GRACIES GUAJE!!

Berita mengejutkan terjadi tadi malam ketika akun +Barcastuff merilis tweet jika Fc Barcelona telah mencapai kesepakatan dengan Atletico Madrid terkait transfer David Villa. Suatu berita yang agak mencengangkan, karena sebelumnya Villa sedang didekati oleh Tottenham Hotspurs.


Tim asuhan Villas Boas pada awalnya menawar David Villa sebesar 12 juta euro. Namun karena tidak ada pesaing, maka Hotspurs menawar sebesar 8 juta euro. Padahal harga pasaran Villa masih dalam kisaran 12 juta euro. Kenapa Hotspurs menawar rendah? Well, karena Villa sudah mulai tidak kerasan di Barca dan karena faktor klausul kontrak pribadi David Villa dengan Fc Barcelona.

Amat disayangkan memang, namun persoalan Villa di Barca sangatlah pelik. Jarang mendapat kesempatan menjadi starter, agak kesulitan menemukan performa atau ketajamannya seperti waktu di Valencia dulu dan dengan datangnya Neymar yang membuat Villa terancam posisinya. Padahal David Villa adalah striker yang haus gol.

Saya pribadi agak heran dengan nilai transfer Atletico Madrid atas pembelian Villa. Menurut +Barcastuff , Barca akan menerima uang sebesar 2,1 juta euro di musim panas ini dan tambahan 2 juta euro jika Villa masih bermain di tahun 2015 dan tambahan 1 juta euro jika Villa masih betah di Atleti di tahun 2016. Total berart 5,1 juta euro + klausul penjualan sebesar 50% bagi Barca jika Villa dijual. Apakah itu kesepakatan yang menguntungkan Barca?

Umur David Villa itu sudah menginjak 32 tahun di bulan Desember 2013 nanti. Artinya, Villa dalam masa turun secara performa dan nilai pasaran. Hanya sekedar pengandaian (bukannya mendoakan), bagaimana jika Villa cidera di musim 2013/14 dan mengharuskan pensiun? Artinya, Barca hanya mendapatkan uang sebesar 2,1 juta euro saja, karena uang tambahan yang akan diberikan Atleti hanya dengan syarat Villa masih bisa bermain di tahun 2015 dan 2016 saja.

Okay lah, Villa masih bisa bermain. Mari kita bermain pengandaian lagi. Jika Villa bermain sampai 2015, maka Barca total akan mendapat 4,1 juta euro kan? Nah, jika diakhir musim 2014/15 Villa kemudian ingin dijual, apakah akan laku? Harus diingat jika faktor usia pun menentukan keputusan seorang pelatih untuk membeli pemain. Atau bagaimana jika Villa kemudian dijual pada akhir musim 2013/14? Bukankah nantinya Barca tidak akan mendapatkan kesempatan meraup 3 juta euro di tahun 2015 dan 2016?

Oh ya, Villa dikontrak selama 1 tahun dengan opsi tambahan 2 tahun oleh Atleti. Mungkin saya bodoh, tapi bukankah yang namanya "opsi" itu hanya sebuah kemungkinan? Jika Atleti melihat performa Villa di musim 2013/14 bagus, maka Atleti akan menggunakan opsi tersebut. Namun jika ternyata performa Villa di musim 2013/14 buruk, bisa ditebak Villa akan dijual. Nah, jika Villa dijual di akhir musim 2013/14, maka ya itu tadi, uang buat Barca (3 juta euro) akan hilang. Betul kan?

Gracies Guaje! 
Mungkin ada yang berpendapat kenapa Villa tidak dijual ke Tottenham yang menawar 8 juta? Well, ternyata Villa bertemu dengan wakil dari Atleti dan bisa meyakinkan Villa untuk pindah ke Atleti. Mau bagaimana lagi? Semua transfer hanya bisa berjalan jika sang pemain menyetujui.

Villa bukan lah striker sembarangan. Dia tajam loh. Lalu kenapa hanya dihargai 2,1 juta euro? Oh ya, saya menyebut nilai transfer Villa sebesar 2,1 juta euro karena sisa 3 juta euro itu tergantung kepada Villa dan Atleti. Jika saya menyebut 5 juta euro, maka nilai 5 juta tersebut memiliki kepastian kapan untuk dicicil, bukan berdasarkan masih stay atau tidaknya pemain. Pun jika Villa dijual, kemungkinan tidak akan lebih dari 3 juta euro yang didapat oleh Barca. Hal ini dirasa penting karena di laporan finansial Barca, sepertinya hanya akan tercantum nilai 2,1 saja.

Best deal kah? Sepertinya tidak. Saya yakin Atleti mengalami kesulitan secara finansial untuk mendatangkan Villa, meski telah menjual Falcao. Kemungkinan besar penjualan Falcao pun sepertinya dicicil olel AS Monaco dan Atleti memiliki nilai hutang yang tinggi. Saya hanya bertanya-tanya dalam hati: kenapa harus ada klausul pembayaran jika Villa masih bermain di tahun-tahun tertentu? Bukan kah itu suatu ketidak-pastian? Atau jangan-jangan direksi Barca bisa meramal masa depan? :o


PRIMER EL BARCA! 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar