MESSI HARUS PERGI! (KATANYA)

Seorang teman saya selalu menggerutu jika saya selesai menulis artikel. Menurutnya setiap artikel yang saya ketik selalu dengan judul yang negative. Entah apa maksud negative disini. Mungkin maksudnya provokatif. Alasan saya hanya satu: agar artikel saya dibaca content-nya, bukan mengambil kesimpulan dari judul. Bisa dibilang saya memberi “pelajaran” terhadap orang-orang yang hanya menyimpulkan sebuah artikel dari judulnya saja. Bagi saya, orang yang hanya menyimpulkan sebuah artikel dari judulnya saja itu adalah orang pemalas yang mudah diprovokasi.

Kaitannya dengan judul saya yang provokatif, banyak koq yang mengajukan complain. Akan tetapi saya tidak peduli. Bagi saya, sebuah judul yang provokatif agar bisa menarik rasa penasaran orang itu lebih terhormat dibanding membuat berita yang isinya penuh kebohongan. Berita yang ditulis berdasarkan kebohongan bagi saya tidak lebih dari pembodohan.

Jika berbicara mengenai berita pembodohan yang penuh tipu daya, saya membaca soal Lionel Messi yang akan hengkang pada akhir musim ini. Katanya Messi sudah tidak kerasan berada di Camp Nou karena ada sosok Neymar yang mendapat gaji yang sama-sama mendapat € 17 juta/musimnya. Bahkan ada artikel yang membuat “4 Alasan Messi Harus Hengkang”.

Agar lebih enak menjelaskannya, berikut saya copas dari artikel Bola Viva :

Lionel Messi disebut-sebut akan meninggalkan Barcelona di bursa transfer musim panas 2014 mendatang. Klaim itu dimunculkan oleh salah satu surat kabar online Spanyol, Punto Pelota.

Dalam artikel yang ditulis oleh salah seorang wartawannya, Francois Gallardo, Messi diyakini telah menegosiasikan transfernya ke klub lain. Tapi, Gallardo sama sekali tidak menyebut klub mana yang akan dituji Messi.

"Faktanya, Messi telah melakukan sebuah negosiasi dengan klubnya. Dan pada Februari atau Maret 2014, Messi dan Barca akan membicarakan rencana transfer," tulis Gallardo.

Messi sebelumnya memang diberitakan akan hengkang dari Camp Nou. Rumornya, Real MadridChelsea, dan Bayern Munich, akan menjadi labuhan karir baru dari La Pulga. Pemilihan tiga klub itu juga didasarkan atas kesamaan apparel Messi selama ini, Adidas. 

Adidas juga diklaim akan membantu proses kepindahan Messi. Namun, kabar itu spontan menghilang setelah Adidas membantah akan membantu transfer Messi ke tiga klub tersebut.

"Yang terjadi sebenarnya dalam beberapa bulan belakangan adalah hubungan antara Messi dan penasihatnya sedang tidak baik. Sang pemain sangat ingin pindah di akhir musim nanti. Tapi, hal itu sangat bertolak belakang dengan pendapat dari sang penasihat," beber Gallardo.

"Selain masalah itu, Messi juga sempat meminta kenaikan gaji. Tapi, kubu Barca tidak menyanggupinya. Messi meminta Barca menggajinya sebesar 18 juta euro atau lebih selama satu tahun. Dia merasa iri dengan Neymar yang digaji hingga 17 juta euro per tahun," sambung dia.”

POLEMIK GAJI 


Apakah benar jika Messi akan hengkang karena faktor gaji? Well, faktanya adalah gaji Messi itu berada dikisaran € 16 juta/musim. Nilai gaji sebesar itu termasuk kedalam gaji termahal pemain Spanyol. Untuk saat ini pemain termahal di La Liga adalah Cristiano Ronaldo dengan nilai kontrak € 18 juta/musim. Apakah Neymar digaji hingga € 17 juta/musim? Jawabannya agak tidak mungkin namun bisa jadi kenyataan.



