ASA BARU FC BARCELONA

Ada peribahasa "Don't fix what is not broke". Terjemahan bebas kedalam bahasa Indonesia kurang lebih "Kalau tidak rusak, jangan diutak-atik". Dan memang, apa yang tidak rusak, sebaiknya dibiarkan apa adanya. Terlalu banyak campur tangan akan merusak barang atau hal tersebut.

Peribahasa tersebut diterapkan pula oleh Tata Martino kedalam strategi FC Barcelona. Tata hanya menambahi sedikit ke strategi "default" FC Barcelona yang kental dengan ide filosofi Pep Guardiola. Wajar jika Tata hanya menambahi sedikit ide dia ke Barca, karena ide Pep sudah kandung menempel kedalam benak para pemain dan fans. Jika dirubah secara ekstrim dan drastis, akan menjadi terlalu beresiko.

Di pertandingan pertama La Liga melawan Levante di Camp Nou, FCB bisa meraup poin sempurna 3 poin dan cleansheet + surplus 7 gol. Sesuai ekspektasi kah? Bagi saya kemenangan 7 gol ke gawang Keylor Navas belum menjadi pertanda besar kebangkitan azulgrana karena perbedaan kelas antara Barca dengan Levante. Akan tetapi kemenangan tadi memantapkan optimisme jika kita melihat strategi yang dipakai Tata.

Secara garis besar, strategi Tata masih menggunakan ide "default" Barca. Jarak antar pemain/space yang lebar, possession ball yang tinggi dan overlap pemain adalah hal-hal yang masih dipakai oleh Tata. Perbedaannya, kali ini Barca tidak memainkan tempo dengan passing-passing memutar di luar area kotak pinalti dan area tengah lapangan. Instead, Barca melakukan passingan langsung ke area pertahanan lawan. Kadang akan terkesan terburu-buru, namun jika lini pertahanan lawan kurang sigap, ya hasilnya berbuah gol.

Tidak Ada Yang Mau Peluk Saya?
Selain permainan direct passing, FC Barcelona pun memainkan passingan secara vertikal. Hasilnya, ya itu tadi, tidak ada passing-passing memutar yang menurut sebagian orang membosankan. Padahal passing-passing memutar itu dimaksudkan untuk mencari lubang, mencari kesalahan lawan dan memainkan tempo pertandingan. Pada babak pertama melawan Santos kemarin sangat terlihat permainan passing-passing memutar ini. Namun kali ini tidak terlihat. Xavi dan Cesc langsung memberi passingan ke winger atau ke Messi untuk penetrasi. 3 buah assist Cesc Fabregas adalah bukti konkret.

Pada pertandingan  melawan Thailand dan Malaysia, Barca terlihat kerap melakukan tendangan jarak jauh dari luar kotak pinalti yang kurang akurat. Namun kali ini jugador Barca kurang sering memakai strategi ini. Entah, mungkin lini pertahanan Levante kurang rapat sehingga tendangan langsung dari luar kotak pinalti dirasa tidak perlu dilakukan.

Insting Gerard Pique sebagai striker ternyata belum padam. Sama seperti pertandingan pramusim kemarin, Pique terlihat sering overlap kedepan. Sudah biasa dilakukan Pique sih memang. Pun Mascherano dan Busquets masih bisa mengcover andai ada serangan balik. Tetapi bagaimana jika kemudian lawan memakai counter attack dengan umpan lambung kedepan langsung dengan striker tajam menunggu didepan? Silahkan sebut saya susah move on, tapi kekalahan Barca di semifinal Liga Champion Eropa edisi 2011/12 dari Chelsea selalu menghantui saya.




Ada sedikit kejutan di menit 71, kala Lionel Messi diganti oleh Iniesta, setelah sebelumnya Alexis digantikan oleh Neymar di menit 64. Pada awalnya saya berharap Neymar akan menempati posisi Messi dan Iniesta atau Cesc menempati posisi winger kiri. Keinginan saya tidak terkabulkan ternyata. Iniesta dan Cesc masih bermain ditengah dan Neymar bermain sebagai winger. Yes, winger. Bukan inside forward seperti kala pramusim kemarin. Terlihat Neymar agak gimanaaaaaa-gitu. Hahahaha

Ekspektasi Neymar menyamai rekor gol dipertandingan debut menguap kala wasit meniup peluit panjang. Yang didapatkan oleh pemain berharga 57 juta euro tersebut adalah kartu kuning di pertandingan liga perdananya. Agak mengecewakan memang, tapi rekor pribadi sangatlah tidak penting dan masih banyak pertandingan lainnya menunggu untuk dibobol oleh Neymar Junior.

Permainan pressing ketat yang diperagakan Barca di tur pramusim kembali terjadi. Sejak dari depan, Messi dkk sudah melakukan pressing ketat. Bisa dibilang Messi sendiri bermain seperti defender. Jika semua pemain dapat mempraktekan hal ini dengan baik, sepertinya FC Barcelona tidak perlu membeli center back baru.

Oh ya, pergantian Messi ke Iniesta di menit 71 itu entah karena untuk menjaga kondisi Messi atau memang perubahan strategi. Keduanya bisa valid karena permainan Barca berubah kala Messi keluar. Permainan passing-passing pendek memutar era Pep dahulu kembali terjadi.

Pada babak pertama Barca memang bermain sangat superior. Pemain Levante seakan kesulitan untuk mengembangkan permainan karena selalu mendapat pressing ketat dan tidak bisa berlama-lama memegang bola. Untuk saya, ini sesuatu yang bagus dibanding, let say, membeli center back baru (?). Yes bagus, karena lawan tidak bisa membangun serangan jika lawan tidak mendapatkan atau memegang (possession) bola. Itu logika sederhana sih sebetulnya. Saya curiga Valdes ngemil-ngemil cantik dibabak pertama.

Strategi Yang Mengagumkan Sekaligus Berani
Tactically, permainan Barca di musim ini lebih baik dibanding musim lalu. Hal ini bisa dilihat dari gambar diatas. Busquets bermain sebagai center back kala Pique overlap kedepan. Sama dengan strategi Tata kala di Newell's dahulu, Barca memborbardir lini pertahanan lawan dengan 2 orang wing back yang menusuk kedalam (cutting inside), winger yang bermain inside forward, Messi yang bermain sebagai false 9 dan Cesc Fabregas dengan umpan terobosannya dan pergerakan di area luar pinalti lawan bersama Xavi.
Overall semua pemain Barca bermain gemilang. FCB bermain sebagai tim, terlihat percaya diri dan bermain tanpa beban. Sangat nikmat untuk disaksikan.

Terlepas dari menawannya strategi Tata dipertandingan melawan Levante tadi, ujian sebenarnya akan datang pada pertandingan Super Spanyol nanti melawan Atletico Madrid. Pertandingan midweek ini akan menjadi semacam pembuktian sebenarnya bagi Barca kala melawan tim yang lebih mapan dibanding Levante. Well, apa pun yang terjadi nanti kala meladeni juara Cop del Rey musim 2012/13, FC Barcelona setidaknya sudah memiliki nilai plus dan advantage yaitu strategi tiki-Tata. Tactically, permainan Barca di musim ini lebih baik dibanding musim lalu.



PRIMER EL BARCA! 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar