IN OR OUT; DAVID VILLA

Isu santer mengenai masa depan David Villa makin memanas saja. Dengan ucapan Villa jika dirinya fokus ke Piala Konfederasi sebelum memutuskan masa depannya, seakan memberi waktu bagi Villa dan klub-klub yang mengincarnya untuk berlomba-lomba dalam adu strategi untuk mendatangkan striker berusia 31 ini.

Dengan estimasi harga di pasaran sekitaran 12 juta euro, Villa masih membuktikan dirinya sebagai stiker yang berbahaya. Terlepas dari cidera dan kesulitan berkembang di Barca, Villa masih mampu menembus skuad tim nasional Spanyol. Tidak sembarangan orang bisa masuk ke skuad yang pernah memenangkan Piala Dunia, Euro dan kemungkinan piala Konfederasi.

Pada musim 2011/12 lalu, sempat ada rumor jika David Villa akan pindah klub di jeda transfer January 2012. Kala itu Liverpool diisukan telah menjalin kesepakatan dengan Fc Barcelona dan tinggal menegosiasi besaran gaji yang akan diterima oleh striker asal Asturia ini. Namun takdir berkehendak lain. David Villa mengalami cidera parah kala membela Fc Barcelona di ajang FIFA World Cup Club di Jepang. Dikatakan jika cidera ini membuat kubu Liverpool menarik negosiasi karena kemungkinan Villa sembuh cukup lama dan Liverpool sedang membutuhkan striker.




Ketika striker yang dibeli di akhir masa kepemimpinan Laporta ini dinyatakan sembuh pada bulan Mei, pun Villa mesti absen membela tim nasional Spanyol di ajang Euro 2012. Del Bosque kala itu memberi deadline bagi Villa untuk sembuh agar dapat dimasukan ke skuad Euro 2012. Meski absen, Villa sampai sekarang memegang top skor terbanyak bagi Spanyol dengan 56 gol dari 91 pertandingan. Untuk U21, El Guaje atau The Kid ini telah mencetak sebanyak 11 gol dari 17 pertandingan. Fantastis kan? :)

Di musim panas 2012 sempat ada beberapa isu mengenai ketertarikan beberapa klub liga Inggis kepada Villa, namun semuanya menguap ketika jarum jam tanggal 31 Agustus 2012 berada di tepat tengah malam. Mungkin klub-klub tersebut ragu akan kemampuan Villa karena biasanya pemain yang mengalami cidera parah dan membutuhkan waktu recovery yang panjang, akan mengalami penurunan performa permainan.

Dengan adanya Tello dan Cesc Fabregas yang sering dimainkan oleh Tito, membuat posisi Villa agak sedikit terancam di sayap kiri. Entah karena tekanan akibat jarang dimainkan, karena bermain di posisi sayap atau karena kesulitan untuk kembali ke performa semula, Villa sempat berdebat dengan Lionel Messi di lapangan. Sesuatu yang tidak pernah terjadi dalam era kepelatihan Pep. Aneh memang.

Di musim panas 2013 ini, Villa kembali mendapat sorotan. Fiorentina, Arsenal dan Tottenham Hotspurs menyatakn ketertarikan untuk memakai jasa ayah dari Olaya ini. Khusus untuk Fiorentina, kans untuk mendapatkan Villa seakan tertutup karena sang pemain menginginkan mencicipi English Premier League. Padahal Fiorentina pernah menawar Villa sebesar 10 juta euro.

Untuk Arsenal, sepertinya tidak akan membeli Villa karena Arsenal sepertinya telah mendapatkan jasa Higuain untuk musim kompetisi 2013/14. Sekarang Hotspurs tidak memiliki pesaing yang berarti.