Gaji Neymar berada didalam kisaran € 11 juta/musim dan 100% image rights. Artinya Neymar bisa meraup hingga € 18 juta/musim karena faktor hak guna gambar/foto dirinya. Messi sendiri pun memiliki klausul hak guna gambar/foto dirinya di kontrak bersama FC Barcelona. Saya sendiri yakin jika kontrak Messi bersama Adidas dan Pepsi itu tinggi. So, Messi bisa meraup lebih dari € 20 juta/musim. Lagipula Messi sudah meneken kontrak baru bersama FCB di bulan February 2013 lalu yang akan mengikatnya hingga tahun 2018.

Memang terjadi polemik terhadap jumlah transfer dan gaji Neymar. Transfer Neymar ke FCB itu berada di kisaran € 57 juta. Pihak FCB membayarkan € 9 juta kepada Santos dan sisanya dibayarkan kepada pihak ketiga yaitu ayah Neymar dan Disinyalir sisa uang transfer Neymar ke Barca yang sebesar € 40 juta itu sebagai gaji Neymar selama 4 musim kedepan. Menurut kabar yang didapat, hal ini dimaksudkan agar tidak terjadi kekacauan di ruang ganti pemain. Pemain yang lebih senior seperti Xavi, Iniesta dan Cesc berada di hirarki kedua setelah Messi dalam soal gaji. Jika Neymar menyamai Messi di posisi gaji Superstar atau menyamai raihan gaji Xavi, Iniesta atau Cesc, maka bisa saja terjadi masalah. Agak sepele memang, namun di dunia ini ada pribahas jika junior jangan melangkahi senior. :D

KREDIBILITAS PERIODISTA


Nama Francois Gallardo tidaklah memiliki reputasi yang meyakinkan sebagai wartawan. Banyak berita yang berasal dari dirinya tidak terbukti. Apalagi dirinya bekerja di Punto Pelota yang selama ini sering menyebar gossip sembarangan.

Sejarah Gallardo kebohongan dimulai pada bulan Mei 2012 kala dirinya mengklaim jika Didier Drogba akan merapat ke FC Barcelona. Gallardo mengatakan kepada stasiun televise Spanyol jika dirinya memiliki izin tertulis dari Drogba untuk melakukan negosiasi terhadap FC Barcelona. Gallardo mengatakan jika dirinya akan melakukan negosiasi dengan Barca setelah pertandingan final Copa del Rey. Namun hingga awal musim 2012/13, Drogba tidak juga merapat ke Barca dan Gallardo tidak berbicara apa-apa lagi.

Bulan Oktober Gallardo menciptakan sensasi terbaru dengan mengatakan John Terry akan merapat ke Valencia CF. Sama seperti kasus Drogba, Gallardo mengatakan jika dirinya terlibat dalam negosiasi tersebut. Baik pihak Chelsea dan Valencia membantah rumor tersebut. Bahkan kapten tim, David Albelda mengatakan jika “Saya tidak percaya John Terry merapat ke Valencia. Gaji Terry akan berada di kisaran € 6 juta/musim, yang merupakan gaji bagi 4 orang pemain di Valencia.”

Gallardo pernah mengungkapkan jika Pep Guardiola memiliki perjanjian pra-kontrak dengan Manchester City. Namun kemudian Pep mengungkapkan jika dirinya pada pertengahan musim 2012/13 memiliki kesepakatan dengan Bayern Munchen, bukan dengan Manchester City.

Lalu kemudian Gallardo mengatakan jika Manchester City akan mengkontrak Victor Valdes, padahal banyak bukti yang memberatkan Valdes akan merapat ke AS Monaco. Lalu isu John Terry (lagi) yang akan hengkang ke Galatasaray.

Yang terbaru ya ini, Messi ke Chelsea karena dibantu Adidas. Ada 2 hal cacat dari klaim Gallardo ini. Pertama adalah faktor Jose Mourinho dan yang kedua adalah perkataan Messi baru-baru ini yang mengucapkan dirinya masih betah di FCB.

