi dibanding Cesc. Lalu apakah ini membuat Cesc lebih layak untuk dijual dibanding Thiago karena penuhnya lini tengah dan kemampuan Thiago? Tergantung. Jika Tito berencana menggunakan 5 pemain tengah, maka Cesc dan Thiago tetap akan dipakai. Meski penggunaan 5 pemain tengah itu agak mustahil, namun tidak ada yang mustahil di dunia ini kan? :D

Artikel ini bukan mencari solusi atau ramalan mengenai strategi Tito musim depan. No. Saya tidak tahu apa yang ada dipikiran Tito. Artikel ini dibuat hanya untuk mengingatkan semata. :)





PRIMER EL BARCA! 

Thanks to abang Faisal! :))

Tidak ada komentar:

Posting Komentar