Ketika Fiorentina mengajukan nominal 10 juta euro, kubu Hotspurs pun mengajukan nilai yang sama, yaitu 10 juta euro, dengan tambahan sebesar 2 juta bagi Villa sebagai bonus penandatanganan kontrak. Total 12 juta euro yang disiapkan Hotspurs membuktikan betapa niatnya tim asuhan Villas Boas mendatangkan Villa.
Namun ketika Fiorentina mundur dan Arsenal yang (bisa dikatakan) sukses mendapatkan Higuain, Hotspurs bisa menurunkan tawaran pembelian transfer Villa ke Fc Barcelona. Nominal dibawah 10 juta pun sepertinya akan diterima oleh kubu Barca koq. Wait. What??

Well, ini terkait klausul kontrak Villa dengan Fc Barcelona. Jika Villa masih bermain di Barca di musim 2013/14, maka Villa akan mendapat jumlah uang sebesar 11 juta euro dan akan free transfer di musim panas 2014. Jika melihat keuangan Barca, maka nilai 11 juta euro tersebut cukup besar. Apalagi dengan datangnya Neymar. Selain itu, Villa pun adalah penerima gaji terbesar kedua di Barca, dibelakang Messi. Sehingga, Barca mau tidak mau harus melepas Villa dengan harga dibawah pasaran untuk menyeimbangkan finansial mereka untuk musim depan. Pelik memang.

Dengan nilai salary sebesar 5 juta euro permusim yang ditawarkan oleh Hotspurs dianggap pantas bagi striker yang akan berusia 32 di bulan Desember nanti. Semua tergantung kepada David Villa: apakah akan tetap ngotot bermain bagi Barca agar mendapatkan gaji/bonus 11 juta euro meski akan jarang bermain, namun bisa merusak finansial Barca dan berstatus free transfer di tahun depan, atau pindah ke Tottenham Hotspurs dengan hanya menerima gaji sebesar 5 juta euro permusim untuk durasi 3 musim? Bagi Barca, ini bukan saatnya jual mahal pemain. Masih banyak post yang harus ditutupi. Akan menjadi blunder bagi Barca jika tetap memakai jasa Villa, tanpa adanya perpanjangan kontrak baru. Selain Villa, Valdes yang akan berstatus free transfer. So, akan kah direksi Fc Barcelona siap kehilangan 2 orang asset berharga mereka di musim depan? Time will tell. :)



PRIMER EL BARCA! 

4 komentar:

  1. Semoga direksi Barca tidak gegabah...

    BalasHapus
  2. Ahir musim 2010 Villa ama Messi pernah juga diisukan kurang harmonis
    (masih era Pep)
    waktu itu sempet jadi bahan perdebatan juga di forum2 luar

    soalnya ahir musim 2010 Villa mulai kecenderungan Offside dan kesulitan cetakgoal. Ditambah isu berdebat sama Messi

    Beruntung saat final UCL keduanya cetak goal dan terlihat akrab. gosip pun ilang

    baru di musim kemaren gosip kurang harmonis muncul lagi di permukaan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yups. Wajar jika Villa diisukan kurang harmonis, karena naluri Villa adalah sebagai pencetak gol, bukan pemberi assist. Kasus ini semacam pengulangan dari kasus Thierry Henry dan Ibra yang mengalami kesulitan beradaptasi. Untungnya Henry masih bisa bersikap profesional. Namun bagi Ibra, ya kita tahu lah bagaimana kasusnya.

      Kasus Villa ini, berkaitan dengan Messi-sentris (http://rockinmarvin.blogspot.com/2013/03/messi-isme-fc-barcelona.html). Sebuah simalakama dengan menyampingkan posisi Messi dan kontribusi Messi sejauh ini.

      Hapus
  3. Kang apakah dengan keluarnya villa barca akan lebih baik?apakah neymar akan cepat "cocok" dengan barca :D ya kalo di pikir" apa yang di bilang Johan cruffy ada benarnya juga dan lagi neymar sudah tiada lawan nya di posisi itu saya takutnya ini menjadi blunder baru dan apakah barca akan membeli cb baru?--" jangan sampai adriano menjabi cb itu akan membuat deg"an sepanjang pertandinga 1. Lagi sebenarnya penggantian president 2014/16 agak bingung :) makasih kang

    BalasHapus