Memang sempat tersiar kabar jika ada salah satu klub yang disponsori oleh Adidas akan menebus klausul buy-out Messi. Isu ini bisa dimaklumi karena ada peran Adidas yang ingin lebih menonjolkan brand image perusahaan asal Jerman tersebut. Sama seperti transfer Ronaldinho dan Neymar yang dibantu oleh Nike karena Nike akan memperoleh penguatan produk/brand awareness di mata fans Barca. Untuk diketahui, Chelsea, Bayern Munchen dan Real Madrid adalah klub-klub yang disponsori oleh Adidas.

MENYAINGI RONALDO


Beberapa ada yang mengatakan jika Messi sebaiknya pindah dari FCB agar bisa membuktikan dirinya lebih hebat dari Cristiano Ronaldo yang pernah bermain di 3 klub berbeda. Well, ini pertanyaan yang teknis sih. Barca itu menciptakan skuad dan taktik (oleh Pep) yang memungkinkan Messi menjadi yang terbaik. Apakah Messi harus pindah klub agar bisa menjadi yang terbaik? Silahkan tanya hal yang sama kepada fans AS Roma mengenai Totti yang harus hengkang agar bisa disebut pemain hebat.

KASUS PAJAK


Saya hanya bisa tersenyum kala ada yang bicara jika Messi harus hengkang karena tidak dibantu oleh FC Barcelona kala dirinya terjerat kasus pajak. Memang saya akui Rosell kurang bergerak cepat dalam kasus ini, namun kasus pajak Messi merupakan masalah pribadi Messi. Dengan statement klub yang percaya terhadap Messi, bagi saya sudah cukup koq. Bagi saya, Messi sama seperti Eto’o yang “dikibuli” oleh agen atau orang yang dipercaya mengurusi uangnya.

D10S VS O'REI


Kemudian saya tertawa keras ketika ada yang mengatakan jika Messi harus hengkang karena Neymar. Saya akui jika pembelian Neymar itu karena keinginan Sandro Rosell, bukan oleh Tito atau Tata. Sedikitnya saya bisa faham alasan kenapa Rosell membeli Neymar, yaitu untuk regenerasi pasca era Messi nanti. Sama seperti Ronaldinho ke Messi lah. Peran Neymar di FCB cukup signifikan. Sampai jornada 13, Neymar sudah melakukan 7 passing di liga dan 1 di Liga Champion. Bahkan key passes yang dilakukan Neymar menempatkan dirinya berada di 3 besar, diatas Messi sendiri dengan 1,9 key passes/match.

GILA MAIN


Messi diperlakukan seperti robot?? Silahkan lihat mimic muka Messi ketika dirinya tidak dimainkan atau diganti. Apakah dirinya senang? Tidak. Messi benci jika dirinya tidak dimainkan. Dari sejak masih bermain di La Masia, hingga sekarang, Messi tidak pernah suka dicadangkan. Bahkan pernah kala dirinya bermain di Barca C ketika diharuskan absen karena cidera tulang pipi, Messi memaksa bermain menggunakan topeng pelindung, yang sebelumnya pernah dipakai oleh Puyol.


Memang Messi pernah mengaku jika dirinya tidak akan pensiun di FC Barcelona. Kemungkinan besar dirinya akan kembali ke Rosario untuk bermain bersama Newell’s. Akan tetapi dengan usia yang masih produktif, Messi tidak akan segera pulang kampung. Mungkin nanti ketika dirinya sudah menginjak usia 30, La Pulga akan mudik ke Argentina. Untuk sementara, mari kita nikmati permainan salah satu calon legenda terbaik dunia agar kita bisa bercerita kepada anak-cucu kita mengenai kehebatan sang Messiah. 




PRIMER EL BARCA!

3 komentar:

  1. tapi kak messi yang lain malah hengkang dari persib

    BalasHapus
  2. salahkeun si kumis eta mah. sok nyanyahoanan da. :(((

    BalasHapus
  3. Tinggal waktu deh yang ngejawab gan. Nice info anyway gan ^^

    BalasHapus